Wednesday, January 14, 2009

Maryam: menyusun kalimat sederhana

Seperti di cerita sebelumnya, dimana bahasanya Maryam sudah mulai bisa dimengerti, sekarang pun sebenarnya tidak jauh beda. Kosakatanya nambah.. dan ada yang sedikit berubah.. misal:
Panas --> asalnya mamas --> sekarang jadi manas
Hausschuhe --> asalnya hawewe --> sekarang jadi hassue (pake e seperti di ember) :D
jeruk --> iyut
dan beberapa kata lainnya. Ini bukan sekedar halusinasi ibunya, terbukti dengan pengakuan teman-teman yang taun baruan kemaren sempet nginep 2 malam di rumah. Mereka mengakui bahwa bahasanya Maryam cukup bisa dimengerti, meskipun masih banyak yang tidak jelasnya.. :D

Selain itu, Maryam mulai merangkai kalimat, meskipun hanya dua kata. Itu bisa disebut kalimat gitu?? iya lah.. ada subjek.. ada predikat.. cukup kan untuk menjadi sebuah kalimat pendek?! :D Tapi.. anehnya, kalimatnya Maryam selalu diawali dengan Predikat.. baru diikuti Subjek. Misal:

Bobo Ceuceu --> maksudnya mah Ceuceu bobo
Gak ada Mami --> Mami gak ada
Masuknya gajah --> gajahnya masuk
Mamam mau Maryam --> Maryam mau mamam --> halah.. pabaliut keneh ieu mah.. :D
dan lain-lain lah..

Oya, untuk kata-kata yang terdiri dari satu suku kata dan diawali dengan konsonan, dia selalu menambahkan a di awal kata, misal Pooh --> jadi Apooh, Syal --> jadi Asyal. Yang ini persis Nadin waktu seusianya.

Maryam agak berbeda dengan Nadin dalam usia yang sama. Mulutnya lebih gak bisa diam dibandingkan Nadin. Setiap kali bermain, mulutnya pun ikut beraksi, apakah bernyanyi.. atau bercerita dengan gaya bahasanya dia.. atau sekedar bertanya, kemudian mengulang jawaban yang kita berikan. Dan tentu saja, di tiap akhir kalimatnya selalu ditutup dengan kata "ya", untuk meminta penegasan tampaknya. :D

Tapi hal ini tidak mengherankan sih, soalnya kakaknya, Nadin, yang hampir berusia 4 tahun, memang lagi demen-demennya ngomong juga saat ini. Mulutnya juga sama gak pernah diamnya. Apakah dia membuat cerita sendiri dengan boneka-bonekanya, mengatakan apa yang dia lihat waktu itu, bertanya dan mengulang jawabannya, bahkan mengatakan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu dikatakan.

Misalnya beberapa hari yang lalu Maryam harus minum obat. Dan anak ini susahnya minta ampun kalau minum obat. Akhirnya, karena sudah lelah, saya campur aja obatnya ke susu, toh warnanya sama-sama putih. Trus saya kasih ke Maryam, dan dia mau. Horrreee.. saya sudah berteriak2 dalam hati, akhirnya berhasil. Ternyata Nadin melihat saya memasukkan obat itu ke susunya Maryam. Lalu dengan polosnya dia ngomong, "Maryam minum  susu campur obat ya?! pinter Maryam." Saya langsung melotot, Maryam langsung menghentikan minumnya.. dan minta susu dalam gelas baru.. huaaaaa....


37 comments:

  1. Asal ngga kebalik manggil mama jadi papa hehehe.....

    ReplyDelete
  2. hahahaha:D adegan terakhir lucu banget...:P, sugesti itu yah, padahal gak kerasa juga kali yah rasa obatnya. Lain kali saat melakukan trik itu jangan di depan Nadin Na,bahaya:P.

    ReplyDelete
  3. ssstttt nadin jangan bilang-bilang ada obatnya lagi ya....:)
    Hayyooo maryam..ntar kalo kesini lagi dah lancar deh ngomongnya...:)

    ReplyDelete
  4. hahahahahaha, nasibmu Mamiya...kudu usaha lagi...usaha lagi:-)

    ReplyDelete
  5. Subhanallah....udah gede yah Maryam...udah tambah banyak kebisaannya...pintar dan cantik, Insya ALLAH seperti ceuceu...Amiin..

    ReplyDelete
  6. Hahaha...wah kebayang :-) Akhirnya obat Maryam dikamuflase pakai apa?

    ReplyDelete
  7. hehehehe lucu ya anak anak. Kalo semua rame bicara, terus mamanya ngedengerin pake kuping dan mata ya? Atau ngedengerin sambil gedein TV? hehehehe....Ina semoga anak2 sehat dan tambah cerdas ya.

    ReplyDelete
  8. jadi pengen ketemuan Na*
    kalo aku sukurnya punya anak 2,pada demen minum obat Na...palagi steffie,sendok bekas obatnya dijilatin ampe bersih :-)

    ReplyDelete
  9. lucu ya kalo dengerin anak2 belajar bicara, cereweeet bgt, semuanya dikomentarin... kalo Reina lagi pengen sesuatu, misalnya mau susu, terus aja ngomong "mau susu, mau susu", lagi nyari hp "mana hp, mana hp" sambil keliling2 nyari :) Reina jg lagi suka nyanyi2, kadang emang banyak kata2 yg hilang tapi lucu aja dengernya, kadang sambil gambar2 benang kusut sambil nyanyi, hihi... Oya Na, Reina jg kalo minum obat syusah, sempet dipaksa dan dipegangin, tapi alhamdulillah sekarang udah engga, ga tau kenapa, mungkin ada saatnya ya anak2 mau minum obat..

    ReplyDelete
  10. he..he..he.. lucunya Maryam dah mulai belajar ngomong ya...

    ReplyDelete
  11. heeeey abdullah sama Maryam punya kebiasaan yang sama. Manggil sesuatu d dahului dengan A.Ibu jadi Abuu..hehheuy tebiiiih.

    ReplyDelete
  12. btw, emang minum obat boleh pake susu Na? saya disini kalo minum obat harus selang 1/2 jam dengan susu...

    kalo azka beda lagi ...A nya di belakang...jadi buuA..hehehe langkung tebih deui :D
    Maryam sareng Nadin meni lalucu kitu nya.....;) pinter deuih ...sampe minta ganti susu baru gitu ;-))

    ReplyDelete
  13. Pinter si Maryam .,.. banyak itu ngomongnya ya Na.
    Hahahhaha sssst Nadin .... jangan bocorin rahasia doong.
    Itu obat campur ke dalam susu, waktu dulu di Chicago obat antibiotik anak2 bisa dicampurin susu ... jadi mungkin itu obatnya Maryam boleh2 aja kali (ikut memberi respon atas pertanyaan ticho di atas).

    ReplyDelete
  14. Kalo menurut saya, sebaiknya memang jangan dicampur dengan susu atau teh, soalnya absorbsi obat akan terganggu. Biasanya paling cepat setengah jam/1 jam sebelum atau sesudah minum obat baru dikasih susu atau teh.

    ReplyDelete
  15. waduuuh ... kakak yang baik, maksudnya sih mengapresiasi adik, apa daya ibunya yang jadi panik hihihihihi....

    ReplyDelete
  16. ada masanya sih dulu, tapi udh dibenerin... ;)

    ReplyDelete
  17. yup.. mulai jaga rahasia depan Nadin :D

    ReplyDelete
  18. Ariq mah kayaknya lebih lancar kan, Wa? Anak Indonesia mah lebih palalinter da ngomongnya teh.. banyak yg ngajarin sih.. ;)

    ReplyDelete
  19. Amiin.. makasih, Tante Lessy.. udh beda sama waktu ketemuan tahun lalu yah?!

    ReplyDelete
  20. Akhirnya gak dikamuflase... kembali ke metode biasa.. pake suntikan.. :D Tapi lamanyaaaaa minta ampun.. bisa makan waktu 15 menitan.. mungkin lebih.. Yah, daripada gak masuk.. :D Soalnya kalau pake sendok biasanya malah tumpah.. dan insiden lainnya..

    ReplyDelete
  21. Di situ sama ya, Mbak.. ada dua gadis juga.. hehe.. suara bapaknya makin gak kedengeran deh.. Amiin.. makasih doanya..

    ReplyDelete
  22. Hayuuu atuh.. Tapi Nadin sekarang jam sekolahnya baru, Mbak.. 11.30 dah harus dijemput.. Jadi aku gak bisa nyantei2 lagi euy.. mesti patpetpot kalau kemana2.. :((

    Btw, kayaknya ada masanya sih, soalnya Nadin juga dulu mah susaaaah.. Sekarang malah gak sakit juga, pengen ikutan minum obat.. :D

    ReplyDelete
  23. hayah.. anak2 dah ribut.. ntar dilanjutin yah..

    ReplyDelete
  24. Maryam ama Reina kan seangkatan yah?! jadi kebisaannya mirip-mirip.. lagi lucu-lucunya ya, San.. Eh, gimana? tinggal menunggu hari ya? moga dimudahkan dan dilancarkan proses kelahirannya..

    Iya, minum obat memang ada masanya.. Nadin juga dulu susaaaah minta ampun.. sekarang alhamdulillah gampang. Tapi kalau obatnya gak enak, kadang dia gak mau juga sih.. Cuman udh bisa dibujuk.. "Apa kata dokter? obatnya harus habis..". Dia baru mau habisin obatnya, hehehe...

    ReplyDelete
  25. iya, kemaren gak kedengeran yah?! yah.. mungkin baru bangun tidur.. jd belum panas.. :D

    ReplyDelete
  26. Kadang saya teh mikir.. apa anak2 teh punya pola bicara yang sama gitu ya? Soalnya liat ponakan di Indonesia kemarin, yg umurnya 2,5 taunan.. bahasanya mirip Nadin waktu seusianya. Misal: kalau ada huruf r di akhir kata berubah jadi n.. contoh: air jadi ain.. dsb..

    ReplyDelete
  27. Wah, sebenarnya saya rada mikir juga pas mau nyampur, tapi da terdesak tea.. gak ada jalan lain. Anak ini gak mau makan.. gak mau minum.. maunya cuma minum susu dan ASI. Sedangkan kalau obat gak masuk, ada kemungkinan sorenya dia mesti dikirim ke rumah sakit.. halah.. Jadi we gak pake mikir lagi. Ada untungnya juga Nadin ngebocorin, hehhe.. jadinya Maryam gak minum tuh obat..

    ReplyDelete
  28. huaduh, aku sendiri bukan ahlinya nih.. Hasil baca2 sih.. ada yg bilang beberapa obat gak boleh sama susu.. bahkan sama air mineral aja gak boleh, soalnya kebanyakan mengandung mineral katanya. Baiknya dengan air keran aja. http://www.br-online.de/bayerisches-fernsehen/gesundheit/wechselwirkungen-medikamente-nebenwirkungen-milch-ID1208271637648.xml

    Ada yang bilang juga hal ini tidak berlaku untuk semua obat. Katanya yg pasti gak boleh dicampur susu itu Tetrasiklin (kalau gak salah ngerti, hehehe). Tapi yah.. baiknya sih, kalau punya anak bermasalah obat seperti saya, sebelumnya tanya dokternya dulu atau apoteker, kemungkin campur-mencampur obat ini. Kalau aku sih biasanya suka minta ekstra suntikan (Spritze).. karena terbukti efektif untuk Maryam dan Nadin.. cuma bayar 10 cent doank buat suntikannya.. ;)

    ReplyDelete
  29. :-D ngikik juga nih, baca kalimat terakhir....

    kalo Chemy nih Na, soal obat, dicekokan doktrin "minum obat supaya sehat"...terus weeeee....seringnya berhasil Na!

    btw Maryam teh sekarang berapa usianya ya?? hilap deui :-D

    ReplyDelete
  30. oh she is so cute!
    terima kasih dah mampir teh Tina, salam kenal :)

    ReplyDelete
  31. Na.. susu campur obat?
    bukannya gak boleh?
    abis makan obat minum susu aja gak boleh kan?
    bisi khasiat obatnya ternetralisir sama susu?
    bukannya kalo abis ngLab suka pada minum susu biar gak keracunan?

    ReplyDelete
  32. Maryam mah baru 22 bulan. Kalau Nadin mah tanpa dicekokin juga, mau dengan sendirinya da.. :D Kayaknya bergantung usia kali, Teh.. ada masanya.. bisa jadi, bergantung anaknya juga.. ;)

    ReplyDelete
  33. Hm.. kalau baca2 sih.. kebanyakan bilang gak boleh. Ada juga yg bilang tidak semua obat gak boleh. Contohnya Mbak Santi dibolehin tuh.. aku juga gak pernah dilarang.. da gak pernah nanya :D Tapi.. baiknya sih, tanya aja dulu ama ahlinya (apoteker) kalau mau campur2 obat.. Da sayah ge bukan ahli.. terbukti.. lebih banyak yang mengingatkan untuk 'tidak' di sini, hehehe...

    ReplyDelete