Tuesday, September 23, 2008

Pisang Bakar Keju


Description:
Saya merupakan salah satu penggemar berat PISANG. Bagaimanapun dia diolah.. selalu bisa nempel di lidah. Mungkin ini gara-gara ibu saya yang selalu menyediakan pisang di rumah. Dan tau sendiri lah.. yang namanya pisang di Indonesia amatlah beraneka ragam.. ada pisang raja, pisang kepok, pisang nangka, pisang raja bulu, pisang ambon, pisang tanduk, pisang oli, sampai pisang yang ukurannya segede-gede kelingking itu.. kami biasa menyebutnya Cau titit *jadi malu*

Sayangnya.. di sini.. pisang itu hanya ada dua macam saja.. eh, tiga denk.. itupun impor semua dari negara tropis..
Yang kesatu mirip pisang ambon, bisa didapat dimana aja, di semua supermarket dan toko buah dan sayur selalu ada.. dan sepanjang musim. :D Setiap kali hamil, biasanya buah ini yang selalu tidak tertolak masuk sampai perut.. Saya bisa habis 6 biji dalam sehari :D

Yang kedua mirip pisang tanduk, biasanya di sini sebut Kochbananen, bisa di dapat di toko-toko Asia, termasuk toko-toko Asia Barat (Arab, Afghanistan, India gitu deh) dan toko-toko Afrika. Mesti hati-hati milihnya, soalnya suka ada yang 'ngabagal' alias keras di bagian dalamnya.

Yang ketiga pisang yang kecil-kecil.. kaya cau t*t*t tadi.. tapi di sini mah namanya Babybananen. Kalau ini jarang ada, kalaupun ada biasanya di Supermarket besar atau mahal.. atau di toko khusus buah dan sayur.

Nah, kembali ke topik awal, pisang bakar keju ini merupakan penganan pisang favorit saya, disamping pisang goreng tentu saja.. Bikinnya gampang dan cepat.. enak pula...

Ingredients:
3 buah pisang tanduk yang udah masak bener (Kochbananen)
susu kental manis
keju parut
messes (di sini namanya Schokostreusel)

Directions:
1. pisang dipotong dua atau tiga (tergantung panjang pisangnya), kemudian di belah.
2. Tekan-tekan pisang sampai agak pipih
3. Panaskan mentega di wajan, bakar pisang di atas wajan sampai matang.
4. Susun pisang di atas piring, beri susu kental manis, parutan keju dan taburan messes.
5. siap dihidangkan.

16 comments:

  1. siiippp...
    ntar dicoba buat andy yang puasa nya pooolll teruusss...

    ReplyDelete
  2. Anak-anak juga suka banget pisang keju (begitu mereka menyebutnya). kalo aku di Indo biasanya pake pisang tanduk. enak deh!!!

    ReplyDelete
  3. Serius, Teh?? pinter pisan eta budak nya?? :D
    Btw, anak2 teteh pada suka pisang? anakku kok nggak terlalu ya? paling cuman pisang ambon, itu juga gak pernah satu habis tandas... kayaknya mereka mabok pisang pas masih di dalam perut.. :D

    ReplyDelete
  4. hehehe.. aku juga nyebutnya pisang keju doank, Teh.. Tapi pas lagi bikin kemaren, ada yg nelpon nanya, lagi ngapain. Pas aku bilang pisang keju, dia nyangkanya molen pisang Kartika Sari itu lho... Jadinya aku tambahin bakar deh di tengah-tengah.. :D

    Btw, ari Kochbananen teh mirip tanduk kan? atau beda pisan? atau mirip cau kapas.. *keliatan banget pas di Indo taunya mateng doank :D*

    ReplyDelete
  5. suka banget na, apalagi postingannya Ina sekarang
    aku bikin langsung lakuu...habis sama yang puasa..
    aku ngga kebagian, eh emang aku mah da orang kampung ngga suka keju..hehe..

    ReplyDelete
  6. enak banget .... keju nya banyak lagi .....
    hmmmmm mantapp

    ReplyDelete
  7. hahahahhahaha.. baru denger nama cau *tuuuutt* :-))
    sama na, aku jg penggemar pisang, mau pisang ambon dll yg dimakan gitu aja, pisang bakar, pisang goreng (yg gede2, pisang kipas, yg dipotong kecil2, atau malahan pisangnya diancurin), pisang molen, naga sari, cake pisang.. waduh ini judulnya menggoda diri sendiri... buka puasa msh lama hihihi...
    dhira jg suka banget makan pisang.. cuman belum pernah dikasi pisang bakar sih.. ntar cobain juga aah..

    ReplyDelete
  8. Aku juga suka bikin Na, tapi kok kamu pake pisang mentah, apa engga keset rasanya ?
    Aku juga penggemar berat pisang, baik digoreng, dibakar , dikukus atau dikolek.
    Cuma sayang pasien dialisa dilarang banyak-banyak makan pisang, maksimum 1 pisang sehari, lebih bagus kalau tidak sama sekali. Sediiih ya

    ReplyDelete
  9. sama, aku juga orang kampung.. tapi malah sukaaaa keju, gara2 di kampung gak ada kayak ginian.. mahal euy! :D

    ReplyDelete
  10. hehehe.. kayaknya kebanyakan tuh kejunya ya?! saya sih suka, ternyata si Akang mah agak disingkir2in gitu kejunya, kebanyakan katanya.. *dasar yg bikinnya maruk*

    ReplyDelete
  11. hihihi.. salah ketik, Mbak.. tadinya sih mau nerangin bahwa pisangnya bukan pisang masak kayak pisang ambon yang langsung makan gitu.. tapi pisang yg butuh dimasak dulu alias Kochbananen.. di edit deh.. bisi ada yg nurut pake pisang mentah.. :D

    Iya sih, mbak, pasti sedih aku juga kalau sampai gak boleh makan pisang. Mudah2an Mbak Helwah cepat sembuh yah.. biar bisa makan pisang lagi sepuasnya.. ;)

    ReplyDelete
  12. Paling enak makan pisang bakarnya selagi panas2 ya...klo gak ada keju dan mesis, bisa di ganti santan aja atau susu cair, klo pisangnya belum terlalu matang tambahin gula. Enak juga lho ;) Eh..tapi namanya gak pake "keju" dong jadinya. hehehe

    ReplyDelete
  13. lebih enak lagi kalo ina ngirim kesini neh...

    ReplyDelete
  14. tibalik na.... rela mah justru pisang jadi buah-buahan pilihan terakhir soalna di kebon seueur tangkal pisang .. jadi bosen...kecuali kalo digoreng atanapi dikolek
    komo cau ambon.... addduuuuuuh nggaaaak d!
    tapi itu dulu...
    ayeuna bet ujug - ujug resep kanu pisang...
    terutama pami ningali pisang ambon sok asa hanjakal pisan, soalna pisang ambon di bumi mah mulus, koneng sareng ararageung teras gratis deui.. hehe
    pami didieu kan kedah meser hehehe :p
    yaa penyesalan memang datang terlambat ...

    *huehehe komen yang gak nyambung yak...

    ReplyDelete
  15. Hm.. ternyata Indonesia kayak dengan berbagai jenis pisang nya... paporit saya mah... teuteup... cau raja sama cau kepok, anu di dieu teu aya duanana... Oooo.. ingin rasanya kembali ke habitat awal.. *rasa2nya beuki teu nyambung wae*

    ReplyDelete