Tuesday, April 7, 2009

Tes gula (Zuckerbelastungstest)

Setelah merubah jadwal, dari hari Jumat ke Senin, akhirnya saya bisa juga diperiksa kadar gula darah tanpa anak-anak. Gak kebayang aja kalau mereka di bawa serta, pasti bosen dan rewel di sana. Sayangnya, jam paling pagi untuk si dokter memang pukul 8.50, gak bisa lebih pagi lagi.. :D

Tesnya sendiri dilakukan di tempat praktek dokter kandungan saya. Jadi saya gak usah lagi repot-repot mencari tempat praktek dokter lain. Setelah berpuasa selama kurang lebih 9 jam, sampel darah dan urin yang pertama diambil. Setelah itu saya disuruh minum 300 mL larutan gula yang sudah jelas konsentrasinya berapa. Menunggu satu jam.. ambil darah dan urin lagi. Menunggu lagi satu jam.. kemudian diambil lagi sampel darah dan urin yang terakhir. Setelahnya, baru saya boleh sarapan.

Dari rumah, saya sudah membawa novel yang cukup tebal untuk bahan bacaan. Dan saya juga sudah berencana mau jalan-jalan di sekitar praktek dokter selama menunggu dari pengambilan sampel ke pengambilan berikutnya. Prakteknya??? boro-boro jalan-jalan.. untuk membaca saja kepala saya sudah pusiiiing.. kurang tenaga euy.. Akhirnya, saya cuma tiduran di sofa di ruang tunggu dokter. Lemes banget.. habis puasa kurang lebih 11 jam.. walah.. Biasanya jam 11 itu saya sudah makan snack yang ketiga, heuheuheu...

Hasilnya alhamdulillah memuaskan. Kadar gula darah saya ternyata normal, bahkan masih jauh dari ambang batas diabet. Berarti gendutnya memang karena kebanyakan makan saja. Dokternya bilang, Anda tidak usah diet.. kalau lapar, makan saja sampai perut Anda tercukupi.. hihii.. baiklah, Dok.. Tapi tetep, setelah kejadian ini, saya jadi agak-agak mengurangi makanan yang bergula banyak. Lebih baik makan yang netral2, kayak makanan bayi dan buah-buahan. Dan terima kasih untuk doa teman-teman semua. Alhamdulillah.. saya masih dijauhkan dari penyakit itu..

9 comments:

  1. Ina,langsung balas dendam dong ya!hehehehehe.....
    btw sofa nya masih ada ya?

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah atuh kalo gulanya normal mah ya teh, mungkin bawaannya bayi aja itu mah...
    Cenah kalo ibunya seneng makan mah anaknya cowo, si utun gimana ya.... ^_^

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah...
    soalna kan bahaya ya kalo sampe diabetes...

    Ina jadi ndut??? foto dong Na.. :P

    *hehehe bertanduk niyyy

    ReplyDelete
  4. iyalah, Mpok.. aku langsung ngajakin si Akang makan di warung makan Arab.. Sepiring nasi dan sepiring sup kacang langsung tandas.. Tau kan porsinya orang Arab?! hehe..

    Sofanya masih ada.. posisinya juga masih sama kayak yg dulu. Mpok punya kenangan juga di sofa itu?? :D

    ReplyDelete
  5. Katanya dokter sih sampe saat ini memang cowok, Va..
    Mudah2an weh.. tapi henteu oge teu nanaon.. :D

    ReplyDelete
  6. Foto??? haduh.. gak terlalu kelihatan cenah kalau sama orang mah, La..
    Cuman aku dan si Akang yang nyadar gendut... *iya gitu?? :D*

    ReplyDelete
  7. wah, berarti mitos itu ada benernya juga yah, kita liat aja nanti...
    Huaaa, t tinaaaa, kebayang 'seru'nya di rumah.....

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah ikut seneng kalau kadar gulanya normal

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah gak diabet yah Ceu...semoga sehat sehat terus yah Ceu...Amiin...

    ReplyDelete