Friday, May 8, 2009

Baby Utun: Kontrol kelainan jantung

Pada pemeriksaan Praenatal Diagnostik yang lalu, dokter R menganjurkan untuk kembali melakukan pemeriksaan pada usia kandungan 28 - 30 minggu. Waktu itu, saya menyebutkan kalau salah satu keponakan saya ada yang terlahir dengan kelainan jantung  bawaan. Sebenarnya saya sudah menolak ke dokter kandungan saya untuk tidak melakukan pemeriksaan ini.. hanya karena saya males bikin janjinya.. hehehe.. dan khawatir harus bayar sendiri, resikonya juga hanya 4% saja. Tapi ternyata dokter F menjelaskan kembali, bahwa itu adalah basisrisiko, maksudnya setiap wanita hamil mempunyai kemungkinan anaknya mengalami kelainan jantung bawaan sebesar 4%. Seandainya di keluarga sudah ada yang seperti itu, tentunya resiko yang dihadapi oleh saya lebih besar lagi. Dan selama saya membawa surat transfer (Überweisungschein) dari dokter F, maka saya tidak harus bayar sendiri.

Setelah membuat janji sebulan yang lalu, akhirnya hari Senin yang lalu saya bertemu kembali dengan dokter R. Pemeriksaan kali ini agak berbeda dengan sebelumnya, dimana saya tidak boleh meminyaki/memberi krem pada permukaan perut 5 hari sebelum pemeriksaan. Dan terus terang.. ini cukup menyiksa karena harus menahan gatal.. :D Untungnya kali ini tidak usah. Kali ini tidak ada lagi wawancara, saya langsung melakukan CTG selama 30 menit.. sampai ketiduran.. :D Setelah itu baru bertemu dengan dokternya.

Awalnya saya pikir, pemeriksaan kali ini akan berjalan lebih singkat, karena dokter hanya akan melihat kondisi jantung si anak saja. Ternyata tidak.. Pemeriksaan tetap lama.. Kondisi bayi dari luar sampai dalam, dari ujung rambut sampai ujung kaki tetap diperiksa. Hanya memang tidak sedetil yang dulu, dan jantung memang diperiksa lebih teliti.. karena pada pemeriksaan sebelumnya masih belum kelihatan jelas. Hasilnya alhamdulillah baik.. jantungnya normal. Kondisi fisik yang lain juga normal, beratnya sekarang sudah 1194 g (hm.. hampir 200 g dalam seminggu?? gede juga..).

Anehnya dokter R tidak menyambit-nyambit tentang kondisi plasenta saya yang sangat dikhawatirkan oleh dokter F. Akhirnya saya bertanya, dimana posisi plasenta sekarang? Menurutnya, plasenta saat ini ada di atas belakang. Heh?? bukan di bawah, Dok?? Tepat seminggu sebelumnya, dokter F menyatakan saya mengalami Placenta Previa. Dokternya sendiri heran, maka untuk meyakinkan, dia mengganti alat menggunakan USG bawah. Dari situ kelihatan kalau jalan lahir masih tertutup, jarak antara Plasenta dengan mulut rahim lebih dari 3 cm, cukup jauh. Dan ini tidak termasuk Placenta Previa, katanya. Alhamdulillah.. berarti dalam seminggu saja, Plasenta sudah mulai bergeser menjauhi mulut rahim. Alhamdulillah.. :)

Oiya, berhubungan dengan ukuran perut yang semakin membesar, ternyata ada yang berubah juga dengan kebiasaan Maryam. Akhir-akhir ini dia senang sekali melingkari perut besar ibunya sambil menghujaninya dengan ciuman.. "Sayang Utuuun.." dengan mulut manyunnya.. :D Terlebih ketika dia bete dan sedih karena habis berantem dengan kakaknya, dia bakal langsung memeluk adiknya (yg masih di dalam perut tentu saja).. sambil mencium-ciuminya.. lucuu.. :D
 

23 comments:

  1. alhamdulillaah...
    tinggal 9 mingguan lagi ya, Na?

    ReplyDelete
  2. Allahmdulillah.
    Semoga lancar ya...
    Sempet kaget baca judulnya :)

    ReplyDelete
  3. aduuuuuh.... ngeliat si utun jadi kepingin.... (lagi)....

    ReplyDelete
  4. Babynya mirip maryam ngga siiiiih? Jadi sekarang udah oke semua nih yaa ... mudah2an lancar2 terus ya Na :D.

    ReplyDelete
  5. Bentar lagii!! d tnggu kelahirannya.. :)

    ReplyDelete
  6. ayoo maryam, tar beneran disayang adeknya ya :) mirip saha nya ieu teh? hehehe

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah...sing lancar...dan baik-baik ya...n jaga selalu kondisi badan n utunnya...jadi ga sabar pengen liat utun...

    ReplyDelete
  8. Ina, placenta previa itu apa? dan resikonya apa? aku blm USG lengkap menyeluruh itu, br ntar akhir bulan ini. Tp waktu USG pertama kali, dibilang placentaku di dinding belakang rahim. Something good or not?

    ReplyDelete
  9. sekitar itu, Mbak.. Minggu ini menginjak minggu ke-30. ;)

    ReplyDelete
  10. hayu atuh, Mbak.. nambah.. satu.. dua.. atau tiga lagi?? :D

    ReplyDelete
  11. Setelah dilihat-lihat... iya juga ya? dan yg ngomong gini bukan cuma Mbak.. :D
    Mudah2an begitu, Mbak..

    ReplyDelete
  12. masih lebih dr 2 bulan kok.. sabar.. sabar.. :D

    ReplyDelete
  13. Mudah2an we sing nyaah beneran nya.. :D
    Kata orang2 mah mirip sama Maryam.. :D

    ReplyDelete
  14. amiin.. makasih doanya, Mbak.. :)

    ReplyDelete
  15. Amiin... iya, sama.. yg di rumah dan aku sendiri juga gak sabar sebenarnya.. Tapi mesti sabar dulu nih.. Jangan sampai keluar dlm waktu dekat ini.. Ntar aja kalau udh waktunya yah.. ;)

    ReplyDelete
  16. Placenta previa itu posisi placenta ada di bawah, lebih depan daripada bayi. Ada beberapa macam, yang total menutupi jalan lahir, ada yang menutupi sebagian, ada yang tepinya saja ada di mulut rahim, ada yg jaraknya dekat sekali dengan mulut rahim. Resiko paling besar: pendarahan saat melahirkan.. bahkan bisa terjadi sebelum kelahiran terjadi. Dan rata2 tidak bisa melahirkan normal. Untuk lebih jelasnya baca postingan sebelumya http://tmartiana.multiply.com/journal/item/145/Baby_Utun_Catatan_7_--_Placenta-Previa klik sumbernya, itu artikelnya lengkap dan jelas.

    Btw, kalau posisi plasenta belakang rahim mah, selama gak menutupi jalan lahir, kayaknya gak apa2. Ntar tanya aja ke dokternya ya, Put.. ;)

    ReplyDelete
  17. lahir sommer dunk nih....ga kayak nadin ama maryam :-)

    ReplyDelete
  18. Wah, si Mbak meni perhatian.. *geer*
    Bener banget nih.. bakal jd pengalaman baru.. blom pernah punya anak Sommer soalnya..

    ReplyDelete
  19. ina, mudah2an lancar nya.....jadi kabita, ningali gambar utunnya :D sok sing lungsur langsar sadayana...amien...sun tebih kanggo nadin + maryam

    ReplyDelete