Tuesday, February 10, 2009

Mogok lagi.. mogok lagi...

Tampaknya budaya mogok ini udah jadi ritual tiap tahun kali ya? Soalnya tahun kemaren juga ribuut pada mogok, dan tahun ini terulang lagi. Hari Selasa minggu lalu misalnya, yang mogok adalah MVG, salahsatu perusahaan yang menangani transportasi umum di Munich. MVG ini meliputi U-Bahn, tram dan bus. Sedangkan S-Bahn ada dibawah penanganan DB. Bisa dibayangkan, betapa sulitnya orang untuk beraktivitas di hari itu, tanpa 3 jenis alat transportasi seperti biasanya.

Ternyata aksi mogok ini bukanlah aksi tanpa rencana, bahkan semuanya terlihat telah diorganisir dengan sempurna. Beberapa hari sebelum mogok, telah diumumkan di koran-koran, juga di stasiun-stasiun U-Bahn termasuk di website MVG dan MVV sendiri, bahwa pada tanggal 3 Februari akan ada aksi mogok dari MVG. Di sana dijelaskan bahwa pada hari itu tidak akan ada U-Bahn dan tram yang akan beroperasi sampai dengan pukul 15.30, dan terjadi pembatasan rute untuk bus.

Kebetulan, hari itu saya sudah membuat janji dengan dokter anak untuk U8 Nadin. Janji ini tentu sudah dibuat 2 bulan sebelumnya, dimana saya belum tahu akan ada aksi mogok. Sebenarnya bisa sih janjinya digeser ke hari lain, hanya saya lupa untuk menelepon dokter 24 jam sebelum janji tersebut. Kalau dibatalkan dalam waktu kurang dari 24 jam, saya bakalan kena denda 25 Euro. Sayang banget kan?! Akhirnya Senin malam, saya coba mencari-cari informasi lebih lengkap di MVV-Muenchen.de. Dan wah.. barulah saya tau, betapa aksi mogok ini dilakukan dengan penuh persiapan.

Jadi, pada hari itu, memang U-Bahn dan Tram tidak beroperasi. Tetapi, untuk jalur-jalur tersebut disediakan bus darurat dengan rute yang lebih pendek juga. Meskipun kapasitas bus jauh lebih sedikit dibandingkan U-Bahn dan tram, tapi lumayanlah.. daripada nggak ada. Cukup menolong untuk orang-orang yang harus bekerja/sekolah tanpa kendaraan pribadi. Dan ini menjadi tanda, mereka masih peduli dengan para pengguna kendaraan umum. Bus-bus tetap jalan, tapi rutenya menjadi lebih pendek. Untuk informasi tentang rute serta bus yang masih beroperasi pada hari itu, juga terlampir dengan jelas di websitenya. Kebetulan, bus yang saya butuhkan hari itu masih lewat halte rumah saya. Jadi, kegiatan hari itu bisa tetap berjalan lancar.

Efek samping yang diakibatkan aksi mogok yang sangat kentara adalah kemacetan di pagi hari, sepinya stasiun-stasiun U-Bahn dan tram, bahkan jalan-jalan di TKnya Nadin juga dibatalkan. Pintu menuju ke stasiun U-Bahn bahkan ditutup, hal ini mungkin untuk menghindari tejadinya kejahatan di bawah tanah. Hm.. rasanya tidak enak juga ya kalau tidak ada kendaraan umum... Efek lainnya, siap-siap aja harga tiket naik lagi.. :D

14 comments:

  1. tapi mending lah Na aya pengumuman dan aya fasilitas lain pengganti..
    emut jaman sma.. jaman angkot sering mogok hiks..
    pernah jalan kaki ti SMA ka simpang...
    jalan kaki ti SMA ka karang setra.
    huhuhuh...
    sedih pisan pan?
    hikss..

    ReplyDelete
  2. hari ini giliran winterdienst yg mogok Na :-)
    btw..baru tau,kalo ngebatalin termin di dokter bisa kena denda...soalnya aku beberapa kali ngebatalin termin...ga papa tuh :-)

    ReplyDelete
  3. dah pasti,monya pemake jasa mvg kali ya yg berdemo ke mvg,tiket tiap tahun naik tapi pake mogok2 segala.mogok nya tuh cuma sandiwara buat ada alasan naikin tiket.

    ReplyDelete
  4. saya ge nuju smp mapah ti bumi (di daerah sadang serang) dugi ka sakola (jl.ambon) P-P, sanes gara2 teu aya angkot.. nanging teu aya ongkos.. langkung sedih teu?? hehehehe..

    ReplyDelete
  5. itu abisnya tuntutan mindestlohnnya di tolak pemerintah Bayern...padahal pajak dan berimbas pada harga barang naik

    ReplyDelete
  6. kalau di Augsbur minggu lalu Na. Alhasil aku ke Integrationkurs, jalan kaki..PP 2 jam:-( Lumayan olah raga:-)

    ReplyDelete
  7. iya.. makanya masih untung di sini mah. Di Indo gak ada pengumuman lagi sebelumnya.. Jadi gak ada persiapan.. hiks.. Btw, saya pernah pulang jalan kaki teu nya?? lupa euy.. Ti sakola sampe Gerlong asana mah.. Maenya sih?? asa gak percaya, hehe... kuatan pisan.. Henteu ketang, jigana saya mah minta dijemput Kang Ili (suamina Teh Ela.. hehe..)

    ReplyDelete
  8. Ini aturan juga masih baru sih di dokternya Nadin.. mungkin setahunan lah.. Dan ini khusus buat Vorsorgetermin aja, itupun kalau dibatalin kurang dr 24 jam, soalnya kan untuk ini butuh waktu cukup panjang. Gara2nya, kata perawatnya, banyak yg ngebatalin tiba2 pas hari-H, dan untuk Vorsorgetermin ini rada susah nyari waktunya, katanya.

    ReplyDelete
  9. Baru tahu nih saya, makasih infonya ya Na....

    ReplyDelete
  10. oo.. ini mah beda dokter, bisa beda aturan, Teh.. Soalnya saya juga dulu teh disuruh nandatangan surat di dokternya.

    ReplyDelete
  11. sok atuh hayuuuu.. Mpok Aas jadi motor penggeraknya.. saya siap itutan.. :D

    ReplyDelete
  12. Akang teu nyalira da.. aya nu sami jiga kitu.. :)

    ReplyDelete
  13. Sekarang mah semua-muanya pada naik.. yang turun justru gaji.. gara2 pemotongan jam kerja.. hiks.. hiks..

    ReplyDelete
  14. Waduh, Mbak... semangat sekali.. Kalau saya mah pasti lebih memilih ngempi di rumah.. :D Mudah2an kursusnya lancar ya.. Pasti udh jago nih sekarang.. ;)

    ReplyDelete