Friday, February 27, 2009

Tilapia (Buntbarsch)


Description:
Saya mencicipi ikan ini untuk pertama kalinya di rumah seorang teman, dalam pertemuan perdana kami. Rasanya enak sekali, dengan daging tebal tanpa duri sedikit pun. Sepertinya ikan ini sejenis ikan dorado atau gurame, dimana durinya hanya terletak di bagian tengah saja.. tidak menusuk-nusuk sampai ke tengah daging. Dan ternyata, setelah lihat gambarnya.. memang penampakan ikan ini mirip dengan gurame.

Suatu waktu, saya mencari ikan untuk membuat Siomay pesenan si Akang. Seperti biasa, saya cari ikan paliiiing murah, si Alaska Seelachs tea. Dan ternyata ikan tersebut tidak ada. Yang ada hanya ikan-ikan mahal kayak Kabeljau dan kawan-kawannya yang harganya hampir 4 kali ikan yang akan saya beli. Tapi tiba-tiba mata tertuju ke ikan Tilapia, langsung teringat sama Mbak Santi yang mengenalkan saya sama ikan ini. Lihat harganya.. masih masuk akal.. langsung ambil aja.. Dan ternyata hasil siomaynya juga beda ya kalau ikannya enak mah.. hehehe... Semenjak itu, sejak saya tau dimana harus beli ikan Tilapia, saya suka beli ikan itu, dimasak persis ketika sama memakannya untuk pertama kalinya.

Sampai suatu hari, ketika tiba-tiba saya tidak punya waktu untuk memasak, saya berencana membeli fillet ikan yang udah ditepungin gitu di Supermarket, tinggal goreng aja (bukan Fischsatebchen). Ternyata si ikan tersebut mengandung E 471, jadinya gak jadi saya beli. Tapi gimana.. air liur sudah hampir menetes membayangkan makan ikan nanti malam. Akhirnya saya ambil fillet ikan yang disebelahnya.. yang ternyata.. ikan Tilapia (Buntbarsch). Dan setelah masakannya jadi, baru nyadar, kalau saya teh bikin Schnitzel.. hihihi.. Tapi anak-anak lahap bener makan ikan ini... apalagi bapaknya... :D

Ingredients:
6 potong Tilapia fillet (bisa diganti sama ikan lain sih, bahkan sama ayam/kalkun/daging)
1 buah telur, kocok lepas
terigu secukupnya
tepung panir secukupnya
garam, merica, bawang putih

Directions:
1. Bumbui ikan dengan garam, merica, bawang putih atau tambahan bumbu lain sesuai selera. Biarkan beberapa saat.
2. Panaskan sedikit minyak di wajan.
3. bolak-balik ikan berbumbu di dalam terigu.
4. celupkan ke dalam kocokan telur
5. baluri dengan tepung panir
6. goreng sampai coklat keemasan.

17 comments:

  1. Ina ikan tilapia itu ikan Mujair makanya dilidah kita cocok,
    tapi Na`masih lebih mahal dari rotbasch ya?

    ReplyDelete
  2. duuuh Ina nuhun, terus terang di online shop teh sok aya nu nawiskeun Tilapia beku..tapi teu terang lauk naon eta teh...Nuhun pisan info na..heheuy jiga gurame..

    ReplyDelete
  3. Iya, kayaknya tilapia teh mujair ya, Na...
    Kalau di sini filletnya di sayat tipisan, siram perasan jeruk, taburi garam meja, taburi merica dari Mühle, diamkan. Terus celup ke telur kocok dan digulingkan ke roti tawar yang diblender. Salah satu cara ngabisin roti tawar kalau udah mau keburu kadalu:-D

    ReplyDelete
  4. ada yg lebih enak Na...nanti saya review yah..

    ReplyDelete
  5. Eh, iya bener dink... Mujair.. bukan gurame.. :D Tapi emang mujair ama gurame mirip kan, Mpok.. dari segi durinya.. trus kalau gak salah sama2 ikan berbibir tebal.. :D Tfs, Mpok.. Emang Rotbarsch berapaan?? hampir sama aja perasaan.. hihihi.. perasaannya Ina gitu?!

    ReplyDelete
  6. Wah, atuh, teteh.. ini masaknya udh berminggu2 yang lalu... Aku teh males banget ngapdet pojok resep.. da perasaan masakan aku mah gitu2 aja.. gak ada yg istimewa.. Tapi kemaren ada yg ngingetin.. dan yah.. akhirnya di update lagi deh, minimal buat catatan pribadi.. :D Thanks to Teh Iyut.. :*

    ReplyDelete
  7. Enak sih, Teh.. terutama buat anak-anak... soalnya teu aya cucukan. Kadang kan aya fillet nu masih aya cucuk hiji dua mah. Tapi ternyata bukan gurame dink.. lebih deketnya ke mujaer katanya.. Nu penting enak dan murah..

    ReplyDelete
  8. Iya, bener, Mbak..
    Wah, makasih alternatif resepnya.. nyobain bikin Schnitzel pake roti tawar.. Perasaan Mbak Echa pernah ngomong sih.. tapi roti tawar di sini gak pernah kadaluwarsa.. soalnya jadi cemilan setiap saat.. :D

    ReplyDelete
  9. Sok mangga, diantos.. Mudah2an teu awis.. :D

    ReplyDelete
  10. kayaknya abis itu digoreng, Mpok.. kayak Schnitzel.. tapi coba kita tunggu jawaban Mbak Echa.. ;)

    ReplyDelete
  11. 1 kg sekitar 5€.
    mujair dan gurame beda Ina,mujair keluarga cichlidae (ikan Oscar) und gurame keluarga anabantoidae (ikan cupang)
    hati2 loh jangan kebanyakan makan ikan hasil Aquacultur,ngak sehat.kecuali bio kali ya?

    ReplyDelete
  12. wah, hihihi... susah deh ngomong sama pengamat binatang.. dasar akunya juga yg gak suka biologi dr dulu kalii.. :D:D.. Makasih, Mpok.. Btw, Mpok Aas dulu guru biologi bukan??
    Iya sih, mahalan Tilapia dikit..

    ReplyDelete
  13. iya Na`tingkat Madrosah Ibtidaiyah hehehe...
    kl masalah perikanan mah kan emang kawin ama master Ikan hehe...
    dan kebetulan juga hobinya sama tanaman dan tumbuhan apa lagi yg exsotik.

    ReplyDelete
  14. cocok deh ya, Mpok.. ama si bapak.. ;)

    ReplyDelete