Thursday, February 5, 2009

Nadin: U8

Tak terasa, akhirnya tiba juga waktunya untuk Nadin menjalani pemeriksaan ke-8 (U8), pemeriksaan untuk anak umur 4 tahun. Rada deg-degan sebenarnya, soalnya denger dari orang-orang, tes ini agak menyeramkan. Anak banyak ditanya-tanya.. tebak gambar sih katanya.. tapi kadang ada dokter yang memperhatikan sampai ke Grammatik si anak. *Wadduh* Nadin?? jangankan grammatik.. kosakatanya sendiri mungkin dia masih banyak yang belum tahu. Saya pun tidak menekan Nadin harus tahu ini itu.. selain saya takut si anak malah jadi stress.. juga biar hasilnya alami begituu.. Jadinya saya bakal tau kalau memang ada sesuatu yang kurang dengan Nadin. Saya yakin aja, bahwa tes yang akan dilakukan nanti, akan sesuai dengan perkembangan si anak. Lagipula, saya percaya sama Nadin.. dia PASTI bisa!

Malamnya sebelum ke dokter, sebelum tidur, saya beritahu Nadin bahwa besok kami akan pergi ke dokter Capelle. Dia senang sekali, soalnya di sana banyak mainan.. :D
Saya: "besok Nadin bakal diliatin gambar sama dokter. Nadin jawab ya itu gambar apa. Oya, jawabnya pake bahasa Jerman ya.. ;)"
Nadin: "pake bahasa Indonesia aja atuh.."
Saya: "Dokter Capelle kan orang Jerman, sama kayak Fr. Voelker, jadi dia gak ngerti bahasa Indonesia. Dia cuman ngerti bahasa Jerman"
Nadin: "Oh gituu?!"
Saya: "kalau Nadin gak tau, bilang dalam bahasa Indonesia aja, nanti Mama bantuin. ok?!"
Nadin: "ok!"

Esoknya, setelah mengisi kuosioner, kami memasuki kamar periksa, pertanyaan pertama tentu saja, "Nadin bisa bahasa Jerman?" Saya jawab, "menurut guru TKnya sih bisa, Dok.. tapi di rumah kosakata yang keluar sedikit sekali". Komentar berikutnya: "ya sudah, kalau dia tidak tau bahasa Jermannya, pake bahasa ibu saja yah?!"

Tes pertama ternyata memang si tebak gambar itu. Anak disuruh melihat gambar dalam jarak sekian meter (persis tes mata) dengan sebelah mata, sebelahnya lagi ditutup dengan tangan. Setelah sekian gambar, posisi tangan ditukar. Dan.. hey.. saya benar-benar terkejut.. ternyata kemampuan bahasa Jerman anak ini benar-benar diluar dugaan saya. Dia bisa menjawab hampir semua gambar. Hanya 4 yang dia tidak bisa, babi, kunci, payung dan bulan. Saya coba bilang ke Nadin, dalam bahasa Indonesia aja. Tapi dia malah pasang wajah sebel sama saya, terus bilang ke dokternya, "Ich weiss nicht", alias 'saya tidak tahu'. Dia SAMASEKALI tidak mau menggunakan BAHASA INDONESIA di depan si DOKTER. Untuk tes nama-nama warna, dia bisa semua. Meskipun ada 4 gambar yang tidak bisa dia jawab, hasilnya cukup memuaskan sang dokter. Ibunya apalagi.. puas sekali.

Berikutnya, Nadin diminta melihat gambar 3 dimensi, lengkap dengan kacamatanya. Gambar itu sebuah lalat, dimana Nadin harus menunjukkan kedua sayap lalat tersebut.

Setelah itu, seperti biasa, buka baju untuk ditimbang, diukur tinggi badan dan lingkar kepala. Kemudian Nadin disuruh berdiri dengan satu kaki, bergantian. Lalu loncat dengan sebelah kaki. Dokter juga sempet nanya:
- apakah dia tidur malamnya tenang? atau masih suka nangis?
- apakah dia bisa makan sendiri, dengan sendok/garpu?
- apalagi ya?? hm.. lupaa..

Terakhir, Nadin diperiksa kondisi badannya, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Lalu tanya jawab antara saya dengan dokternya, kalau-kalau ada yang saya khawatirkan dari Nadin. Saya cuma khawatir sama amandelnya. Tapi ternyata normal. Selesai sudah semuanya.. dan alhamdulillah kondisinya okeh semua. Ternyata.. cuma itu aja?! :D

30 comments:

  1. Waduuuuuuh Nadin hebat :)
    SAmpe sekarang Nadia blom bisa bicara kalimat. Kemaren ke dokter buat chek up 3 thn, walo udah telat he3, ya gitu sama tes mata pake kacamata. Nadia jawab sambil malu2 ga pede, ampir smuanya ketebak campuran inggris belanda. Tapi saat disuruh melakukan apa yg dicontohkan dokternya, Nadia ga mau. Bulan depan balik lagi ke dokter buat tes mata karena Nadia ga bisa tebak gambar terkecil. :(
    Jadi worid nih, 9 bulan lagi Nadia 4 thn...duuuuuuuuuuh kalo masih blom bisa ngobrol mah.... hikhikhik. SAmpe aku cerita sama dokternya, trus dokternya mo nelpon skolahnya NAdia, biar NAdia lebih sering diajak ngobrol, soalnya temen2 sekelasnya udah pintar berkicau hi3.

    ReplyDelete
  2. Nadin pinteeer..:), ga berasa memang ya na, tau2 dah pada gede ajah..
    inget waktu tahun lalu Hamzah U8, sama tuh ga mau pake bahasa indo dia..;))

    ReplyDelete
  3. ngak diajak turnen ya na` sama dokternya seperti berjalan lurus disatu garis dan melompat dgn satui kaki di satu garis lurus terus memainkan jari jemari,ternyaza beda dokter beda pula cara penanganannya ya?

    ReplyDelete
  4. Tenang, Na...Nadin pinter gitu loh. Lagian tiap dokter bisa beda. Ada yang rajiin sampai detil, ada yang garis besarnya aja.

    ReplyDelete
  5. ceuceu Nadin hebat..emang Na anak perempuan mah untuk soal kemampuan berbahasa mah suka lebih cepat dan baik dari anak laki..

    ReplyDelete
  6. Kalau Nadin diperiksa di usia 3 tahun, bisa jadi masih sama kayak Nadia. Untungnya di sini pemeriksaan untuk anak 3 tahun tergolong baru, jadi belum semua asuransi mau nanggung. Asuransi hanya nanggung yang aturan lama (diantaranya dr 2 tahun ke 4 tahun). Jadinya dokter juga tidak mewajibkan, soalnya untuk beberapa asuransi, si pasien harus bayar sendiri. Tenang aja lah, Teh... Nadia pasti bisa kok dalam 9 bulan ngobrol dalam bahasa Londo.. ;)

    ReplyDelete
  7. Kalau katanya temen, ini tandanya si anak udah bisa menempatkan dimana dia harus bicara bahasa A dan dimana harus bicara B. ;)

    ReplyDelete
  8. iya, Mpok, begitulah.. Mungkin dokternya Nadin gak terlalu detail ngetesnya.. yang penting-pentingnya aja.. Bisa jadi juga karena pasien ngantriiii.. waktunya jadi mepet. Lagi musim sakit lagi ya sekarang??? Udah dua hari, dokternya Nadin penuh terus..

    ReplyDelete
  9. Pada umumnya begitu ya, Teh?! tapi kadang ada kekecualian juga.. :D Ponakan saya yang perempuan ada yang baru bisa bicara jelas umur 4, ada juga ponakan laki yang sudah pandai berdebat umur 2 tahun.. Mereka dua2nya di Indonesia. Nah, faktor lingkungan juga tampaknya mendukung.. soalnya kemampuan bicara Nadin dan Fawwaz (beda satu tahun, tuaan Nadin) hampir sama.. bahkan kayaknya lebih lancar de Fawwaz deh.. :D

    ReplyDelete
  10. Iiih Nadin meni pinter bahasa Jermanya..
    ateu Murti kalah niy.. :p
    tapi tetep.. ada "atuh"nya. Hehe..

    Saya mah pake basa "Jerman" we lah.. (alias basa sunda)

    ReplyDelete
  11. yoi Na,dimana2 dokter penuh pasien nih kemare aku bawa ketiga ankku walah ngantrinya lama buanget padahal dtg pertama, wartezimmer penuh:)
    btw nadin sekarang dah 4 th ya selamat ulang th ya moga jadi anak yg solehapintar dan sehat selalu..:)

    ReplyDelete
  12. Na`periksa diusia tiga th U7 kan Na´?
    apa nadin ngak melaksanakan U7?
    Dokterku pernah wanti2 sama aku,utk U7 ini jangan sampai lewat batas waktu,masalahnya kl lewat asuransi ngak mo nanggung. ya jd jauh2 hari aku dah bikin termin gitu dr pada lupa dan kelewat..:)

    ReplyDelete
  13. Nadin juga insyaAllah ngerti bahasa 'Jerman'. Eta kosakatana sok kaluar oge kadang-kadang.. Misalna pas lagi nonton, Maryam ngalangin, dia ngomongnya pasti begini, "Maryam.. awas.. Nadin teu katingalieun..".

    ReplyDelete
  14. anak2 lagi sakit juga, Mpok?? Nadin Maryam juga, jadinya di minggu ini, Nadin cuma masuk TK sehari doank.. :D
    hehehe.. ulang taun tepatnya sih belum, Mpok.. bentar lagi.. tgl 17 nanti. Tapi makasih doanya.. ;)

    ReplyDelete
  15. bukan, U7 itu yang usia 2 tahun. Kalau yang 3 tahun namanya U7A. Itu kata dokternya baru, baru dicanangkan pas Nadin melakukan U7 (2 tahun lalu). Tapi asuransi yang mengcover pemeriksaan ini cuma SBK dan apa ya?? lupa.. Tapi gak tau juga perkembangannya saat ini. Yang pasti, tahun lalu pas aku nanya ke DAK (asuransiku), mereka belum nanggung untuk U7A.

    ReplyDelete
  16. thanks for sharing ya na........:-) u7a sekarang udah dicover sama semua asuransi di jerman, beberpa bulan yg lalu dpt selebarannya di tempat praktek dokternya ali................sayang ali umurnya udah 3,5 thn waktu itu, jadi kata dokternya udah lewat 3 tahun gak usah u7a, sekalian aja u8 ntar pas 4 thn

    ReplyDelete
  17. bener tuh kata pok Aas...laen dokter laen juga tesnya...steffie waktu itu disuruh loncat loncat satu kaki,trus jalan disatu garis lurus..trus gramatiknya juga diperhatiin,steffie dikasi liat gambar misal 1 kucing,trus gambar 3 kucing...hehehe...

    ReplyDelete
  18. waaaaaaaaaahh.... harusnya Nadine tebak pahe Bahasa Indonesia aja yaaaah.... tp bagus koq Mbak... apalagi udh ngerti Bahasa Jerman

    ReplyDelete
  19. na, kuesionernya itu kuesioner apa ya na?

    ReplyDelete
  20. yoi,bahkan azziza dan farah disuruh menggambar orang,dr hasil gambar anak2ku ketahuan oleh drnya kl anak2ku kebanyakan nonton tv dirumah.
    kemudian diberi gambar yg lebih dr 1 dan disuruh menghitung.dan dokter menyarankan agar aku melatih azziza menghitung dari 1 s/d 5.

    ReplyDelete
  21. Makasih infonya, Hitri. Alhamdulillah deh kalau gitu, berarti Maryam nanti pasti harus ngelakuin U7A ini.

    ReplyDelete
  22. Oh.. Lucky Nadin.. :)
    Dokternya Mbak udh jutek.. teliti lagi.. :D hebat!

    ReplyDelete
  23. Kayaknya karena malamnya udh dibilangin pake bahasa Jerman, dia jadi gak mau pake bahasa Indonesia.. :)

    ReplyDelete
  24. Semenjak Maryam lahir, setiap melakukan Vorsorge kita diberi lembar pertanyaan seputar perkembangan si anak yang sesuai dengan usianya saat itu. Dulu waktu Vorsorge terakhir Nadin mah belum ada. Jawabannya kalau yg kemaren milih, benar atau tidak benar. Kadang jawabannya (yg Maryam dulu) sering, kadang-kadang, dan jarang. Misalnya yg kemaren mah:
    Apakah anak bisa makan sendiri?
    apakah anak makan sambil bermain dan berlari2?
    Apakah anak takut kepada orang asing?
    Apakah anak bisa bergaul dengan anak lain yang asing di Spielplatz? dll..
    3 lembar lho.. serasa ngisi lembaran teroris tea.. eh, itu mah lebih banyak dink.. :D

    ReplyDelete
  25. wah, asyik banget nih Mpok.. jadi kayak Psikotest.. :D

    ReplyDelete
  26. wah selamat .... kadang2 "kepandaian" anak2 memang sering di luar dugaan, seringnya sih kayanya kita yang under estimate ya.....

    ReplyDelete