Thursday, May 29, 2008

Tak semudah membalik telapak tangan ternyata...

Pernahkah Anda membeli sesuatu... tapi kemudian merasa tidak puas??? baik kualitas, model, ukuran, dan lain-lain... ...atau menyesal karena sebenarnya gak butuh-butuh amat...
Kalau kami seriiiiiingggggg... bangetttttt :D:D:D

Untuuuuung aja kejadiannya di Jerman, dimana pada umumnya barang yang sudah dibeli boleh dikembalikan sebelum 14 hari (atau sesuai kebijaksanaan toko yang bersangkutan). Kami pernah menukarkan bahkan mengembalikan barang yang sudah kami beli. Jika belanjanya di toko online, relatif lebih mudah menukar/mengembalikannya. Kenapa? Karena biasanya dalam paket barang yang kami terima, selalu terlampir formulir penukaran/pengembalian.. lengkap dengan perangkonya. Jadi kita tinggal kirim balik aja lewat kantor pos, selesai... Tinggal nunggu email dari si penjual yang memberitahukan status belanjaan kita yang terbaru.

Sedangkan kalau belanja di toko offline, alias belanja langsung.. prosedurnya lebih ribet. Kalau mengembalikan sih masih relatif lebih gampang, tinggal kasih aja barang ke kasirnya, tunggu si kasir mencet-mencet alat hitungnya.. cetak bonnya.. tanda tangan.. selesai... Kalau belanjanya pake kartu debit, maka uangnya akan mereka kembalikan ke rekening kita... eh, tapi tergantung toko juga.. waktu di Penny mah, belanja debit, kembali tunai...

Lain lagi dengan menukar barang.. saya kok bermasalah terus ya..
Pertama, waktu beli CD-nya Nadin di H***M, saya tukarkan karena kekecilan. Bingung nih, pertama kali nukerin barang. Saya tanya ke pelayan tokonya..
"Saya boleh menukar ini kan? ini kekecilan untuk putri saya.."
"O.. boleh.. boleh.. Bu, silahkan ambil sendiri ukuran yang cocoknya.. Anda tau kan tempatnya?"
"Iya..." langsung meluncur ke tempat yang dimaksud. Si pelayan pun sibuk beberes lagi. Setelah mendapat barang yang saya inginkan, saya bingung... gimana ini??
ke kasir??? tapi ngantri ah... males...
atau ke pelayan tadi ya? wah udah ngilang dia...
Akhirnya dengan langkah agak ragu sebenarnya... saya pun keluar dari toko...
Tapi gak ada yang terjadi tuh.. berarti prosedurnya udah bener pikirku...

Pas sampai di rumah.. dan saya membuka kemasan barang tersebut, ternyata sensor pengamannya masih tergantung di situ... OOW... langsung jantung ini dakdikduk tak menentu.. Duh.. kenapa tadi nggak bunyi atuh ya?? Ahhh.. mungkin karena masih pagi, gerbang sensornya belum sempat dipasang... jadinya saya bisa keluar dengan aman.. Langsung nelepon si Akang... apa sebaiknya sensor ini saya kembalikan??? tapi.. ah.. nanti malah jadi masalah lagi... malah disangka maling kan?! Akhirnya sampai sekarang sensor itu masih tergeletak di rumah.. dan sampai beberapa minggu, saya tidak berani masuk ke toko itu lagi.. saya lebih memilih cabangnya dia yang lain deh... Tapi beneran deh.. kejadian ini membuat saya tidak malas bertanya lagi ketika melakukan sesuatu yang baru...

Kejadian kedua.. dalam minggu ini, ketika saya ke S****n membeli kantong penghisap debu. Dengan PD-nya saya mengambil kemasan yang sesuai dengan tipe yang saya pakai, kemasan paling depan.. Tidak seperti membeli lotion, yang biasanya saya ambil yang paling belakang... soalnya yang paling depan biasanya dijadikan 'sampel' sama pembeli. Ketika sampai di kasir... sambil ngantri.. saya perhatikan kemasan barang yang baru saya beli tersebut... Tiba-tiba mata ini tertuju ke tulisan "5 X" yang dicoret, dan di sebelahnya ada tulisan "nur 4 X". Jadi yang seharusnya dalam satu kemasan ada 5 buah, ini jadi hanya 4 buah. Trus saya lihat di bagian atasnya pake selotip lagi... Wah.. alamat gak baik nih... gak terima donk hati ini... Tapi semuanya sudah terlambat... ketika saya sadar, si kemasan itu sudah diambil dengan tangkasnya oleh si kasir dan di scan... Wuaddduuuuh...

Awalnya saya terima aja deh.... emang udah nasiiiiib kaliiii... Tapi beberapa detik kemudian.. saraf "gak mau rugi" saya mulai mengirimkan sinyal-sinyalnya ke otak... Kalau nasib bisa diubah dengan usaha, kenapa tidak? Kalau sudah usaha memang harus begini... baru deh saya tawakkal.. Saya memutar Stroller kembali ke dalam toko... dan menghubungi bagian informasi... menjelaskan begini dan begitu sambil memperlihatkan struk belanjaan dan barangnya... Dia mengernyitkan kening.. trus akhirnya dia kasih stempel struk belanjaannya dan menyuruh saya menghubungi pelayan terdekat. Saya kembali ke daerah penghisap debu dan kawan-kawannya.. Alhamdulillah masih ada tuh kemasan yang utuh. Tapi di situ nggak ada siap-siapa. Akhirnya saya kembali ke bagian informasi dengan membawa barang yang baru. Pas kembali ke sana, dia minta struk belanja yang tadi dia stempel. Trus dia gak mau terima, katanya.. ini harus ditanda tangani pelayan. Aku bilang kalau tadi gak ada siapa-siapa di sana. "Anda carilah di pojok yang lain", katanya.

Addduuuuhhhh... akhirnya saya kembali dan berkeliling mencari pelayan yang amat sangat langka ini. Bayangkan di toko segede gaban gini, pelayannya cuma seuprit. Kayaknya semua pelayan sibuk melayani pelanggan yang bertanya ini itu... Saya berkeliling... dan berkeliling... dan berkeliling... berharap menemukan pelayan yang sedang bebas tugas... ternyata tidak ada... Akhirnya saya menunggu dengan sabar deh salah satu pelayan yang terdekat. Ketika saya jelaskan bahwa saya membeli kantong penghisap debu yang ternyata isinya cuma 4, si pelayan malah nanya balik, "kok bisa?". Mendapatkan pertanyaan seperti ini, saya bagaikan raksasa yang dibangunkan paksa setelah tidur ribuan tahun.. marah semarah-marahnya... "Lho.. Anda kan yang jualan.. seharusnya saya donk yang nanya Anda kenapa bisa begini???!!!!!". Dia kayaknya langsung keder... trus nyuruh saya nunggu bentar.. ceplak-ceplok lagi di bonnya, tanda tangan.. selesai...

Trus kembali ke si Ibu informasi lagi.. kali ini mah lulus.. saya boleh keluar lagi dengan membawa barang yang utuh.. yipppiiiii....

Ternyata... sebenarnya mah gak ribet juga ya.. asal kita tahu prosedurnya.. gampang aja kan?!

27 comments:

  1. Wah kalo saya seringnya menyesal kalo belanja,... sering belanja yang setelah dipikir-pikir lagi ga butuh amat sama itu barang....
    makanya bener juga warning yang mengatakan : jangan belanja dalam keadaan lapar,.... matanya jadi ikutin laper, naluri belanja juga jadi ikutan laper

    ReplyDelete
  2. sama, saya juga suka laper mata... :D:D:D
    kalau belum dipake mah atuh, tinggal dibalikin aja lagi di sini mah, Teh.. kecuali Tupperwarina nya, hihihi...
    Ada temen yang cerita, katanya kadang banya ibu2 yang beli baju karnaval atau pesta yang dipake dulu sama anaknya, trus ntar dibalikin... jadi pas make, merknya masih tergantung di bajunya. Tapi kita mah gak usahlah sampai curang kayak gitu ya?!

    ReplyDelete
  3. oooh, bisa dibalikin ya???
    Kalo curang mah giman niat ya Na, & pasti nanti bakal dapet "balesan" meski bukan dari pemilik toko yang dicurangi

    ReplyDelete
  4. Hidup di Jerman harus "Berani Tampil Galak" ya.... ^_^

    ReplyDelete
  5. bisa aja, selama bukan produk supermarket, kalau gak salah...

    ReplyDelete
  6. "berani tampil benar" kali ya, Teh... ;)

    ReplyDelete
  7. pantesan tina konsumtif...
    ngaruruling mulu, kalo sampe rumah kalap matanya ilang **winkz**

    ReplyDelete
  8. klo di jerman relatif lebih mudah ngembaliin barang, klo di indo ampe perang urat leher, susahnya minta ampun :D

    ReplyDelete
  9. alhamdulullah yg 4 biji itu akhirnya bisa ditukar ya na

    ReplyDelete
  10. tfs ya na, emang org2 sini kadang2 perlu dimarahin klo mereka macem2,

    ReplyDelete
  11. di sini juga bisa sih dikembaliin, hanya saja males kitanya balik lagi ke sana (jauh) .... jadi ya ngga pernah (belum pernah) ngembaliin atau nuker barang.

    ReplyDelete
  12. heheheh jadi inget kacamata lishya yg belum dicopot mereknya ga, Na? Itu besoknya aku tuker sama yg baru, soalnya ga tahan 'banting' dan emang udah patah gagangnya, untung belum aku lepas mereknya ;)

    ReplyDelete
  13. Kalau beneran boleh dikembalikan, enak banget dong. Kalo di Indonesia kayanya hanya boleh ditukar.

    ReplyDelete
  14. begitu sampe rumah, buka sepatu, cuci muka dan tangan, duduk depan kompi...
    sibuk...ngempi daaan.. ngebaaaayyyyyy.... teuteup weee balanja, hehehe...

    ReplyDelete
  15. iya, alhamdulillah... meski dengan penuh perjuangan (kaki sampai sakit dan kepala pusing, gara2 nyari pelayan toko, hehehe..), tapi hati puas. Padahal cuma ngebelain barang yang gak bakalan sampe 2 euro tuh harganya... duh, dasar ibu gak mau rugi, hehehe...

    ReplyDelete
  16. hm.. kalau dulu saya orangnya gak mau ribut.. nrimo aja deh... Tapi sejak tinggal di sini, mungkin karena lingkungan yang keras.. jadi begini nih... gak mau nerima gitu aja...

    ReplyDelete
  17. hehehe... ongkos dan tenaga juga mesti diperhitungkan ya, Mbak...
    Saya juga kalau barangnya gak seberapa mah biasanya cuek... tapi kalau harga barangnya bisa buat makan seminggu, misalnya.... ya.. bela-belain deeehhhh... ;)

    ReplyDelete
  18. hehehe... jd inget alasan Ninoek waktu itu belum nyopot merknya, hehehe...
    ari pas beli, gagangnya udah patah belum??? trus udh patah gitu, masih bisa dibalikin?

    ReplyDelete
  19. beneran, Mbak.... baru-baru ini aja saya udah 3 kali ngembaliin barang (yang saya inget).
    1. Jaket Winter Nadin, yang ternyata dia gak suka, jelek katanya.. huhuhu... Jadinya aku balikin ke tokonya. Dan mereka gak nanya alasannya kenapa.. bahkan mukanya pun gak berubah jadi jutek gitu.
    2. Jaketnya si Akang, karena kegedean.. yang ini mah dr toko online.. jadinya gampang banget ngebalikinnya.
    3. Waffelmaker, yang ternyata pas nyampe rumah, aku baru sadar kok lehernya goyang gitu.. jadinya aku balikin juga deh...
    Kalau di list dr yg dulu-dulu... wah bisa segambreng nih daftar barang yang sudah saya balikin, hihihi... Kalau di Indo mah, di bonnya aja suka ada tulisan, "Barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan" ya? cmiiw...

    ReplyDelete
  20. waaaah.. enak banget kayak gitu ya... soalnya aku juga suka beli2 barang trus ternyata nyampe di rumah kegedean, kekecilan... biasanya karena males nyoba...
    kalau di Jakarta sini justru rata2 toko nulis gini: "barang yang sudah dibeli tak bisa ditukar kembali"

    ReplyDelete
  21. blom pernah liat ina pasang tampang galak :D

    ReplyDelete
  22. iya Na, gampang banget kok sbenernya nuker2 gitu, yg penting mah bon ada aja. Yang lucu waktu ke dm, aku mo kembaliin Nivea Sonnencreme yg tanpa aku sadari ditaro Hamzah di wagen belanja dan pas bayar aku jg ga ngeh. Niatnya udah mo cerita dulu kalo barang ini ditaro anak saya padahal saya ga mau beli..bla..bla..bla..tapi pas baru bilang : "Gestérn war ich...", eh si mas kasirnya dah bilang: "zurück"? he..he..

    ReplyDelete
  23. sayang ya... coba ubah aturan atuh.. biar gak ada barang mubazir, hehehe....

    ReplyDelete
  24. masa sih, Mbak... biasanya kesan pertama orang ke saya jutek dan galak lho... setelah kenal dekat, baru mencair muka saya biasanya... Berarti aura Mbak Farida memang membawa mood baik ke saya kali.. aduduuuuh...

    ReplyDelete
  25. hehehe... kadang orang sini suka motong kalimat kita gitu ya??? kalau saya dulu pernah ke DM disangka maling malah.... Sampai diliatin semua orang gitu pas diperiksa... malu2in... mereka gak minta maaf lagi... Sayang, kejadiannya dulu waktu baru beberapa minggu aja tinggal di Jerman... jangankan ngambek, ngomong aja masih sulit... *padahal mah sampai sekarang bahasa Jermannya masih ba bi bu*

    ReplyDelete