Thursday, May 21, 2009

berapa.. berapa tahun??

Semenjak Nadin masuk TK, dia mulai mengenal yang namanya ulang tahun. Sebelumnya?? tidak.. :D Sampai saat ini, sudah dua kali dia merayakan ulang tahunnya di Kindergarten.. ini juga karena wajib, bukan semata-mata keinginan kami. Sejak ini pulalah, dia mulai mengenal lebih dekat kata tanya 'berapa'. Karena berhubungan dengan umur, tentu saja pertanyaannya menjadi 'berapa tahun?'. Dia mulai menanyakan umur-umur anggota keluarga di rumah.

Nadin: "Kalau Nadin 4 tahun, kalau Maryam berapa tahun, Mama?"
Mama: "2"
Nadin: "Oo.. kalau Mama?"
Mama: "28"
Nadin: "O.. 28.. kalau Papa berapa tahun?"
Mama: "30"
Nadin: "Oooo.. kalau Papa ulang tahun, lilinnya banyak sekali ya?!"

hihihi.. maklum, kalau ulang tahun di Kindergarten, lilinnya bukan lilin angka, tapi lilin satuan yang jumlahnya disesuaikan dengan umur.

Gara-gara suka nanyain umur, segala pertanyaan 'berapa' selalu menjadi 'berapa tahun'. Misal saat naik kendaraan umum (bus, tram, U-Bahn ataupun S-Bahn), yang dia tanya pasti, "Mama, berapa tahun naik busnya?" maksudnya sih berapa halte... atau "Mama, berapa tahun bebeknya?" maksudnya sih berapa biji.. dan berapa-berapa yang lain.. Aneh juga sih, padahal dia sudah mengenal berhitung jauh sebelum mengenal ulang tahun. Jadi seharusnya sudah mengenal kata 'berapa' lebih dulu daripada 'berapa tahun'. Tapi mungkin yang paling berkesan untuknya memang kata 'berapa tahun' itu, makanya paling nempel di kepala.

Sekarang Nadin udah mulai mengerti. Pertanyaan 'berapa tahun'nya tidak sesering beberapa bulan yang lalu. Tapi juga belum tepat untuk setiap pernyataan. Kalau dia bingung, biasanya pertanyaannya menjadi 'berapa' atau 'ada berapa'.

Kalau Maryam lain lagi, kata tanya berapa-nya jadi 'siji apa?'. Awalnya sih bingung.. ini kata maksudnya apa? ternyata ini adalah pertanyaan 'berapa'. Entahlah berasal dari kata apa.. 'sabaraha hiji?' atau 'berapa biji?'.. ah.. kayaknya dua2nya juga kebalik.. :D

5 comments:

  1. hehehe,...kinder2 kl mereka dah besar kita akan merindukan saat2 ini ya Na

    ReplyDelete
  2. Bwt nadin+maryam.. Pas uda gedhe ntar, jgn lupa buka crta2 mama yah.. Pasti kalyan bkal ktawa2 trus ksi cium k mama sambil bilang "makasi mama, mmuaaahh..." *krn mama uda nyempatin posting knangan2 masa kecil nadin+maryam dsni :D

    ReplyDelete
  3. hhihihiii lucuuu.. seneng bacanya ;)
    perkembangan2 anak2 seperti ini memang sangat menarik diikutin :)
    share terus yaa..

    ReplyDelete
  4. Nadin dan Maryam makin lucu aja...maknya bakalan sibuk dong ngomentari celotehan para bocah ;-)

    ReplyDelete
  5. si mamah lucu....eeeh....kaka nadin lucu ;-)

    mama nadin, damaaang? sono euuuy
    *nangkeup heula ah :-D

    btw mun salah ngomong gitu mama ralat gak?

    ReplyDelete