Wednesday, September 3, 2008

Agar anak suka gosok gigi...

Disaat melihat deretan gigi Nadin yang rapi dan bersih (yang mungkin aslinya tidak sebagus di foto :D), langsung terbersit dalam pikiran orang yang melihatnya bahwa anak ini pasti rajin gosok gigi. Pikiran berikutnya, "bagaimana membuat anak menyukai pekerjaan yang satu ini?". Ah.. saya malu sebenarnya kalau ada orang bertanya begini... karena, dia mempunyai gigi bersih bukan karena ibunya, tapi memang pada dasarnya anak yang satu ini penurut dan suka kebersihan. Tanpa dipaksa dan tanpa trik apapun, sebenarnya dia mau aja kalau diminta gosok gigi dulu sebelum tidur.

Meskipun begitu, ada sih beberapa hal yang saya lakukan untuk menjaga anak ini menyukai gosok gigi. Hal-hal yang saya tulis di bawah ini merupakan pengalaman pribadi dan manjur buat anak saya. Belum tentu untuk anak lain, tapi semoga bisa membantu. ;)

1. Pilihkan sikat gigi yang kira-kira disukai anak.
Apakah warnanya warna favorit dia, ataupun bergambar tokoh favorit si anak. Dulu, waktu pertama kali, saya belikan yang warnanya rame aja, karena dia belum punya warna favorit. Berikutnya dibelikan warna pink, kesukaannya... berikutnya yang gambar Winnie the Pooh, belahan jiwanya.. :D Untuuung aja tokoh favoritnya bukan si Unyil atau si Cepot, jadi gak susah nyarinya, heuheuheu... Kalau udah agak gedean, kira-kira umur 3 tahunan, biarkan dia memilih sendiri sikat gigi kesukaannya di toko. Dia jadi lebih rajin gosok gigi deh...

2. Perkenalkan anak menggosok gigi sejak dini.
Sewaktu giginya belum tumbuh, saya belikan dia sikat gigi yang ujungnya karet untuk digigit-gigit. Ketika dia bisa merangkak, saya biarkan dia mengikuti ke kamar mandi agar dia bisa melihat ayah/ibunya menggosok gigi. Biarkan dia memegang sikat gigi juga, saat kita menggosok gigi. Biasanya anak-anak suka seperti ayah/ibunya.. lama-lama dia akan mengikuti memasukkan sikat gigi ke dalam mulutnya dan bertingkah seolah-olah sedang menggosok gigi.

3. Lakukan ritual menggosok gigi bersama.
Ketika anak sudah bisa tegap berdiri dan sudah mempunyai gigi tentunya, ajak anak untuk sama-sama menggosok gigi di wastafel yang sama. Biarkan dia menggosok giginya sendiri saat kita menggosok gigi (biasanya sih sikat gigi hanya digigit-gigit aja atau dia cuman ngemutin odolnya doank). Setelah kita selesai, jangan lupa gosok lagi gigi si anak agar benar-benar bersih. Sampai umur 6 tahun, anak masih perlu dibantu menggosok gigi. Menurut anjuran dokter gigi, baiknya si anak dibaringkan saat menggosok giginya agar lebih mudah.

4. Lakukan hal-hal yang kira-kira dia senangi.
Misalnya menyikat gigi sambil ngaca atau bernyanyi, kalau perlu sambil berdongeng.. :D

5. Beri alasan kenapa harus menggosok gigi.
Setiap akan menggosok gigi, selalu saya bilang, "gosok gigi dulu yuk.. biar bersih.. biar enakkeun.. nanti giginya bagus dan gak bakalan sakit". Seringnya sih gak sepanjang ini.. kalau sama Nadin cukup bilang biar bersih aja. Kalau sekarang, dia sudah bisa merespon. "sekarang kotor yah?!"
"iya"
"ada apa ya?!"
dan ibunya mesti ngabsen makanan apa aja yang dia makan hari itu sejak pagi sampai malam.. :D

Beberapa tips merawat gigi anak yang didapat dari dokter gigi bisa dibaca di sini.

24 comments:

  1. Na...ga ada yang nerap sama Aliefya biarpun semua dilakukan...hiks hiks hiks...
    anaknya ga nurut soalnya...
    kalo ga mau ya ditutup mulutnya, berontak berontak, kabur...hahahaha...

    walhasil giginya calon roges...

    ReplyDelete
  2. Bener, setuju ama tipsnya!

    Kalau kak Tia pas batita sama seperti Nadin, kalau udah gosok gigi sendiri, digosokin lagi mau.., sekarang karena udah besar (6th), seringnya sih gosok gigi sendiri, tinggal kasih aja sikat + odolnya. Nah, kalau adeknya, Syaffa (2 th), beda, engga mau digosokin, maunya gosok sendiri (alamaaak, padahal bersihnya sih pasti jauh ya..hehe wong kadang sukanya diemut aja, atau kalau pun digosok yang kena ya gigi bagian depan aja). Jadi ya, palingan biar 'rada' bersih, tambahannya disuruh kumur-kumur air putih aja.

    Gimana lagi, digosokin g mau buka mulut, atau protes : "sama ADE !!", tapi kalau gosok sendiri senang. Ya sudahlah, yang penting senang dulu... hehe.

    ReplyDelete
  3. teh, saya juga baru beli ini. emang awalnya itu cuma digigit-gigit aja ya teh..?
    saya nyoba nyikatin juga, tapi asa aneh, da giginya baru 4 dan belum tumbuh sempurna.

    ReplyDelete
  4. hiks, sami yeuh sareng Al. Rada kirang nurut si cep kemoy teh...kadang mau kadang enggak ayeuna mah. dah 2 taun teh kalah beuki resep nolak...
    ditambah giginya gak rapih, jadi mun digosok teh kena gusina...nya nyeri atuh nya urang oge...
    tapi ieu budakna nangoh depan kompi, na lahunan...
    dipapanas dongeng Nadin, nu waosna sae...
    pek teh cenah:
    jiji nadin bajus....gigi emi jeyek :-D

    ReplyDelete
  5. Salam Ina
    Ga pernah ada masalah sama kurcaci yg dirumah soal ini

    ReplyDelete
  6. hahaha sama ama teh dydy... dhira mau sih sikat gigi, tapi cuma semenit udah gitu pake acara berantem.. takutnya kalo terlalu dipaksakan nantinya malah trauma.. tapi kalo ga sikat gigi.. ibunya yg trauma.. takut dhira giginya bolong2 kayak ibunya *jadi malu*

    ReplyDelete
  7. kekekekk ngebayangin nyikat gigi sambil bernyanyi dan mendongeng na... kabayang busanya penuh sigana nya....jadi nyanyinya gini kali bunyinya" bangyun tidyur kü teeus möndi blup...blup..."

    ReplyDelete
  8. wakakaakaa nasi? hadirrrrr, Hayam? hadirrrrrrrr, tulangna? nyempil hadirrrrrr oge.....hahaaahaaa ina...ina...aya-aya wae.....

    ReplyDelete
  9. iya..thanks juga tipsnya... kalo ariq awalnya nurut..eh sekarang mah mulai ga mau...untung ada sikat gigi dan pasta gigi sponge bob..

    ReplyDelete
  10. yah, tiap anak memang beda-beda yah.. Saya juga ada dua anak dengan dua karakter berbeda... masih mikirin juga cara menangani si kecil mah...

    ReplyDelete
  11. persis, Teh.. apa tipikal anak kedua seperti ini ya?! :D

    ReplyDelete
  12. Kalau yang saya tau ada 2 macam sikat gigi yang ujungnya karet. Yang satu mah bentuknya elips aja, dengan permukaan agak bergerigi. Ini buat gigi yang baru mau tumbuh, jadinya digigit2 aja. Yang kedua mah bentuknya emang kayak sikat gigi, nah yang ini buat yang giginya kayak Sasa, baru numbuh dan sedikit. Meskipun baru 4, disikat mah harus atuh. Kalau susah, biasanya ada juga sikat gigi yang bentuknya menyerupai telunjuk kita. telunjuknya dimasukkin ke sikat giginya, terus disikatin. Nah ini yg paling enak sih kata saya mah.. pas untuk gigi anak yang baru numbuh dan belum lengkap.

    ReplyDelete
  13. hehhehe.. kemoy..kemoy... bisaan bikin mama bete nya?!
    Yah, yg penting mah jangan lupa kontrol ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali, Teh.. biar terkontrol dini kalau ada karies.. ;)

    ReplyDelete
  14. iya, betul... Tapi kalau dia sikat sendiri mau kan? kayak kata Teh Yani.. ikuti dulu aja kemauan dia.. asal seneng dulu...

    ReplyDelete
  15. hahaha.. si Teteh mah sok ngebayang2in yg nggak2... Tuh Isabel nangis tuh... :D

    ReplyDelete
  16. heeh, ada masany gak mau kali ya, Wa? trus sama si Sponge Bob resepeun?

    ReplyDelete
  17. iya bener, kalo sendiri mau.. akhirnya saya jg milih gitu juga aja, toh giginya msh gigi susu.. ntar jg copot hehehe.. o iya ada satu lagi ni tipsnya, yg bikin dia semangat: dia seneng.. cuuhh.. "ngeludah"nya.. pdhl mah ga ada yg diludahin. semuanya ditelan..hehehe..

    ReplyDelete
  18. aduuuh... saya setreeeeeeeesss banget... hanif uda umur 2thn, dan sampe saat ini ga mau sama skali sikat gigi. jadinya pas tidur aja digosok2 gitu.. kadang2 mau tapi ya sekedarnya aja, bikin gemes,,
    yang ada giginya skrg terutama bagian depan uda kena caries berat gitu..
    toloooooong... tips2 yang disebutkan sudah dicobain..

    ReplyDelete
  19. Memang tergantung anaknya juga, Mbak.. Anak saya yang kedua juga rada susah.. :D Harus di cari trik-trik yang sesuai buat dia. Hm.. Coba aja kontrol ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali tea, selain gigi anak yang rusak bisa cepat diperbaiki (tidak sampai parah), siapa tau lama kelamaan si anak juga mau nurut kalau sama dokter gigi mah.. ;)

    ReplyDelete