Thursday, June 19, 2008

terkurung di luar rumah

Ah..kejadian ini terulang lagi... Sadar itu baru datang ketika pintu rumah.. bluk.. menutup... Dan saya selalu dalam keadaan tidak siap. Dulu di rumah lama, saya dan Nadin mengantarkan teman yang akan pulang.. ketika akhirnya angin menarik pintu rumah kami. Dan... kami pun terkurung di luar rumah, tanpa alas kaki... tanpa uang... tanpa segalanya... Untunglah si teman saya itu masih di depan lift, jadi dia meminjamkan HPnya untuk menelepon si Akang... dan si Akang pun kantornya hanya 10 menit saja dengan bersepeda. Jadi semuanya selesai dengan mudah.

Tapi.. hari ini.. peristiwa serupa terjadi ketika saya dan Maryam mau mencuci ke Basement... Padahal saya tidak buru-buru... juga tidak karena mengejar Maryam yang lari keluar.. dengan tenang saya menutup pintu. Begitu tutup... waks.. kunci rumah ketinggalan di dalam... Gak bawa HP.. gak bawa uang.. hanya koin yang akan saya gunakan untuk mencuci.. 6 buah koin 20 sen. Nyuruh si Akang pulang... gak mungkin... karena jarak kantor-rumah sekarang menghabiskan waktu 45 menit. Kalau dia pulang, PP, waktunya terbuang 1,5 jam. Menghabiskan waktu di rumah teman (Indonesia) terdekat juga tidak mungkin... uangnya gak cukup buat beli tiket, meskipun cuma sejalan... Satu-satunya jalan, minta tolong tetangga...

Ting nong... ting nong... Entah berapa pintu yang saya bel, tak kunjung membukakan pintu.. Sampai akhirnya saya sampai di lantai terbawah, si ibu yang ramah dan baik hati ini membukakan pintu... Senyumnya... yang selalu saya temukan saat memandang beliau... menyambut saya dengan hangat. Saya langsung menceritakan permasalahan saya, dan beliau mengajak saya masuk untuk menunggu sampai suami saya pulang, katanya... Wuaduh... seharian donk, Bu... karena saat itu baru jam 10 pagi. Dia bilang bahwa saya harus memanggil tukang kunci, dan itu harganya sangat mahal... Saya minta izin untuk menelepon Hausmeister (pengurus rumah), siapa tahu dia bisa membantu. Si ibu dengan baiknya mencarikan no telepon dan sekaligus minta si Hausmeister datang ke sini. Karena kasusnya hanya pintu tertutup, bukan terkunci... dan dipintunya ada lubang untuk surat, maka Hausmeister bisa membantu, katanya... Tidak sampai 2 menit, diapun datang dengan membawa besi panjang berkait. Klek.. klek... klek... dan pintu pun akhirnya terbuka.. alhamdulillah...

Ah... rasanya plooooong banget bisa masuk rumah lagi... terkurung di luar rumah lebih menyakitkan daripada di dalam rumah... gak mau sekali-kali lagi deh...

Dari peristiwa hari ini, ada beberapa pelajaran yang saya dapatkan:
1. Selalu nomor satukan kunci ketika akan keluar rumah. Sebelum bersepatu, ada baiknya kunci segera dikalungkan di leher, atau disimpan di saku.
2. Saat keluar rumah, jangan lupa kunci pintu rumah. Soalnya kalau tidak dikunci bisa di congkel kaya Hausmeister tadi... bahayyyyaaa... Seringnya saya, terutama kalau buru-buru, asal nutup aja, gak dikunci.
3. Simpan kunci cadangan di tempat yang bisa diambil dengan kunci orang lain. Misal di Keller... (gudang bawah tanah). Tapi kunci gemboknya gimana ya?? :D
4. Titip kunci cadangan di teman/Hausmeister/tetangga... Tapi.. bisa dipercaya nggak ya?
Mungkin yang lain ada tips menyiasati kunci tertinggal di dalam rumah???

31 comments:

  1. Dulu saya juga pernah na, mana suami lagi ke Indonesia, Akhirnya manggil yang punya rumah deh & ngerepotin tetangga-tentangga.
    Jadi inget pesen Bu Elka agar nitip kunci ke beliau, tapi belum. Jadi merasa diingatkan nih,... makasih ya...
    & semoga tidak pernah terjadi lagi. Amin

    ReplyDelete
  2. waduh ... aku belum pernah lihat pintu yang seperti ini teh. Di sini, semuanya pintu biasa seperti di Indonesia.
    Tapi untuk mensiasati kunci yang hilang atau lupa naro saat pergi ya itu, nitip satu duplikat kunci di seorang teman, dan diapun menitipkan salah satu kuncinya ke aku ...

    ReplyDelete
  3. kapan hari aku pernah terkurung diluar sama suami, sedangkan barudak didalem rumah gi3, mana mungkin anak2 bisa bukain pintu. Ahirna mah nelpon salah satu anak kos yg lg di kampus minta dianterin kuncinya. Ari waktu di jepang mah, lagi hamil nadia, di kereta, kuncina kebawa suami k kampus, Intan dah ga punya uang buat beli tiket kreta ke kampus. yg ada di dompet cuman kartu telp dan betenya, telp suami mati hik2, mana ujan, becek, ga ada ojek (eh eta mah cinta laura pisan).

    ReplyDelete
  4. waduh kalo aku alhamdulillah belum pernah, jangan sampe yaa...
    tapi suamiku pernah tuh sebelum kita sampe saudi, dia terkunci diluar seharian karena petugas yg dateng lama banget. akhirnya dijebol deh pintunya. waaahhh...harus titip kunci ke tetangga yang kita percaya niihhh...

    ReplyDelete
  5. hahaha...teu siga di nagara kita ya...mun kakonci gampang,didieu mah panto ngageblug ti luar teu tiasa dibuka..."pernah ngalamin juga"

    ReplyDelete
  6. Aduh alhamdulillah Ina si Hausmeister baik ya n pas ada kalau dia ngga ada alias ngantor jg pulangnya samaan dgn Kang Dian ya....aku alhamdulillah sih selama ini selalu segra cantolin kuncinya diluar area "dalam rumah" biasa langsung aku "masukkan anak kuncinya ke lubang kunci bgn luar pintu" jadinya jarang sih kejadian terkurung diluar rmh...smg jgn sampe kejadian lagi ya Na aku jg smg ga pernah kejadian...krn kantor suamiku jg 45 mnt perjalanan... :D

    ReplyDelete
  7. He..he...aku udah 2x Na, kejadian seperti ini, yang pertama masih bisa diakalin sendiri, tapi yang kedua, jadinyaa ya....harus panggil tukang, dan menyakitkannya dia hanya butuh 1-2 menit untuk membuka pintu itu sedangkan kita harus bayar mahal sekali. Dan skrg pintu rumahku gak bisa dibuka dari luar pake besi gitu Na, karena kan baru diganti ama Vermieter, jadinya bakalan ngerusak pintu kalo dicongkel... tipsnya, memang ketika keluar rumah, ambil kunci dulu, baru je-glek, pintunya..

    ReplyDelete
  8. Kalau di sini, gantung kuncinya dekat pintu (tapi bukan di pintu). Setiap mau keluar rumah biasakan buka pintu, taruh kunci di lubang kunci bagian luar, cek lagi, baru tutup. Ini berlaku mau keluar ke mana pun. Meski cuma noong. Pokoknya kalau buka pintu, SOP nya begitu:-)

    Ini sejak pernah ketinggalan kunci juga dulu waktu pertama datang ke sini. Waktu itu nggak sadar karena mau ke Muenchen. Pas pulang dari Muenchen di saat hujan deras, baru ngeh kalau kunci ketinggalan semua di dalam. Di atas sofa (keliatan dari jendela). Untung ada tetangga juga, dia yang manggilin HM nya.

    ReplyDelete
  9. Gak ada tips :D cuma mo isi box komen hehehehe ...;)

    ReplyDelete
  10. Pernah ngalamin juga:). Dasar akunya aja males bawa kunci, wong cuman mau kehalaman doank buang sampah, sipintu diganjel lah sama sandal...eaalahhh...anginnya lagi kenceng...si pintu ketutup si sandal terlempar. Mau jalan ke tetangga pakaian tidak mendukung..ya sudah nongkrong diluar rumah...untung anakku hari itu cepet pulang sekolah...lhooo...mama ngapain disitu, sambil senyum2 tea. Pengalaman dari situ klo ndak ada orang di dalam rumah klo mau jemur keluar aja selalu gantungin kunci di leher, terus matikan kompor. Ada lagi pengalaman temen, kuncinya masih ada di dalam,pintunya keburu ketutup...nahh...ada pintu tertentu klo masih ada kuncinya di dalam nggak bisa dibuka walaupun kita pegang kunci, jadilah panggil tukang kunci...pas weekend lagi. Si tukang kunci dateng...minta diliatin paspor dulu, lhaaa...wong paspor di dalam rumah, akhirnya tetangga yg meyakinkan klo betul2 si temen tadi penghuni disitu (si tukang kunci ndak percaya gitu aja ama yg order, bisi disangka maling kali ya). Ceklek2... sebentar beres dan melayanglah 150 euro sajahhh...maklum tarif weekend :(

    ReplyDelete
  11. wah kl aku dah berkali,tuh na` dah pake tip ini itu,nah ya kalo lagi apes ya apes aje,masih untung sih ketinggalan yg aku takut justru kehilangan kunci,untungnya diwohnung baru kita punya konci sama semua jadi kl terkunci bisa pinjam kunci tetangga:)

    ReplyDelete
  12. kekunci diluar alhamdullilah belum, kerena sering dengar kejadian begitu jadi saya berusaha ditanamkan selalu ingat kunci sebelum keluar walau kadang udah berapa langkah keluar walau cuma nengok doang..mungkin ide bagus titip kunci teman dekat..mau ach..siapa tahu nanti lagi apes...

    ReplyDelete
  13. kalau di sini rata2 pintu seperti itu...
    Hm.. saya nitip ke siapa ya?? temennya pada jauh rumahnya euy..

    ReplyDelete
  14. kejadian gini kayaknya sering banget, Teh... kata si Hausmeister dan tetanggaku.. tenang aja.. ini normal kok... semua orang pasti mengalami, katanya... Jadi sok atuh geura jaga2... siapa tau ntar kebagian juga, hehe... mudah2an mah henteu nya... ;)

    ReplyDelete
  15. hehehe... banyak juga yang ngalamin sama.. :D
    teu jiga di Indo oge, Teh... kalau hilang, kunci bisa dengan gampangnya diduplikasi... di sini... mana bisa???!!

    ReplyDelete
  16. iya, alhamdulillah...

    Makasih tipsnya ya, Mbak..

    ReplyDelete
  17. di sini kalau manggi tukang apapun selalu menyakitkan ya, Mbak.. mahal-mahal.. :D Moga gak kejadian lagi yaa..

    ReplyDelete
  18. Oo.. gitu.. tararengkyu tips n triknya, Mbak...

    Btw, emang Mbak Echa punya tetangga?? sebelah mana?? *mikir*

    ReplyDelete
  19. hehehe... angin Hamburg dilawan.. :D

    Mbak Retno sih bisa nongkrong di kebun ya... nah saya? paling banter nongkrongnya di Rewe.. :D:D

    Hm.. kunci saya termasuk yg begitu, Mbak... gak bisa dibuka kalau ada kunci terpasang di dalam.. mana aku kebiasaan lagi nyimpen kunci di situ.. Mesti mulai dibiasakan nih untuk gantung kunci di tempat lain...

    ReplyDelete
  20. Bener, Teh... tetangga bisa masuk rumah donk kalau kita lagi gak ada.. :D walah...

    ReplyDelete
  21. betul... ini juga yang diwanti2 sama Hausverwaltung waktu kami teken kontrak.. katanya kostet viel..viel.. Geld... mahal pisan katanya.. :((

    ReplyDelete
  22. aku sih siher sama tetanggaku baik dulu dan sekarang.

    ReplyDelete
  23. ina..ina..dari dulu jaman kuliah adaaaaa aja kejadian seperti ini...ckckck

    ReplyDelete
  24. wah...semua pada ngalamin ya? Tapi aku parah..karena tak tertolongkan dan harus keluarkan duit 60Euro...ihik..ihik..Sekarang kunci digantung dipintu dengan tali yang panjaaaaang..biar keliatan dan inget waktu keluar.Kalau sebelum kejadian mah, suka dimasukin lobang pintu kayak di Indonesia...

    ReplyDelete
  25. masa sih, San?? perasaan dulu mah gak pernah gini ah.. *kabuuurr*

    ReplyDelete
  26. hehehe.. habis terbiasa di Indonesia mah bisa dengan santai dibuka lg dr luar pintunya kali ya?! :D

    ReplyDelete