Wednesday, October 8, 2008

Kantor mama - Mittelohrentzundung - akhirnya.. :D

Setiap kali kami pergi ke dokternya anak-anak, pastilah melewati tempat kerjanya si Akang. Dan seperti biasanya pula, saya pasti selalu ribut menunjukkan ke anak-anak bahwa sekarang Papa di situ.. "itu lho kantornya Papa...". Begitupun yang terjadi hari ini. Bedanya, sekarang ada tambahan komentar dari Nadin. "Kantor Papa coklat.. kalau kantor Mama kuning.. ", ujarnya. Ibunya bingung... rasanya rumah warnanya tidak kuning.. begitupun dapur.. dan saya belum pernah punya kantor sama sekali.. Apa mungkin Nadin dapat wangsit bahwa suatu saat nanti ibunya bakalan punya kantor berwarna kuning??? :D:D:D

Saking penasaran, akhirnya ditanya tuh anak, " kantor mama? kuning??"
"iya.. kantor pos punya Mama kan??!" jawabnya dengan lugu.
Aseli ngakak.. tapi dalam hati aja... Memang kami sering sekali ke kantor pos.. apakah mengirim/mengambil paket, nuker uang receh buat mesin cuci, dll. Akhirnya dijelaskanlah kalau kantor pos itu bukan kantornya Mama, tapi Mama sering ke sana buat bla..bla..bla...

Memang sudah dua hari ini kami bolak-balik ke dokter. Anak-anak kena batuk pilek.. sebenarnya sih gak parah-parah amat.. gak demam sama sekali.. hanya kami khawatir kejadian tahun lalu terulang lagi.. Nadin dan Maryam akhirnya diperiksa cukup intensif sama dokternya.. dan hasilnya baik-baik saja. Ini hanya Herbsterkaeltung aja katanya...(batuk pilek karena perubahan musim, yaitu musim gugur). Cukup pakai tetes hidung dan menghirup udara segar (2 jam sehari jalan-jalan di udara terbuka plus jendela dibuka selama tidur malam). Hati ini rasanya legaaa banget.. rencana tak akan berubah, pikirku.

Hari ini ketika menjemput Nadin, saya melihat kupingnya basah. Ternyata cairan yang sama seperti tahun lalu datang kembali. Untunglah praktek dokternya buka siang hari, dan kami pun langsung meluncur ke sana. Menurut dokternya, Nadin menderita Mittelohrentzundung (cmiiw kalau salah nulis), dan hal ini bisa terjadi dengan cepat. Makanya kemarin kondisi Nadin masih baik-baik saja.. tapi hari ini tiba-tiba cairannya keluar. Yang membuat doternya heran, ini sakit lho... apa dia tidak mengeluh?? Tidak. Makanya saya juga heran.. kondisinya dari kemarin selalu ceria.. tidak kelihatan sakit.. Tadi malam sih dia agak layu.. tapi itu sepertinya karena ngantuk.. dan dia tidak mengeluh sakit sedikitpun. Padahal tahun lalu, sebelum cairannya keluar saja, dia sudah sering mengeluh sakit.

Waktu tahun kemarin kejadiannya di Indonesia. Si dokter langsung ngasih antibiotik.. dan dia tidak disarankan untuk berkendaraan.. apalagi terbang. Sampai 3 minggu setelah kejadian, dokternya masih bimbang membolehkan Nadin terbang kembali atau tidak. "Tapi kalau darurat mah selalu bisa ya, Bu.." katanya.

Sekarang kejadiannya di sini, tepat 48 jam sebelum kami harus terbang meninggalkan rumah kontrakan kami. Bimbang dan sedih campur aduk jadi satu.. pengen nangiiiisss.. Tadi sih dokternya cuma mau ngasih tetes kuping aja, dan disuruh kontrol lagi hari Jumat. Tapi setelah tau rencana kami, dia mengubah cara pengobatannya. Nadin langsung diberi antibiotik.. dan besok harus kontrol lagi... (Yah, besok kita lihat kantor Papa lagi ya, Nak... :D)

Doakan semuanya baik-baik saja... dan mimpi indah itu bisa tetap terwujud.. ;) 

********************************************

09.10.2008
Alhamdulillah.. berdasarkan hasil pemeriksaan hari ini, Nadin dibolehkan terbang sama dokter... horrreeeeyyyy... dengan catatan, setelah seminggu pemakaian antibiotik diwajibkan kontrol sekali lagi ke dokter anak di Indonesia.. Selain itu, disarankan menggunakan Nassentropfen dulu saat take-off dan landing, juga menggunakan penutup kuping saat mandi atau berenang agar airnya tidak masuk. Alhamdulillah juga semuanya sudah siap di tas.. Sekarang.. packing lagi... belum selesai juga?? beluuuuummmm... :D

Makasih ya untuk semua doanya.. moga diberi balasan yg setimpal sama Allah.. amiin...

35 comments:

  1. Aduhh mudah2an cepet sembuh ya neng Nadin, biar bisa cepet ketemu sama aki nenek di Bandung..selamat jalan ya Na, hati-hati, semoga sehat semua nanti di indo yaa...*oleh-oleh jangan lupa..he.he..*

    ReplyDelete
  2. aamiin ...
    syafakillah ceu nadin...
    hati - hati di jalan..
    semoga sampai di tujuan dg selamat daaaan.... bisa menyambung dan menguatkan tali silaturahim...

    na ... titip salam ut orang - orang yang Ina temui dan kenal ma sayah yaa...
    huehehehe ngRepotin wae.... :P
    mmh dikorting aah...
    mun Ina emut dugikeun salam-na mun henteu.. yaa sayah ampuni .. ^___*

    *miss u... I wish u and ure family can come to johor ... aamiin

    ReplyDelete
  3. ohhh, mo pulkam ya na, selamat pulkam deh ya, semoga nadin cepet sembuh dan bisa ngeliat kampus papa-mamanya di Bandung :)

    ReplyDelete
  4. Selamat jalan ya, Nadin, Maryam, Juga keliarga...
    *Semoga* Nadin secepat-cepatnya sembuh, **selamat di Jalan, **sampai tujuan, **kita busa ketemu lagi

    ReplyDelete
  5. Semoga Nadin cepat sembuh, begitu jgua dengan Maryam, Mamiya dan Papiya. Semoga acara mudiknya lancar dan menyenangkan...

    Btw, Dulu pulang Oktober juga? jangan2 salah waktu mudik nggak nih, Na? saat musim nggak stabil baik di indo maupun di jerman. waktunya orang2 pada gampang sakit.

    ReplyDelete
  6. mau mudik? wah senangnya..
    dhira minggu lalu jg kena nih (otitis media akut) itu jg ga ada rewel2nya sama sekali cuma malem aja tidurnya gak tenang (memang lebih sakit kalau posisinya tiduran). tadinya ga ketauan kenapa, taunya dua hari kemudian baru deh kelihatan ada cairan di telinganya.

    kata dokter sih itu gara2 pilek, hidungnya mampet dan cairannya jadi naik ke telinga. yg harus ditangani ya jadi hidungnya, pake semprotan hidung (air garam itu lho) biar gak mampet lagi dan cairan di telinganya bisa keluar lewat hidung.
    kita nanya apakah perlu tetes telinga, dia bilang ga usah. ya udah kita tenang2 aja, alhamdulillah udah kering sih sekarang.

    masalahnya memang kalau terbang kan kalo lagi ga sakit juga suka sakit ya.. mudah2an nadin ga papa ya. coba kasi permen aja pas take off dan landing.. cepet sembuh ya nadin, biar asik mudiknya :-)

    ReplyDelete
  7. Mudah-mudahan Nadin cepat sembuh ya... Emm, kalo seperti Nadin, sy belum pernah ngalamin, jadi g begitu tau harus bagaimana. Pernah sih, waktu Tia flu kemaren, mengeluh sebelah telinganya sakit, tapi g keluar cairan, dan g dikasih apa-apa. Dibiarin aja, sembuh sendiri.

    Waaah, selamat mudik! Senangnya... :-).

    ReplyDelete
  8. Mau pulkam ya :), selamat jalan, take care. Nadin cantique semoga cepat sembuh ya ^_^

    ReplyDelete
  9. Ceu nadin sing enggal damang nya....ngarah tiasa papendak sareng aki nini..
    semoga lancar perjalanannya...
    Neng Ina,mun tiasa nyandak sapu nyere ti tasik nya..

    keukeup bt Nadin

    ReplyDelete
  10. saha nya? kemungkinan cuma ketemu sama anak kimia aja sih yang udh terencana... Tapi mudah2an dgn yg lain juga bisa. Kita liat nanti deh..

    La, kami gak bisa mampir ke Johor saat ini, soalnya kami terbang langsung dr Abu-Dhabi ke Jakarta. mudah2an lain kali lah ya.. atau kalian aja yg ke sini.. ;)

    ReplyDelete
  11. hehehe.. yg ini sih mama-papanya Nadin juga jadi gak kenal lagi.. abis berubah banget dr yg dulu.. banyak bangunan baru yg pasti..

    ReplyDelete
  12. amiin.. Teh Hani, maaf ya, Nadin Maryam gak bisa datang ke acara malam ini.. padahal pengen banget ketemu Teh Hani, Aa Hasbi dan Aa Alfi dulu sebelum pergi..

    ReplyDelete
  13. kayaknya sih begitu, mbak... mudik berikutnya ganti jadwal deh.. :D
    Kapan ya mudik lagi?? :D

    ReplyDelete
  14. disini kayaknya emang sering nyerang anak kecil ya, Teh.. jd penyakitna teh udh biasa aja.. dokternya jg kayak gak khawatir2 banget sih... Cuman klo utk terbang sih.. sebenarnya dia jg agak menyayangkan..Tapi kondisinya Nadin sekarang udh bisa di bawa terbang, cenah. Alhamdulillah..

    Btw, penjelasannana meni jelas pisan. Nuhun pisan.. ;)

    ReplyDelete
  15. mungkin emang penyakit sini, Teh.. jadi di Indo mah jarang kejadian.. :D

    ReplyDelete
  16. mungkin emang penyakit sini, Teh.. jadi di Indo mah jarang kejadian.. :D

    ReplyDelete
  17. Teteh... sapu nyere Tasik mah jarangkung ageung nya?! hehehe.. mudah2an cekap kana koper. Emang rencana pengen bawa sih... mudah2an gak lupa lagi..

    ReplyDelete
  18. eh ada yg mo pulkam? masih ada tempat ga nih buat nitip nitip?hahaha...
    neng nadin cepet sembuh ya.....

    ReplyDelete
  19. telat atuh, Mbak... aku udh di Abu Dhabi nih.. ada hot spot gratis.. kenceng pulak... tak usah berdiri.. apalagi ngantri.. hihihi...

    ReplyDelete
  20. insya Allah nggak apa2 ya Nadin... Selamat berlibur!

    ReplyDelete
  21. wah na apa ini ngak salah pengertian? mertuaku selalu bilang sama aku disaat herb dan frühling kalau sedang tidur baik siang atau malam harus tutup jendela,atau diusahakan gak ada udara yg mengalir diruangan tersebut utk menghindari sakit telinga.

    ReplyDelete
  22. halo nadin dan mariam dah sampai dengan selamat kan? dan nadin ok...ok aja kan?
    semoga ngak terjadi yg dirisaukan ya ..aminnn!

    ReplyDelete
  23. Rasanya sih nggak.. :D Soalnya aku udh konfirm 2 kali sama dokternya karena takut salah ngerti. Dia bilang, selama tidur pun anak2 butuh udara segar. Mpok udh kembali ke Muenchen ya? Selama di pesawat aku liat2 ke jendela terus, siapa tau berpapasan sama Emirates.. hihhihi...

    ReplyDelete
  24. alhamdulillah udh sampai. Anak-anak mau kontrol lagi ke dokter hari ini. Dari fisik luar sih mereka baikan.. (tambah lincah dan bikin pusing). Cuman gak tau kondisi dalemnya. Waktu kontrol kemarin dokternya gak bisa bilang baikan atau tidak, karena gak liat kondisi awalnya.. Mudah2an sih memang membaik.. amiin..

    ReplyDelete
  25. atos.. atos.. Teteh.. punten pisan teu acan di telepon.. masih pusing dengan jadwal.. anak2 masih jet lag pula :D

    ReplyDelete
  26. lah aku kan dadahin ngak keliatan ya na`hehehe...:)

    ReplyDelete
  27. Halo salam kenal.
    Mampir karna aku search di google tentang cairan dan obat tetes kuping.
    Anak ku, baby 1 tahun 3 bulan, juga keluar cairan setelah sebelumnya agak panas dan rewel,
    setelah ke THT beliau bilang cuma pilek, tapi karna satu saluran bisa ke kuping.
    Tapi tetep khawatir :(.
    Mohon share yaa..
    PM juga boleh.
    Thx, maaf ganggu

    ReplyDelete
  28. Assalamu' alaykum...
    teh ina, seneng deh denger cerita-cerita tentang Nadin, Maryam dari t' Achie... kapan ya bisa ketemu?
    ditunggu cerita-cerita berikutnya :)

    ReplyDelete
  29. Hallo, Mbak... maaf baru di bales.. waktu di Indo kok males banget reply2.. lebih seneng maen di luar.. :D

    Kalau dokter sini sih menghadapi hal ini nyantei aja, cenderung gak ngasih obat apa2 malah, dan kasus ini memang banyak terjadi pada anak-anak. Tapi kalo di Indonesia mah, dokterna teh khawatir pisan. Katanya sih (kata dokternya), karena di Indonesia tingkat kumannya lebih tinggi dibandingkan di Jerman, makanya perlu antibiotik. (Pdhl dokter ini rada mirip dokter Jerman, gak ngasih antibiotik kalau belum diperlukan). Di kontrol aja terus anaknya ke dokter, dalam waktu 3 mingguan biasanya radangnya sudahnya mengering. Selama proses penyembuhan, baiknya sih kupingnya jangan kena air, jadi ditutupin kalau mandi/berenang. Oiya, ada sharing lain dr temen saya di salah satu komen di postingan ini, baca deh komennya teh Iyun.. Nuhun pisan, Teh..

    Itu saja mungkin.. ini hanya sharing dr seorang ibu yang anaknya berkasus infeksi kuping.. bukan dr seorang dokter. Jadi mohon maaf kalau ada kesalahan.. ;)

    ReplyDelete
  30. telat baca nih. Kebetulan Afya juga punya masalah yang sama. Mulai muncul kira2 umur hampir 2 tahun setiap dia pilek agak lama. kata dokter infeksi telinga bagian tengah. Kalo nggak cepet diobati bahaya juga katanya. Obatnya cuma antibiotik dan tetes telinga. setahun ini udah nggak muncul lagi, eh ... tahu2 abis lebaran kemarin keluar lagi he.. he.. Biasanya memang didahului dengan panas. Insya Allah nggak apa2 ya nantinya. Keponakan temen sih sembuhnya pas udah SD gitu katanya. Makanya kalo afya pilek saya khawatir juga, kalo kumat infeksinya, susah netesin telinganya ... sakit katanya ..

    ReplyDelete
  31. Kayaknya ini memang penyakit langganan ya?! Rata2 anaknya temen yang sudah pernah kena ini, setiap dia batuk pilek demam, pasti kenanya ke kuping lagi. Sampai usia sekianan (SD-an kalo gak salah) emang, Mbak... Nadin juga dalam setahun ini udah 3 kali. Mesti sabar dan tahan mental yah sebagai ibu.. jangan sampe nangiiiss...

    ReplyDelete