Friday, April 11, 2008

Indonesia, Miniatur Dunia

Semenjak saya tinggal di luar negri, saya mendapatkan pengalaman baru untuk melihat lebih dekat keragaman manusia. Masih ingat kan ada 5 macam ras manusia di dunia ini, katanya Wikipedia nih:
  • Ras Khoisan (orang Bushmen atau Hottentot dari Afrika Selatan)
  • Ras Australoid (orang Dravida, orang Asia Tenggara "Asli", orang Papua, dan orang Australia)
  • Ras Negroid (Kulit Hitam)
  • Ras Kaukasoid (Kulit Putih)
  • Ras Mongoloid (Kulit Putih)
Di sini saya berkesempatan untuk bergaul lebih dekat dengan mereka, karena ternyata di Jerman sini banyak sekali pendatangnya. Terutama ketika ikut kursus bahasa, saya bahkan berkesempatan untuk ngobrol dan lebih mengenal budaya mereka.

Tapi kemudian, saya baru ngeh waktu itu.. kalau sebenarnya orang-orang asli Indonesia pun beragam, dari yang putih.. sampai yang hitam.. ada. Dari yang bermata sipiiit.. sampai bermata belo.. juga ada... Dari yang berambut lurus sampai keriting.. banyak... Terlepas apakah rasnya memenuhi kelima yang tadi atau tidak.. Tapi saya melihat keragaman itu.. tak ada bedanya seperti keragaman di dunia ini.. Dan setiap kali saya disuruh bercerita tentang negara saya.. selalu saya katakan dengan bangga bahwa Indonesia adalah miniatur dunia ..

10 comments:

  1. miniatur orang-orang nya.... ^_^,
    Tapi negara kita yang katanya kaya raya itu, kekayaannya yang aslinya mini juga ya Na ya???

    ReplyDelete
  2. bener.. jadi mini karena kebanyakan dikeruk bangsa lain :D

    ReplyDelete
  3. indonesia memang banyak ragamnya ... dari warna kulit, bahasa, budaya ...
    *tetap bangga dengan bangsa indonesia

    ReplyDelete
  4. ... dan bersyukurlah di Indonesia, kita pakai satu bahasa. Di singapura dan di malaysia, pakai empat bahasa kemana-mana :-) Karena asas di kedua negeri ini adalah perkauman ... ada kaum cina, melayu, india. Orang cina merasa ada cina dari utara, cina dari selatan, cina taiwan, cina hongkong. Demikian juga orang India yg punya beragam budaya dan tidak mudah gaul antar sesama, krn ada dari utara, selatan.

    ReplyDelete
  5. eh iya.. baru2 ini jg aku ditanya sama orang jerman di sini.. dia heran ngeliat salah satu org Indonesia di sini yg kulitnya gelap.. sedangkan aku terang.. :)

    ReplyDelete
  6. oo.. gitu ya, Ni??? Hm.. repot juga ya?!
    Jadi inget beberapa waktu lalu di Rosenheimerplatz, ketemu Orang India muslim SIngapur.. (duh meni panjang ya namanya?!). Dan dia ngobrolnya bahasa Melayu.. Dah lama gak ketemu orang Awak, katanya.. eh, bener gitu ya orang Awak nyebutnya?! Aku pusing, kirain awak = saya. Ternyata Awak = kamu ya?!

    ReplyDelete
  7. hihihi.. belum tau dia.... coba kalau diajak ke Indonesia, bakalan pusing dia menentukan orang Indonesia rasnya apa, hehehe...

    ReplyDelete
  8. tul!! miniatur orang2 nya juga budaya nya.
    Emang aneh tapi nyata ya, Indonesia kita tercinta ini.......selalu adaaaaa aja yang bisa bikin kangen buat dicerita-in:)

    ReplyDelete
  9. betul... Makanya sebenarnya Indonesia teh bukan cuma kaya akan SDA-nya aja.. tapi segala-galanya... sayang kalau dibiarin gitu aja...

    ReplyDelete