Wednesday, August 4, 2010

"ngomongnya bahasa Indonesia donk!"

Maryam, si cerewet, sepertinya mulutnya gak pernah mingkem kecuali kalau lagi tidur.. dan di depan orang lain.. Iya, kalau Anda baru bertemu dengan Maryam, jangan harap Anda melihat sisi dia yang sesungguhnya. Jaim bo!

Akhir-akhir ini saya sering mendengar celotehan gak jelas dari mulutnya, gak ngerti lah pokoknya.. bahasa apa pula itu? Sering saya mengingatkan dia untuk berbicara bahasa Indonesia saja kalau di rumah. Tapi kalau dia sedang ada di 'dunianya', dia akan tetap berceloteh dengan bahasa itu. Ya udah, biarkan aja, setidaknya dia saat itu memang sedang tidak berbicara dengan saya ataupun Nadin. :D

Suatu hari, saya penasaran, saya tanyalah Nadin, apakah dia bisa mengerti apa yang dibicarakan Maryam? bahasa apakah itu? Katanya Nadin, "Kalau Bukra, Zidanoa, Irem sama Betul ngobrol, suka pakai bahasa itu, Mama." Hah??? TURKI???!!! Ya ampuuun.. ternyata anak ini selain menyerap bahasa Jerman, juga menyerap bahasa Turki di sekolah, hihihi... anak-anak memang.. kemampuannya luar biasa sekali dalam belajar bahasa.

Di luar itu, saya sebenarnya salut sekali pada orang Turki yang masih bisa menurunkan bahasa ibunya dengan baik pada anak-anaknya. Meskipun mereka sudah beberapa generasi tinggal di Jerman, tetapi anak-anaknya sampai sekarang masih bisa berbahasa Turki. Buktinya, itu teman-temannya Nadin dan Maryam, meskipun di Kindergarten, tapi kalau sesama Turki, ngomongnya masih memakai bahasa mereka, sampai-sampai bisa diserap oleh orang luar seperti Maryam. :D Hal seperti ini patut kita tiru, yuk mariii kita ajarkan anak-anak berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
 

24 comments:

  1. wih hebat ya bund.. si Maryam mang brp thn skrg bund??

    ReplyDelete
  2. hiduuup bahasa sundaaa..
    *hahaha teu nyambung :P

    ReplyDelete
  3. di TKnya steffie juga pernah kejadian,Na..elternabend nih..ada ortu (org italia)yg protes,ko anaknya bukannya makin mahir bhs jerman?tapi malah fasih nyerocos make bhs turki hahahaha...

    ReplyDelete
  4. hehe lucu ya mbak, orang Indonesia asli aja (yang masih di Indonesia) malah kebarat2an pake bahasa Indonesia campur2 bahasa inggris..:)

    ReplyDelete
  5. iya budayakan bahasa Indonesia agar lebih mendunia ;)

    ReplyDelete
  6. hiduuuuuup.. Ini jg penting, La! ;)
    Tampaknya bahasa daerah malah akan lebih cepat punah dibanding bahasa Indonesia, teman2 segenerasi kita juga sudah banyak yg gk bisa bahasa Sunda.. apalagi anak2 kita nanti. Janten, meungpeung urang masih tiasa.. hayuu urang ajarkeun oge bahasa Sunda.. ;)

    ReplyDelete
  7. hahaha.. pasti kasusnya sama kyk di TK aku, ya mbak.. setengahnya org Turki.. :D

    ReplyDelete
  8. Emang Na, mrk fanatik banget sama bahasa, makanan mereka. Walaupun dah pegang Duetsche Pass tetap aja bendera yg disimpan di rumahnya bendera Turki. Dah gitu jumlah mrk byk bgt ya di sini.
    Aku kalau hbs ke Zetrum, pasti seharian itu terngiang2 trs tuh taman..taman, ewet ewet, gelejek gelejek...hehehe Kadang serasa di Istambul deh:-))

    ReplyDelete
  9. nah, itu dia, mbak.. Sekarang lg ngetrend anak diajarkan bahasa asing ya? tapi bahasa sendiri dilupakan.. Gimana kalau sudah besar nanti, anak2 fasih bahasa asing, tp bahasa ibunya sendiri tidak bisa? kasihan.. malah lebih fasihan orang2 bule nanti.. :D

    ReplyDelete
  10. budayakan bahasa sendiri agar tak cepat mati.. ;)

    ReplyDelete
  11. hahahha... pokoknya eeeeee semua ya, mbak?!
    Iya nih, Doener udh ada di setiap pojok jalan, kapan siomay dan baso bs kyk begitu ya?? :D

    ReplyDelete
  12. Pengen banget pake bahasa daerah untuk anak cucu dan turunan berikutnya, kedengeran lebih akrab dan halus. Tapi apa daya tangan tak sampai, tampaknya kalo mengajarkan ini ke generasi selanjutnya ada yang roaming habis-habisan dan tidak nyambung :D

    ReplyDelete
  13. Bukannya malah sekali mancing dpt dua ikan, Yas? sekalian ngajarin anak, bapaknya juga ikutan.. Jd gk roaming lagi klo mudik ke Semarang.. ;)

    ReplyDelete
  14. nah itu.. setahun ini ga ada penambahan kosa kata yang signifikan, daripada kelamaan ga nyambung akhirnya ibunya nyerah deh :D
    *berpikir ulang untuk pake 3 bahasa rumah*

    ReplyDelete
  15. ayo semangat, Yas.. semuanya butuh proses, tak cukup hanya setahun.. ;)

    ReplyDelete
  16. lucu amat Maryam, coba tetangga yah, Daffa bisa diajarin ngomong sama Maryam...:-D

    ReplyDelete
  17. hihihi lucu deh..pengen cepet ketemu maryammmm...ngobrol yu maryammm hehe..mau pake turki hihihi jadi pengen denger:p

    ReplyDelete
  18. Gimana skrg Daffa, Mir? terus aja diajak ngobrol aja.. nanti tiba2 aja dia bakal cereweeeeettt banget. Saya punya ponakan yg cuma beda satu tahun sama adiknya. Saat si adik udh pinter ngomong, si kakak masih ba bi bu aja.. gk jelas ngomongnya. Tp begitu dia menginjak usia 3 tahun.. langsung blasssss... paling lancar deh klo urusan ngomong.

    ReplyDelete
  19. hihihi... maunya, tp susah kyknya mo bisnis makanan di sini.. ribet!

    ReplyDelete
  20. kangen uwa ih, doakan kami segera pulang yah.. :)

    ReplyDelete