Friday, January 23, 2009

Pengobatan Alternatif untuk Membasmi Kutu

Ya, kami terserang kutu lagi... Kejadiannya sendiri sudah agak lama sih, sekitar bulan Desember lalu. Menurut gurunya Nadin, memang 3 minggu sebelum Nadin ketahuan berkutu, ada anak yang terkena kutu juga. Sering sih di sini wabah kutu, katanya. Ambil hikmahnya aja kalau anak Anda kena kutu, itu artinya anak Anda sehat.. darahnya enak.. makanya kutu betah, katanya.

Serangan kutu kali ini agak membandel dibanding tahun lalu. Bukan kutunya yang bandel, tapi telur kutu yang sudah kosong yang cukup menyita waktu membersihkannya. Kutunya sih sekali kasih obat juga mati. Hanya karena telur kutu tidak ikut terbunuh oleh obat tersebut, maka delapan hari setelah pengobatan pertama, rambut harus diterapi sekali lagi untuk membasmi telur kutu yang pecah setelah pembasmian yang pertama. Mengenai hal ini lebih jelasnya bisa di baca di postingan saya yang dulu, seputar kutu. Eh, ternyata ada untungnya juga segala dicatet.. jadi pas kena lagi, bisa buka catatan lama.

Tahun lalu, yang terkena paling parah Maryam. Solusinya, gampang.. gundulin aja.. soalnya dia masih bayi.. belum setahun umurnya waktu itu. Sedangkan sekarang, yang terkena paling parah Nadin.. gundulin???? mana mau dia.. dipotong aja dia gak mau. Nissenkamm (sisir buat ngambilin telur kutu alias serit) ternyata tidak mempan digunakan ngambilin telur yang sudah pecah itu. Jadinya hanya bisa diambilin satu persatu pakai tangan. Sayangnya, rambutnya itu seret banget, jadinya si anak malah kesakitan. Meskipun rambutnya dikeramasin dulu dengan shampoo, tetep aja si telur kutu menempel dengan kuatnya di rambut Nadin.

Akhirnya saya mencoba mencari solusi lain, coba cari di internet aja. Saya cari bahan dalam bahasa Jerman dan bahasa Indonesia. Kenapa??? karena:

Bahasa Jerman, agar sesuai dengan kondisi tempat kami tinggal, jadi lebih mudah dalam mencari bahan obat yang diperlukan.
Bahasa Indonesia, biasanya orang Indonesia suka banyak tau tentang obat-obat tradisional.

Ternyata.. setelah baca-baca.. di Indonesia itu masih banyak anggapan bahwa kutu itu bisa dibasmi dengan sering mencuci rambut. Alias.. KUTU identik dengan KOTOR. Padahal yang saya tahu di sini mah, kutu itu hanya perlu tempat hangat, tidak peduli bersih atau kotor. Jika kepala sering dicuci, yang dihasilkan bukan kepala bebas kutu, tapi justru kutu-kutu yang bersih... dan lucu.. kali, hehe..

Nah, kembali ke mencari bahan, akhirnya saya nyasar ke sini. Di sana disebutkan bahwa untuk mempermudah mengambil telur kutu yang sudah pecah, sebaiknya rambut dibaluri dulu dengan CUKA. Gotcha!!! Dan ternyata... di sana ada juga alternatif lain pengobatan kutu yang murah. Maklum obat kutu di sini harganya lumayan, kemasan 75 mL, harganya hampir 9 Euro. Itu untuk satu kepala. Untuk 4 kepala tinggal dikali 4 aja. Tapi anak-anak di bawah usia 12 tahun sih bisa minta dibayarin asuransi. Dengan catatan harus mau bolak-balik ke dokter.

Obat alternatif itu adalah:
Cuka 5% diencerkan dengan air dengan perbandingan 1:1 (perhatikan baik-baik konsentrasi cuka yang Anda punya di rumah. Punya saya 25%, jadinya mesti diencerkan dulu ke 5%, baru diencerkan lagi sesuai aturan tadi.
Balurkan campuran cuka-air ke kepala.
Tutup dengan kain, biarkan satu jam.
Basuh dengan air.
Lakukan tiap hari, minimal selama delapan hari.

Saya sendiri belum mencoba hal tersebut untuk terapi kutu, saya hanya mencoba sekali saja, untuk memudahkan ngambilin telur kutu tea. Dan hasilnya memang oke. Rambutnya jadi lebih licin, jadi lebih cepat, lebih mudah, dan si anak tidak menjerit-jerit.

Untuk terapi kutunya sendiri, tampak lebih murah memang, dan lebih aman.. terutama untuk anak sekecil Maryam. Karena obat kutu dari Apotek kan gak boleh termakan, jadi dalam setengah jam, saya harus memelototin si anak, meyakinkan bahwa mereka tidak memegang kepala, lalu memasukkan tangannya ke mulut. Tapi... metode alternatif ini tampak lebih ribet, karena harus dilakukan setiap hari. Melakukan sekali aja, repotnya minta ampun.. lumayan memakan waktu. Apalagi kalau harus tiap hari dikerjain. Belum lagi baunya.. hihihi.. Sekali pakai aja kemaren, setelah dicuci pake shampoo, baunya masih tetep kecium. Pas bapaknya pulang kantor, hidungnya mengendus-ngendus.. trus ngomong, "Kalian kok pada bau asem sih??" hihihi...

Keduanya ada kelebihan dan kekurangan. Anda tinggal memilih yang terbaik untuk Anda sendiri. Oya, fotonya tampak tidak nyambung, tapi sebenarnya itu foto mereka ketika sedang diterapi.. ;)

44 comments:

  1. berdua lucu-lucu bgt sih pake tutup kepala gt :)) ..smg cpt sembuh ya, emang ya masalah kutu ini, kupkr dulu di jerman gak ada kutu, eh ternyata malah kl anak dah sekolah beresiko kena ya Na..

    ReplyDelete
  2. Kalo anak yg sudah sekolah ada kutu, ngga boleh sekolah dulu sampai ada ijin dari dokter kalo anak tuh udah ngga kutuan deui (bukan kunyonyah)he..he...Alhamdulillah sampai saat ini anak2 belum ada yg kena...(mudah2-an ngga). Padahal jamannya saya dulu...hampir semua temen2 kutuan sadayana...dan sarakola..jd kutuna senang hijrah dr kepala satu kekepala yg lain...silaturrahim gitcu...:D

    ReplyDelete
  3. Doh itu anak2 lucu bener dibuntel kepalanya. Thanks untuk infonya ya Na.

    ReplyDelete
  4. kayak anak dari negara mana gituh na....kayak di afrika kata si uwa hahahahaha..jadi curiga jangan jangan wabahnya bersumber dari momy nya hehe

    ReplyDelete
  5. Asa kenal dengan kain-kain yang dipakai Nadin dan Maryam ituh:-D

    ReplyDelete
  6. aduh kepala langsung gatel Na...hihihihi. Nggak nyangka kalau di negeri super canggih gini msh ada yg kutuan. Tdnya kirain kuta apa gitu.. Jd inget dulu anak muridku, org Jepang, tinggal di Jkt, kena wabah kutu. Dan ibunya nggak tau cara memberantasnya. Akhirnya jdlah aku guru bhs Jepang sekalian pencari kutu..hahahahaha. ih bener jd gatel nih kepala. Was ist Kutu aus Deutsch, Na?

    ReplyDelete
  7. heuheuheu...alo oge kungsi kutuan. katepaan disakolana...nuhun inpona...

    ReplyDelete
  8. Padahal dulu yang nyaranin saya ngilangin kutui anak-anak dengan keramas tiap hari itu dokter kulit lho Na....
    (eh, jangan-jangan ntar ada dokter spesialis kutu lagi, :D )

    ReplyDelete
  9. Iya, kirain kalau di sini gak ada yah wabah kutu itu, soalnay dingin gini:P. Itu anak-anak lagi diterapi anti kutu, jadi tambah cantik aja nih Maryam dan Nadine....*toel toel pipinya Nadin dan Maryam*

    ReplyDelete
  10. ina kalo aku sih percaya sama petuah dr indo,masalahnya yg terserang kutu di Kiganya farah kebanyakan anak2 eropa dan afrikanya,nah kita yg dr Asia alhamdulilah aman2 aja,pernah kita-kita yg asia ngerumpiin soal ini,anak2 kita kan seminggu 2x keramas,sementara anak2 eropanya bisa kemungkinan sebulan sekali krn takut kulit kepalanya kering,aku aja pernah dinasehati sama orang jerman agar jangan sering2 keramasin anak2.

    ReplyDelete
  11. Tips ini juga bisa untuk membersihkan kutu pada kucing bu..
    Alhamdulillah kutu kucing pada mabok setelah kena cuka..:)

    ReplyDelete
  12. Kalo aku dulu kalo survey ke hutan pasti bawa bedak doris... Iya emang sih bedak ini untuk anjing, tapi lumayan untuk menghindari berbagai jenis kutu di hutan hihihihih.....

    ReplyDelete
  13. ya ampun di sini ada kutu juga ya na , baru tau...apa datangnya dari indo, kalau lagi pulang dari Indo, atau dari mana??kok bisa ya, apa di german sendiri memang ada perkembangbiakan kutu juga ya??Btw anak2 lucu amat kepalanya di bungkus gitu, tapi na, akukan kalau berkerudung modelnya begitu, jangan2 orang2 nyangka aku kutuan juga kali ya hehehehehehe.cuma bedanya aku pitanya di sampaing bukan diatas kepala.Danke Alternatifnya na buat jaga2 juga kalau kita terserang nanti.

    ReplyDelete
  14. na... tapi iyah oge da..begitu sudah bisa ngurus sendiri.. si kutu teh hilang..
    makanya di kampung sayah mah anggapannya, kalo banyak kutu berarti ga bersih..
    maklum anak kecil mah masih jorok...

    *hehe yang ngalamin kutuan sampe SD :P

    ReplyDelete
  15. Aduuuh Ina, aku jadi ketawa pas baca komentar Dian , bilang bau asem

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah sekarang mah udh bebas.. moga2 gak kena lagi.. Katanya sih di sekolah sering banget kasus kutu..

    ReplyDelete
  17. hahaha.. sama saya juga waktu kecil berkutu da.. sampai dikejar2 tetangga dan dikasih duit biar mau diambilin kutunya. Tapi sayahnya tea yg gak mau.. :D

    Mudah2an gak kena ah, Teh.. capeeee deh kena kutu. Bukan cuma kepala semua penghuni yang hrs dibersihin.. tapi seisi rumah.. seperti berbagai macam tekstil dr mulai selimut, seprei, bantal, hordeng, apalagi pakaian.. sampai mainan anak2 dr kain kayak boneka2 gitu juga mesti dicuciin.. TIAP HARI.. tapi sayah mah rada baong.. habis cape dan males.. jadi cucinya dua kali aja.. pas terapi pertama dan terapi kedua aja :D

    ReplyDelete
  18. ibu bapaknya juga sama dibuntel lho, mbak.. tapi dah gak lucu lagi.. :D
    Moga2 Jo gak pernah kena kutu deh...

    ReplyDelete
  19. haiyoh.. kenal.. gak.. kenal.. gak... :D

    ReplyDelete
  20. Kutu = Läuse (bacanya loize, bener gak yah nulisnya? saya suka pusing kalau pake umlaut, hihihi.. tapi kayaknya mah bener da)
    Kutu rambut = Kopfläuse

    Bisi mau baca2 cerita ttg kutu dan pengalaman kami taun lalu bisa baca di http://tmartiana.multiply.com/tag/kutu Siapa tau nanti mesti jadi guru sekaligus pembasmi kutu lagi :D

    ReplyDelete
  21. Info lebih banyak ada di http://tmartiana.multiply.com/journal/item/17/seputar_kutu
    Basaeta ka dokter teu? pami barudak nu keuna, mending ka dokter, lumayan.. obatna janten haratis.. :D Ngan eta weh, kedah bulak-balik kontrol, Kang...

    ReplyDelete
  22. Teteh nanti yang jadi dokter spesialis kutu. Naja.. beda negara.. beda kondisi.. beda pemahaman.. Dokter sini dan dokter sana beda.. udh biasa.. mau dokter anak.. dokter gigi.. dokter kutu.. hihihi.. Gak heran kalau dokter lulusan sana gak diakui di sini, begitupun sebaliknya. Mungkin salah satunya begitu.. gak tau juga dink.. :D

    ReplyDelete
  23. Meski dingin, kepala mah tetep anget.. apalagi Winter.. pake kupluk segala :D Tapi da banyak pisan kasus kutu teh cenah.. DI JErman sendiri, sampai ribuan kutu menular setiap harinya.. hiiii.. jd gatel lagi :(

    ReplyDelete
  24. Iya sih, Mpok.. kalau keseringan keramas, kulit kepala jadi kering. Tapi sebulan sekali mah kebangetan atuh.. :D

    Secara teori sih, kutu itu gak bisa terbang ataupun loncat. Dia hanya merayap. Jadinya dia cuman nular ke kepala yang berdekatan, kotor ataupun bersih.. :D

    ReplyDelete
  25. Haduh.. sayang banget.. sekarang mah saya gak punya kucing.. :D
    Nuhun infona..

    ReplyDelete
  26. bedak doris?? baru denger, Chal..
    buat anjing??? hah??! dasar anak bio.. :p

    ReplyDelete
  27. Kami sudah dua kali terserang kutu.. dua2nya terjadi 1 - 2 bulan sesampainya kami dr Indo. Wallahu'alam itu kutu bawaan dr Indo apa bukan, dokternya sih bilang.. gak mungkin dr Indo.. kelamaan... katanya. Tapi pas kena kemaren.. sebelumnya, temennya Nadin ada yg kena juga. Dan sebenarnya di Jerman sendiri banyak banget kasus kutu.. Ini menurut pengakuan dokter dan guru.

    Hihihi.. orang secantik Mbak masa sih disangka kutuan??! Aku gak tau terapi orang lain ditutupi kepalanya pakai apa.. ini mah kreasi ibunya aja, biar mereka jadi tampak lucu dan modis meskipun sedang berobat, hehe.. Dan hasilnya mereka seneng.. sampai berkaca-kaca terus tuh..

    ReplyDelete
  28. Saya juga kutuan la.. bahkan sampai SMP masih ada kayaknya.. SMA udh hilang deh perasaan.. Bisa jadi sih kutu hilangnya bukan karena sering keramas.. tapi seiring usia.. bisa jadi darahnya udh gak enak.. makin gede, makin banyak mikir.. mulai setres.. hihi.. analisis ngaco..

    Tapi.. dengan memakai shampoo biasa.. kutu tidak hilang lho.. cobain aja.. Baru hilang, setelah bertahun-tahun kan?? aku juga sekarang mah mikir, kenapa ya dulu kutu diternakkan di kepalaku.. padahal gatalnya itu kan cukup mengganggu..

    ReplyDelete
  29. Tapi emang serius, Mbak.. baunya minta ampun.. Padahal larutannya sendiri gak terlalu menyengat, encer banget kan. Bahkan aku gak yakin kutu bisa mabok pake ini. Tapi ternyata setelah menempel di rambut.. jreng deh..

    ReplyDelete
  30. Oiya, tambahan, tentang kaitan kutu dengan kotor.. Bisa jadi kutu memang bakal lebih betah tinggal dalam lingkungan yang kotor. TAPI kepala yang bersih juga tidak tertutup kemungkinan tertulari kutu dan ditinggali kutu. Shampoo biasa tidak bisa membasmi kutu. Jadi saat kutu sudah bercokol, harus dibasmi dengan obatnya. Bahkan, kutu baru bisa mati dalam suhu 60 derajat celcius. Makanya untuk tekstil HARUS dicuci dengan suhu 60 derajat agar kutu bisa mati. Atau dibekukan dalam suhu -20 selama dua hari. Alternatif lain, untuk bahan2 yg tidak bisa dicuci/dibekukan dalam suhu tersebut, ditutup dalam kantong plastik pada suhu kamar selama lebih dr seminggu. Karena telur kutu bisa menetas dalam 8 hari, minimal 10 harian lah biar yakin kutu mati semua. Info lebih lanjut bisa baca di http://tmartiana.multiply.com/journal/item/17/seputar_kutu

    ReplyDelete
  31. Adna selama di Jerman 6 tahun lamanya nggak pernah ketularan kutu, walaupun di TKnya bolak balik ada peringatan Kopfläuse. Begitu di Cina dia kena kutu, entah di Indonesia atau di Cina. Hipotesa: kutu-kutu itu milih kali ya, di kepala anak Asia atau anak Eropa, hihihi

    ReplyDelete
  32. Kalau hipotesa ini benar, berarti Nadin dianggap anak Eropa donk.. sama kutu.., hihhi..

    ReplyDelete
  33. Ina siap-siap aja Asiah selama di Kinder Garten 2kali kena.

    ReplyDelete
  34. iya na, memang jadinya lucu anak2, bagus, cantik2 n Mamanya pinter bikin anak jadi senang, jadi pada mau di obatin.

    ReplyDelete
  35. adj mah lebih tertarik sama metode pengenceran cukanya hihihihiiii.....
    asa nuju praktikum nya :-p

    Na, jaman teteh kecil mah, temen teteh pake peditok....duka nu kumaha, tapi bauuu teh....
    sing tong katularan deui ah nya....

    ReplyDelete
  36. hehehe.. apalagi kalau bapaknya dibuntel kerudung dan dipita-pita dengan lucunya kayak maryam.. hahaha.. itu mah malah jadi lucu pisan.. dengan konotasi yang berbeda tapinya Na.. xixixi

    ReplyDelete
  37. TUMBONAN OBAT PEMBERANTAS KUTU RAMBUT TANPA DI BILAS, keterangan lengkap klik di www.okuturambut.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. PERHATIAN : Jangan sekali-kali menggunakan KAPUR AJAIB / KAPUR BARUS untuk memberantas kutu rambut anda, karena kedua obat tersebut mengandung bahan kimia aktif pestisida yang bisa melumpuhkan/ mematikan urat syaraf rambut Anda.Sedang kapur mengakibatkan stres dan pengerasan rambut. Akibatnya rambut jadi rusak, mati dan terjadi pemutihan dini, yang lebih fatal lagi rambut Anda rontok.
    Pake aja TUMBONAN, SEKALI SEMPROT SELESAI...!!!.
    KLIK DI www.okuturambut.blogspot.com

    ReplyDelete
  39. terimakasih infonya... boleh tau komposisi bahannya apa saja?

    ReplyDelete