Tuesday, August 17, 2010

Hitzefrei-Muffins *)


Description:
*) Muffin bebas panas

Diambil dari seri buku masaknya si Maus (Hier backt die Maus), seri Muffin.

Berhubung kemarin baru saja memborong buku dari perpustakaan, salah satunya yang ini, maka anak-anak dengan senang hati memilih cemilan hari ini. Meski hari cukup dingin, tapi mereka tetap suka yang dingin-dingin. Caranya lumayan gampang, anak-anak juga bisa ikut-ikutan heboh di dapur, dengan bahan standar yang pasti selalu ada di rumah. Hasilnya lumayan ok, tapi entahlah dengan rasa.. masih harus menunggu 8 jam lagi nih untuk mencicipinya.. :)

Ingredients:
Untuk 12 buah Muffin diperlukan:
75 g mentega
180 g tepung terigu
1/4 sdt garam
4 - 5 biji telur ukuran sedang (atau 6 - 7 telur ukuran kecil)
1 sdt baking powder

Untuk Isi:
1 pak es krim vanila

Untuk taburan:
30 g gula halus

Directions:
1. Olesi cetakan muffin dengan mentega atau pasangi kertas muffin. Panaskan oven 180 derajat.

2. Lelehkan mentega dalam panci sedang, lalu tambahkan 280 mL air. Mentega dan air dimasak bersama-sama.

3. Angkat panci dari kompor, masukkan tepung dan garam, aduk.

4. Kocok satu buah telur dalam sebuah cangkir dengan garpu, masukkan kocokan telur ke dalam adonan tepung. Kemudian kocok lagi sebuah telur, masukkan lagi ke dalam adonan, lakukan terus sampai adonan kental-kental cair. (jumlah telur bisa berbeda dengan yang disebutkan di atas). Terakhir baru masukkan baking powder.

5. Masukkan adonan ke dalam cetakan muffin, bakar dalam oven selama 30 menit sampai berwarna coklat keemasan (15 menit pertama oven tidak boleh dibuka, karena permukaan muffin akan turun/melempem).

6. Keluarkan muffin dari oven, biarkan selama 5 menit, keluarkan dari cetakan (kertas muffin). Belah dua dibagian tengah.

7. Isi dengan es krim vanila (rasa sesuai selera), tutup lagi, taburi dengan gula halus. Muffin siap dimakan.

8 comments:

  1. ini kayak kue sus dingin di kita..cara bikin adonannya juga. Boleh dicoba nih. Danke:-)

    ReplyDelete
  2. ini mah kue sus,..resep dan caranya punya kue sus,..

    ReplyDelete
  3. aku juga sering buat kue ini mbak, gampang, cepet dan pasti jadi, tapi aku nyebut nya kue sus ato orang jerman bilangnya windbeutel.

    ReplyDelete
  4. krinyis - krinyis di taburi gulaaa

    ReplyDelete
  5. Ibu-ibu.. betul.. betull.. ini memang persis sama kue sus.. Waktu pertama kali lihat gambarnya jg saya sudah ngeh.. :D Tapi.. ternyata hasil yg saya dapatkan agak2 beda. Luarnya sih sama, tapi dalamnya kurang kerompong nih.. masih agak2 padat seperti sarikaya. Bagian bawah malah mengangkat ke atas. Jadinya setelah dibelah, kue bagian bawah saya balik, biar bisa diisi.. hihihi.. Kenapa ya?? mungkinkah karena telurnya kurang? krn kmrn memang rasanya msh kurang encer, tp saya males nambah telur lagi :D Atau mungkinkah karena lama membakarnya kurang? soalnya kmrn diburu2 sama anak2 yg pengen cepat2 makan. :D

    ReplyDelete
  6. iya, mbak.. masalah nama, mungkin karena buku masaknya untuk anak2, jd dibuat menarik utk anak2.. ;)

    ReplyDelete
  7. Na..diisi pake es krimnya pas mo dimakan gitu kan ya?secara kalo aku bikin habis sahur,anak anak bangunnya jam 9 lewat banyak,es nya keburu geschmolzen :-)

    ReplyDelete