Thursday, July 29, 2010

bersyukur normal

Kemarin, ketika saya akan menjemput anak-anak dari sekolah, tiba-tiba saja saya dipanggil oleh seorang ibu. Saya kenal ibu itu, dia adalah salahsatu ibu-ibu dari Kindergarten yang sama dengan anak-anak saya. Dan saya juga tahu kalau belum lama ini, ibu itu baru saja melahirkan anak keduanya. Saya pun menghampiri si ibu tadi, dan ternyata dia meminta bantuan menurunkan Kinderwagen (kereta bayi) dari beberapa buah anak tangga. Sayapun dengan senang hati membantu, sebagai seorang ibu berkinderwagen juga, tentunya saya merasakan apa yang dia rasakan ketika perlu bantuan.

Sambil jalan, dia bercerita bahwa dia melahirkan dengan jalan operasi, makanya dia tidak boleh mengangkat-angkat yang berat dulu sampai 6 bulan. Dan setiap hari saat harus menjemput anak pertamanya, dia selalu menunggu orang di depan rumahnya untuk membantunya menurunkan kereta bayi seperti tadi. Kadang sampai 20 menit dia harus menunggu sampai menemukan orang yang mau membantu.

Mendengar ceritanya, saya kembali bersyukur diberi kemudahan oleh Allah swt, untuk melahirkan ketiga anak saya dengan normal. Dengan kondisi saya yang lebih cepat pulih waktu itu, saya jadi tidak bergantung pada orang lain saat akan keluar rumah.

Sudah sering sebenarnya saya mendapatkan cerita dari teman-teman, kelebihan melahirkan normal dibandingkan dengan operasi. Untuk melahirkan normal, memang kita akan merasakan sakitnya kontraksi yang luar biasa, tapi tubuh kita bisa pulih kembali dalam waktu yang tidak lama. Misalnya saya (ketiga anak saya lahirnya pukul 10 pagi semua :D), setelah melahirkan, sore harinya sekitar pukul 15.00 sudah bisa bangun dari tempat tidur sendiri, pergi ke toilet sendiri, mengganti popok bayi sendiri. Sedangkan teman sekamar saya yang dioperasi, di hari pertamanya setiap kali akan ke toilet dan mengurus bayi selalu memanggil perawat. Dan kata teman-teman saya, sakitnya bekas operasi masih akan terasa, bahkan sampai setahun setelah melahirkan. Ya Allah.. makinlah saya bersyukur akan kemudahan yang Engkau berikan.

Nah, makanya untuk para calon ibu, jangan karena takut menghadapi sakitnya kontraksi, cepat-cepat mengambil keputusan untuk dioperasi. Sakit yang luar biasa nyeri itu akan serta merta sirna ketika melihat sang buah hati. Percayalah.. ;)

6 comments:

  1. did ieu mah memang wajib bergerak setelah melahirkan normal Na..
    alhamdulillah diberikan kemudahan ut melahirkan normal ya Na, soalnya banyak jg yang pingin normal tapi ternyata gak bisa :(

    ReplyDelete
  2. bener mba, anak ke 2ku di operasi krn aku pendarahan, aku lbh cepet sehat waktu lahiran anak pertama.. blm lagi luka bekas operasinya bikin nyeriiiiiiii

    ReplyDelete
  3. iya na..kita harus banyak bersyukur..kasus orang melahirkan itu emang beda beda...teman aku yang operasi juga ada yang cepet...aku melahirkan normal tapi sembuhnya lama..karena ada beberapa kasus...memang semuanya tidak sama...makanya aku setuju kalo kita harus banyak bersyukur ama telah kita alami...banyak berdoa juga membantu sekali..:)

    ReplyDelete
  4. betul, La.. makanya harus banyak2 bersyukur ;)

    ReplyDelete
  5. tuh, mbak Dina udh nyobain langsung dua-duanya.. Temenku jg cerita begitu, mbak.. katanya sakit setelahnya lama ya?!

    ReplyDelete
  6. mudah2an uwa yg kedua mah lancar bin gampang yah... ;)

    ReplyDelete