Friday, February 6, 2009

Kopi.

Saya bukanlah penggemar berat kopi. Meski ayah, 4 kakak laki-laki dan satu kakak perempuan saya peminum kopi, tapi waktu kecil saya tidak pernah suka sama yang namanya kopi. Sampai akhirnya saya ditakdirkan untuk ngekos di Bandung berdua dengan kakak saya yang peminum kopi. Setiap pagi dan malam, saya dimintai tolong untuk membuatkan kopi untuknya. Meski sambil ngedumel, tapi tetep aja bikinin buat dia.. dan sesendok dua sendok biasanya saya cicipin. Lama-lama saya pun mulai menerima keberadaan si kopi.

Sewaktu kuliah, saya mulai membuat kopi untuk diri sendiri. Bukan karena ingin, tapi sekedar untuk menemani malam-malam penuh tugas dan laporan. Meskipun sebenarnya si kopi gak terlalu ngaruh buat saya, karena begitu seruputan terakhir habis, mata pun mulai terpejam.

Setelah menikah, saya jarang sekali, bahkan boleh dibilang tidak pernah minum kopi lagi. Kebetulan suami tidak minum kopi. Tapi kehamilan kedua saya ternyata agak berbeda dengan kehamilan pertama, lebih banyak mualnya. Hal ini membuat saya mencari sesuatu yang bisa menyegarkan badan saya kembali. Buah-buahan tidak mempan, yang nyangkut malahan kopi. Berhubung dokter kandungan saya juga tidak melarang saya untuk minum kopi, asal jangan lebih dari dua cangkir sehari katanya, maka sayapun meneruskan kebiasaan itu. Dan kebiasaan minum kopi terbawa sampai sekarang. Meski tidak harus setiap hari, tapi terbilang sering dibanding sebelumnya.

Sampai suatu hari, ketika saya mengunjungi rumah teman, dia membuatkan saya secangkir kopi. Kebetulan dia membuatnya pekat sekali (setidaknya di lidah saya begitu). Dan ternyata ini membuat jantung saya deg-degan. Entahlah, ini berasal dari kopi itu atau bukan. Karena sebelum-sebelumnya saya tidak pernah merasakan hal ini. Sejak itu saya mulai mengurangi, kalaupun ingin, saya membuatnya dengan takaran seminim mungkin.

Akhir-akhir ini, saya mulai suka lagi. Udara dingin membuat kopi terasa nikmaaaat sekali. Berhubung saya tidak ingin mengkonsumsi terlalu banyak kafein, saya pun mencari kopi yang Entkofeinert (tanpa kafein). Bagi peminum kopi sejati, tentunya kopi ini tidak berasa sama sekali. Tapi bagi saya sih sama saja lah.. beda-beda tipis. Ketika kemasan ini habis, di toko dekat rumah tidak tersedia kopi yang sama, akhirnya saya membeli kopi yang biasa saja. Baru sekali minum (kemarin pagi), jantung rasanya berdegup kencang sekali.. sejak tengah malam tadi sampai sekarang.. Hm.. apa ini pengaruh dari kopi itu ya?! Gimana caranya ya biar cepat normal kembali?? saya jadi agak2 trauma minum kopi nih.. tapi kepengen... gimana atuh??? tolooong...


37 comments:

  1. Coba beli yang kadar kafeinnya mengah, yang mild gitu....atau minum kopina kaya saya...campur susu jd kaya cappucino, jd kopinya ngga terlalu pekat. Saya juga sekarang mah ketagihan minum kopi teh..ngga murni kopi sih selalu dicampur susu, yg penting ada wangi2nya kopi yg segeerr. Atau kalau belum punya beli espresso maschine, katanya kopi yg dibikin dengan sistem press begini lebih sehat...cenaahh :-D, dan dari segi rasa lebih uenaaakkk hehehe..Kalao saya bukan jantung deg-deg-an tp suka sakit maagna...tp da kumaha suka sekali sih. Mudah-mudahan deg-deg-annya udah berenti ya...ehhh ngga terlalu deg-deg-an maksudnya :-))

    ReplyDelete
  2. Coba banyak minum air putih kali ya.... tapi itupun masih untung cuma deg-degan Na, saya mah sejak tinggal di Gilching, sekalinya minum kopi langsung muntah-muntah. Minum capucino juga muntah2,... apa kopi jerman beda ma kopi Indo kali ya?

    ReplyDelete
  3. bikin tiramisu aja Na..kan peke kopi juga tuh hehehe..

    ReplyDelete
  4. Ina yg lagi berdegup, betul itu minum kopi campur susu. Aku juga suka berdegup kalo kebanyakan kopi. Jadi saben hari kopi dijatah. Nggak boleh lebih dari 2 cangkir. kalo masih kepingin aku minum capucino. Kan banyak tuh yg siap saji. Tinggal kasih air panas. Capucinonya yg menengah ke atas ya...rasanya nggak jauh deh ama kopi+susu. Kali Ina jantungnya sensitif (makanya jgn sering2 buka dompet atuh...hehehehe) Selamat minum lagi ya. Cepet sembuh.. kalo 3 hari masih berdegup ke dokter ya .

    ReplyDelete
  5. Na`latte machiato aja na`
    komposisi susunya lebih banyak dr susu.
    bisa kok bikin sendiri ,minum susu pake kopi gitu hehehe....:)

    ReplyDelete
  6. kopi sini cenah mah lebih berat dibanding kopi Indo *kata mertua :p*
    meureun eta yang bikin deg2an... coba atuh, ditambahin susu.. hehehe.. pan jadina susu kopi alias susu dikopian :p

    ReplyDelete
  7. minum kopinya kayak org jerman aja na, kopinya encer krn banyak airnya kata guru bhs jermanku, trus bisa divariasikan plus banyak susu jadi latte macchiatto, atau susunya mild jadi cappucino. Dulu aku sempat ketagihan juga minum kopi ala jerman (latte..). Tapi gak sampe pusing karena lattemacciatto banyak susunya:-) Tapi sekarang sedang berusaha menyakinkan diri sendiri ttg kopi.......jadi berusaha kembali lagi ke teh kayak waktu di indo. Alhamdulillah sekarang jarang banget minum kopi:-) Sukses ya na

    ReplyDelete
  8. hadduuuh.. hihi.. masih banyak yg lebih penting dr mesin ini, Teh.. :D Lagian saya gak terlalu sering juga sih minum kopi.. sendirian lagi.. jadi asa lebar. Kalau punya Teteh udh gak dipake.. boleh deh diturunin, hihihi..

    Oya, fyi, sebenarnya seumur2 saya minum kopi, baru dua kali sampe deg2an. Dan dua2nya karena minum Cappucino. Kenapa ya? kayaknya kebanyakan nakarnya nih.. Sampe sekarang masih deg2an, tapi udh gak sekuat tadi malem sih, alhamdulillah. Nuhun doana, Teteh.. :)

    ReplyDelete
  9. Oo.. pantesan teteh udh gak pernah minum kopi lagi kalau ngaji.. :D
    Kuatan kopi sini?? padahal dipelakna di Indo nya?! hehe.. org sini udh biasa minum alkohol kali, jadi kopinya juga harus 'kuat' *nyambung teu sih? :D*

    ReplyDelete
  10. pengennya yg anget-anget, Mbak.. kalau Tiramisu mah dingin atuh.. Kayaknya mesti pesen bir pletok sama Mpok Aas.. :D

    ReplyDelete
  11. hihhi.. si Mbak tau aja.. WSV nih, Mbak.. WSV.. :D
    Iya, kemaren juga minum Cappucino, biasanya sih gak sampe begini.. saya salah ngitung sendok kali.. kebanyakan.. atau kondisinya yg lagi sengsitiph.. :D
    Makasih doanya ya, Mbak.. moga aja gak perlu ke dokter.. cape juga deg2an terus.. :(

    ReplyDelete
  12. Hm.. Mpok, apa bedanya ya Latte Machiato sama Cappucino. Soalnya di lidah aku kok kayaknya sama aja, hehehe... dasar udik.. Btw, aku punya alat buat bikin schaum Cappucino dr Tupperware lho.. :D *gak nyambung*

    ReplyDelete
  13. Oo.. kitu nya, Teh?? hm.. kalau Cappucino ditambahin susu lagi masih enak ga ya?? :D Ntar cobain deh..

    ReplyDelete
  14. Iya, makasih Hitri tips-nya. Jadi Latte Machiato teh susu kopi toh?? hihi.. kirain ada tambahan yg lain..
    Btw, saya juga baru tau kemaren dr temen (Thx Risma ;)), katanya kandungan kafein dalam Teh justru lebih tinggi dibandingkan kafein dalam kopi. Pantesan dulu pas hamil, kata dokter kandungan saya, boleh minum kopi tapi gak lebih dr 2 cangkir sehari atau Teh gak lebih dari 1 cangkir sehari. Tapi.. saya juga kalau minum Teh belum pernah sampe susah tidur, apalagi deg2an.. :D

    ReplyDelete
  15. ngomongin kopi jadi pengen ngopi *ngga nyambung*. dah lama (1,5 th) ngga pernah ngopi nih .... jadi kangen

    ReplyDelete
  16. ada yang lain sih ditambah gula . Jadi latte macchiato itu susu + sedikit kopi +gula. Btw, yg didalam teh itu bukannya teh _in ya? klo kopi baru namanya kafein? Aku minum teh juga suka dicampur susu na,:-) sekarang sih aku minum teh herbal,kayak camomille atau anis fencel kummel....tapi gak perlu ditiru, klo gak suka mah:-)

    ReplyDelete
  17. di sana gak ada kopi ya, mbak?? main sini yuuuk.. :)

    ReplyDelete
  18. hm.. thx, Hitri.. aku jdnya nyari2 bacaan nih.. dan dapet! alhamdulillah..
    Ternyata..

    fakta pertama: ketika pertama kali ditemukan (1827), kafein dalam teh disebut thein. Secara kimia, thein dan kafein itu identik.

    fakta kedua: kandungan kafein dalam teh kering (sampai 5%) lebih besar dibanding kandungan kafein dalam biji kopi (1 - 1,5%). Meskipun begitu, ternyata dalam minumannya, secangkir teh mengandung kafein 1/2 sampai 1/3 lebih rendah drpd dalam secangkir kopi. Info lngkap bisa baca di sini http://www.teeverband.de/texte/download/wit2-99-3.pdf

    ReplyDelete
  19. sebenernya ya banyak sihi kopi sini, cuma karna suami juga dah males minum kopi .. jadi ngga pernah beli.
    Lihat postingan ini, jadi kangen minum kopi ... hmmmm ... dah kebayang wangi khas kopi ...

    ReplyDelete
  20. wah...gak bisa nolong ina maaf...secara aq penikmat kopi sejati..
    udah berhenti aja minum kopi bisi nyaan dari kopi,ada temen yang cuma nyium bubuk kopinya aja udah lega Na....
    mudah mudah an ilang ya...deg deg an nya

    ReplyDelete
  21. Na...betul tu Aas, minum Latte Machiato aja, daku juga bikin sendiri dirumah, gampang kok.dan kalau deg2kan nyebut aja Astagfirlo ampe ketiduran kalau mau tidur, hilang sendiri tuh deg2kanya, krn aku pernah ngalamin kayak Ina.makanya sekarang minum Latte aja or Capuccino.jangan yg keras2 na minum kopi buat kita enggak bagus utk Badan n kesehatan, Udah banyak pengalaman Saudara di Jakarta, Temen2, n kakekku sendiri meninggal krn minum kopi pembuluh darahnya Pecah, dan pengalaman sendiri waktu aku ujian semester jaman kuliah jg minum kopi segelas, begadang, paginya malah kepala kesemutan sebelah,dan berdebar2 jantungnya kt dokter Stoke ringan, kalau kondisi lagi lemah jadinya Bahaya ,bukanya nakutin na, cuma ngingetin aja, jangan coba2 melebihi batas.kadang apa yg kita coba2 akhirnya suka keenakan dan ketagihan.aku saranin kalau mau minum kopi, Latte or Capucino aja ya na...yang banyak susunya.

    ReplyDelete
  22. makasih Ina:-) ...............jadi nambah ilmu deh:-)
    Sebenarnya kalau berbicara tentang teh, yg banyak banyak dibicarakan orang adalah manfaatnya bagi kesehatan dan teh banyak digunakan sebagai salah satu terapi dalam dunia kedokteran. Kebetulan kedua orang tuaku dokter, dari sejak kecil kalau aku sakit diare, sakit tenggorokan, dan beberapa penyakit lain pasti disuruh minum teh ama mama/papa........
    Sampai di jerman dokternya ali dan hausartzku juga banyak menyarankan bahkan meresepkan teh sebagai terapi untuk beberapa penyakit :-) karena kedua dokter jerman tsb beraliran nature , jadi mereka lebih suka memakai obat2an alami :-)

    Tapi, aku gak menyarankan ina untuk minum teh kok, biar bagaimana juga minum atau makan itu tergantung selera juga, ya kan?:-)

    Have a nice weekend ya na:-)

    ReplyDelete
  23. biar gak trauma na, sering-sering minum kopi. heheheh...:)

    aku sendiri gak bisa ngebedain kopi tanpa cafein dan kopi dg cafein, 2-2nya sama aja rasanya, dan juga gak ngefek utk menguatkan mata utk tidak tidur karena kalo cape mah tetep aja tidur ato ketiduran dengan ato tanpa kopi. hehehehe... tapi dulu pernah ngopi di jkt, pesen expresso kopi sulawesi, dan baru sekali itu ngerasain jantung berdebar keras gak lama setelah kopinya abis. sejak itu aku lebih hati-hati kalo minum kopi meskipun belom kapok kalo disuruh minum expresso ato double expresso.:)

    ReplyDelete
  24. iya Na.. sama, abis minum kopi pasti ada efeknya.. ya deg-degan atau mual...
    padahal dari kecil suka minum kopi walopun gak nyandu.. apalagi pas jaman ujian, dari mulai ujian cawu atau semesteran dari jaman smp sampeee jaman kuliah... kopi selalu menemani. walopun abis ujiannya langsung teler karena ngantuk :P
    yang bikin gak nahan itu .... baunya ...mmh waaangiiii...

    tapi alhamdulillah sekarang bisa dikatakan gak pernah ngopi lagi...
    kalo tiba-tiba pingin, minta ma misua diikiiiit saja..
    atau kalo misua gak lagi minum maka memori ini akan mengingat efek buruknya gimana...kalo udah ingat sakit yang di derita setelah minum kopi (alaaaah meni beurat kieu bahasana ..:P )... jadinya ya batal minum kopinya...

    kitu panginten penjelasan panjang dan simple dari si sayah ...

    berjuaaaaaaaaaaaaang....*___*
    hehehe naooon siyyy :P

    ReplyDelete
  25. btw... ayeuna gimana Na.. masih deg-degan teu?

    ReplyDelete
  26. Waduh .... jangan2 deg2an karena belum2 udah khawatir kalo minum kopi "biasa" jadi deg2an... jadinya deg2an beneran deh .......:D

    ReplyDelete
  27. Na, artikel yang Ina kirim bagus banget. Aku jadi belajar, makasih ya:-). Ada beberapa point penting yang ketangkep dari artikel itu (ku copas dari artikel ya:-)
    1. Besonderheiten der Coffeinwirkung aus Tee
    Anders als das Coffein aus Kaffee, dass zu einer schnell eintretenden, aber auch rasch wieder nachlassenden Anregung führt, bewirkt das Coffein aus Tee eine mildere Anregung, die jedoch länger anhält. Diese unterschiedliche Empfindung beim Konsumenten wird zum einen zurückgeführt auf den geringeren Coffeingehalt pro Tasse
    Tee im Vergleich zu Kaffee, aber auch auf eine gedämpftere Wirkung des Coffeins aus Besonderheiten der Coffeinwirkung aus Tee , weil es aufgrund von verschiedenen Bindungen nicht in vollem Ausmaß verfügbar
    ist.

    Coffein kommt im Tee nicht in freier, sondern in gebundener Form vor, was eine andereAufnahme und Wirkungsweise hervorruft als beim Kaffee. Im Tee ist das Coffein zum einen an Aminosäuren gebunden, zum anderen an Gerbstoffe (Polyphenole). Die Bioverfügbarkeit des Coffeins aus Tee wird in der Literatur gegenwärtig noch kontrovers diskutiert, es scheint aber so zu sein, dass der an Gerbstoffe gebundene Coffeinanteil vom Körper nicht aufgenommen werden kann, also auch keine Coffeinwirkung hat.

    Beim Kaffee gelangt das Coffein über die Blutbahn zur Nebennierenrinde, wo es die sofortige Freisetzung des Stresshormons Adrenalin fördert: Dies führt zu einer schnellen Anregung, die durch Ausschüttung von Noradrenalin (Gegenspieler zum Adrenalin) rasch wieder gedämpft wird. Die Wirkung des Coffeins aus Tee geht dagegen nicht primär von
    der Nebennierenrinde aus.

    2. Dari paragraf di halaman sebelumnya(halaman 2)
    Coffein verteilt sich rasch in den Körpergeweben in Abhängigkeit von deren Gehalt an Wasser. Im Blut wird die Höchstkonzentration 15 bis 45 Minuten nach der Coffeinaufnahme erreicht, die Halbwertzeit der vollständigen Elimination aus dem Körper liegt zwischen 3 und 6 Stunden. In der zweiten Hälfte der Schwangerschaft verdoppelt sich die Halbwertzeit. Neugeborene bzw. Säuglinge können Coffein noch nicht verstoffwechseln und müssen es unverändert ausscheiden.

    Makasih banyak Ina buat sharing artikelnya:-)
    Smoga udah gak berdegup kencang lg ya na:-)




    ReplyDelete
  28. aduh.. jadi kayak kokain.. :D
    Alhamdulllah sekarang dah gak deg2an lagi, Teh.. sibuk bgurusin yg sakit, jadi kabangbalerkeun...

    ReplyDelete
  29. Makasih, Mbak, tipsnya.. Jadi terharu nih.. banyak yg perhatian gini.. :D *geer*

    ReplyDelete
  30. Hehehe.. nyantei we sama saya mah, Hitr.. disarankan juga ridho pisan.. toh buat yg baik2 ini. Tapi memang untuk menyukai makanan sehat teh susah nya. Saya nggak anti sama Kraeutertee.. suka malah.. tapi kalau punya sendiri, jarang dibikin. Kalau di rumah orang baru minum.. :D

    Oiya, di sini memang teh variatif banget.. saya juga sempet heran pas di kursus ngebahas penyakit, sakit ini obatnya teh itu, sakit itu obatnya teh ini, dll.. Dan ternyata pas ke Supermarket atau apotik, macam2 teh kayaknya jauuuh lebih banyak drpd di Indonesia.. padahal kebonnya di sana. :D

    ReplyDelete
  31. hihihi... kayak antibiotik ya, Mbak.. lama2 tubuh jadi resistan kalau keseringan konsumsi..
    Btw, dulu pernah baca, tapi lupa dimana, ternyata dalam kopi bukan hanya terkandung kafein, tapi zat untuk menetralisir efek kafein ada di sana juga. Nama zatnya saya lupa. Nah, yg jadi masalah, kadar zat ini apakah cukup untuk menetralisir kafein?? saya gak tau.. hihihi.. info gak jelas ini mah.. peun ah..

    ReplyDelete
  32. Hehehe.. nuhun La, saya sih biasana biasa aja. gak sampe deg2an.. kemaren mah lagi drop aja kali kondisinya..
    Btw, alhamdulillah, sekarang udh gak deg2an lagi.. cuman kurleb 24 jam aja deg2annya.. :D Nuhun..

    ReplyDelete
  33. hm.. sebenarnya deg2an karena kopi juga analisis saya aja. Jadi setelah deg2an, baru nginget2 seharian tadi makan dan minum apa aja.. Pas minum kopinya sendiri gak nyadar apa2.. da biasanya gak apa2.. :D

    ReplyDelete
  34. Makasih juga, Hitri... tau aja kalau sampai saat ini saya belum sempet aja baca artikelnya dengan konsentrasi tinggi. Cuman baca halaman 1 dan sekilas halaman berikutnya. Judul2nya doank dink.. :D Anak2 masih sakit.. Ali sehat kan?? mudah2an yah..
    Dari hasil copas Hitri.. saya juga jd banyak lebih tahu nih.. ternyata kafein teh dan kopi itu berbeda.. kafein teh terikat pada senyawa lain, sehingga ngefeknya ke tubuh juga beda. Alhamdulillah.. itulah gunanya diskusi.. saling menambahkan.. saling mengoreksi.. saling ngasih tau.. jadi nambah ilmu.. ;) Makasih Hitri.. Oya, alhamdulillah saya udh gak deg2an lagi gara2 kopi.. deg2annya beda sekarang mah.. deg2an menghadapi hari2 penuh termin untuk minggu ini dan minggu depan.. Doakan yah..

    ReplyDelete
  35. Huah kopi dan teh mengerikannn buat badan gw!! Gw ngga kuat kafein .... cuman minum teh kalau lagi pilek dan kalu lagi bulan puasa. Gw cuman bisa minum yg decaff, yg herb tea .. kalau keseringan yg ada kafein, jadi susah tiduuur ... even kalaupun minumnya pagi gitu ... badan jadi tegang melulu.

    ReplyDelete
  36. kalau ga kuat jangan minum kopi atuh...makan permen kopiko aja...(di jerman ada ga ya..hehe). Kalau deg2 an gitu banyak minum air putih..aku juga pernah ko..susu kopi aja lebih mending :)

    ReplyDelete
  37. smoga nadin , maryam, cepat sembuh ya:-) kami sekeluarga masih sakit.......sampai cape makan obat, blom juga sembuh2, cuaca winter berat buat badan kayaknya....smoga kita semua cepat sembuh ya, amin

    ReplyDelete