Sunday, December 14, 2008

...dan ketika Maryam tiba...

Lain Nadin, lain pula Maryam. Pada proses kelahiran Maryam, saya justru lebih tenang dibandingin si Akang. Pertama, mungkin karena bahasa Jerman saya yang sudah sedikit membaik. Gak usah lagi nanya ke si Akang, "mereka ngomong apa sih??" Tak hanya bisa menangkap apa yang mereka bicarakan, tapi saya pun sudah bisa merespon.. meskipun kalau ngomong masih terbatuk-batuk, hahaha... Kedua, saya pernah merasakan sakitnya akan melahirkan itu seperti apa, jadinya sudah bisa meraba-raba, kapan saya akan melahirkan.. Yang ternyata.. saya masih salah juga.. :D

Maryam diperkirakan akan lahir tanggal 7 Maret. Tapi saya begitu berharap dia akan lahir di hari yang sama dengan Nadin, 17 Februari. Biar gak usah ngapalin tanggal lahir, hihihi.. Sebelum tanggal 17 Februari, saya tidak pernah berharap akan melahirkan dalam waktu dekat. Tapi, pada tanggal 16-nya, saya mulai berharap-harap cemas.. Dan ternyata tanggal itupun lewat.. Tapi semenjak hari itu, saya mulai menunggu.. Emang waktunya tak lama lagi kan? Jadi, hampir setiap hari, saya ngomong ke si Akang dan ke sobat saya waktu itu, "kayaknya malam ini deh dia akan datang." Si Akang cuma senyam-senyum aja. Sobat saya pun cengar-cengir... "hey.. kalau sampai sesorean ini kamu masih belum ada kontraksi, jangan harap ngelahirin ntar malem... :D" katanya. Entahlah.. habis waktu melahirkan Nadin juga rasanya begitu mendadak. Gak ada angin, gak ada hujan.. tiba-tiba aja mulas...

Sampai akhirnya saya pun bosan dengan 'kayaknya.. kayaknya' itu.. dan lupa.. Karena mau pindahan, banyak sekali yang harus dikerjakan.. Belum lagi kursus bahasa yang semakin lama semakin mempersempit waktu saja rasanya. Tapi justru.. disaat saya lupa itu, dia malah datang.. Pagi itu, saya terbangun karena ada sesuatu yang mengusik tidur saya. Rasanya kok perut kayak sedikit mulas.. tapi serasa di dalam mimpi aja. Karena sudah hampir jam 5 pagi, saya pun terbangun. Minum.. makan.. beres-beres.. cuci piring.. Gak ngurus sholat, soalnya belum shubuh. Setelah bangunin si Akang, cerita deh, kayaknya udh mulai kontraksi. Tapi tampaknya masih malu-malu. Belum sesakit dulu. Palingan kalau nggak ntar sore/malam, besok pagi ini mah. "Ya udah atuh", katanya, "biar Akang yang nganterin Nadin ke Krippe (Playgroup).". Tapi sebenarnya si Akang teh nawarin pilihan lain, dia mau nganterin saya dulu ke RS, baru nganterin Nadin, dia khawatir bener kalau ninggalin saya sendirian di rumah. Takut kenapa-napa katanya. Tapi saya lebih memilih nunggu di rumah aja.

10 menit sebelum mereka berangkat, sakitnya terasa tiba-tiba menjadi-jadi. Sayapun berubah pikiran. Kami tiba di RS pukul 8.30, saya langsung menemui seorang bidan yang sedang bertugas dan langsung ditangani olehnya. Sewaktu saya periksa CTG, si Akang pergi dulu nganterin Nadin. Saya pikir, saya akan diusir pulang lagi. Kalau iya, saya mau nunggu aja di kantin RS. Ternyata tidak, pukul 9.00 saya malah disuruh pindah ke kamar bersalin. Sudah saatnya kah? Mungkin.. katanya sambil tersenyum. Hm?? cepat sekali.. pikirku. Saya sempat ditanya.. bisa jalan sendiri atau tidak? Ya, tentu saja saya bisa jalan sendiri. Hati mulai khawatir, soalnya si Akang baruuuu aja pergi. Pastinya tidak akan kembali dalam waktu 5 atau 10 menit. Ternyata rasa khawatir ini dirasakan pula oleh Bidan. Dia mulai bertanya, "Lho.. suami Anda kemana? tadi ada kan?". "Iya, dia sedang mengantar anak saya dulu ke Krippe".

Saat itu, saya hanya melakukan buang nafas pendek2 setiap kali kontraksi datang, yang mana mendapat pujian dari Bidannya. Padahal ini juga taunya diajarin dia dua tahun yang lalu. Saya tidak berani ngeden sedikitpun, soalnya sebulan sebelumnya, sobat saya yg lain melahirkan dengan ngeden2 dr awal, hingga terjadi sesuatu yg mengerikan (Thx sharingnya, Nana..). Saat itulah saya baru tahu, kenapa bidan saya yang dulu melarang saya untuk ngeden sebelum waktunya. Semakin lama, semakin terasa di dalam perut ada yang meluncur ke bawah, setiap kali kontraksi. Saat itulah, saya baru sadar, bahwa seandainya kita tidak ngeden pun, tampaknya bayi akan keluar dengan sendirinya.. tapi lamaaaaa kali. Dan secara otomatis.. saya pun mulai mendorong.. sambil minta izin ke Bidan. Sang Bidan pun heran.. kenapa saya tidak dari tadi mulai mendorong bayinya. Hahaha... saking takutnya.. jadi aja... Dengan dua atau tiga kali ngeden, Maryam pun tiba, tanpa disaksikan bapaknya. Untungnya saya ditemani Bidan.. Jadi disela-sela kontraksi, ada yang bisa saya ajak ngobrol.

Meskipun dia lahir bukan pada tanggal yang sama dengan kakaknya, tapi mereka lahir di hari yang sama (Kamis) dan jam yang hampir sama pula. Nadin jam 10, Maryam jam 9.45. si Akang baru sampai lagi di RS pukul 10.30-an. Dia sempet kaget, karena istrinya sudah tidak di kamar yang ia tinggalkan tadi. Orang-orang juga pada heboh ternyata.. "Oo.. ini toh bapak yg tadi nggak ada?!" 

Maryam sempat tinggal di kamar inap bersama saya selama beberapa jam. Tapi sorenya, dengan terpaksa dia harus di bawa oleh dokter anak ke Kinderklinik (yang untungnya terletak di sebrangnya Frauenklinik), gara-gara suhu badannya yang terus menurun, sampai-sampai dia mencapai suhu 32. Katanya dokter, hal ini bisa menyebabkan dia rawan terkena bakteri, makanya lebih baik dia diangkut ke sana untuk diawasi lebih lanjut. Meski saya tidak bersamanya, susu tetap saya peras (tentu saja atas anjuran RS), kemudian dikirimkan oleh suster ke sana. Jadi, meskipun dia tidak bersama saya, dia masih tetap bisa ngASI. Makanya kali, anak ini sampai sekarang juga meni hobi pisan ngASI. Alhamdulillah, besok sorenya dia sudah bisa dikembalikan ke pangkuan ibunya. :)

**************tambahan
**************
Ada yang lupa nih.. Sebenarnya ada lagi bedanya melahirkan yang kedua dan berikutnya dibandingkan dengan melahirkan yang pertama. Pada proses melahirkan pertama, kontraksi akan hilang begitu saja saat sang bayi lahir. Koreksi... setelah bayi lahir, masih ada satu kontraksi lagi untuk mengeluarkan plasenta. Setelah plasenta keluar, kontraksi akan hilang seketika.. dan kita bisa benar2 menikmati waktu2 berikutnya dengan sang Bayi.

Tapi pasca melahirkan kedua.. setelah plasenta keluar. Kontraksi belum berhenti sampai... tergantung orangnya sih.. kalau saya sampai hari ketiga setelah melahirkan. Tapi temen saya cuma sehari aja. Di sini disebutnya Nachwehen (kontraksi lanjutan kali kalau diterjemahin mah). Dan jangan khawatir sih kontraksi ini jauuuuh lebih kecil dibandingkan kontraksi sebelum melahirkan.. Tapi kalau malam-malam.. biasanya kerasa lebih kuat.. Setidaknya itulah yang saya rasakan. Dan jangan khawatir juga, kita boleh minum Paracetamol untuk mengurangi rasa sakitnya. Kalau saya dulu sok-sok an gak mau pake Paracetamol gara2 takut ngaruh ke ASI.. yg akhirnya malah menyiksa diri sendiri. Pada akhirnya minta juga tuh pil pengurang rasa sakit.. :D

Oya, kenapa bisa ada kontraksi lanjutan?? Kalau saya gak salah ngerti nih.. katanya sih kontraksi ini sebagai tanda bahwa rahim kita sedang dalam proses kembali ke ukurannya semula. Maklum setelah melahirkan yang kedua, rahim kita sudah lebih mengembang dibandingkan yang pertama. Jadi dia meureun butuh waktu dan tenaga yang lebih besar untuk kembali ke awal.

26 comments:

  1. Kapan Maryam mo punya Adik Na?
    Ntar adiknya laki-laki aja ya.... :)

    ReplyDelete
  2. hehehe.. amiin deh amiin..
    perempuan lg juga gpp sih.. seneng bgt ngurus anak perempuan.. :D

    ReplyDelete
  3. Wah... cerita yang laen lagi.. tapi kayanya si Maryam lebih mudah yah ngLahirinnya... emang kalo ngeden terjadi hal apa sih?

    ReplyDelete
  4. bukan urusan laki-laki... cuma mo cerita sama peureu aja.. :p

    ReplyDelete
  5. wah... ko begitu sech? kan nanti kalo aku nungguin istriku kelak... jadi tau alasannya heheheh

    ReplyDelete
  6. Ntar suruh aja istrimu nanya aku/Nana yah.. :p

    ReplyDelete
  7. ah jadi curiga nih ina;mosting yg ginian Hehehe...:)
    na`kebayang repotnya kl lahir normal,salah satu alasan aku dicesar ya ini,
    pada tgl yg ditentukan jam 8 pagi aku dah siap di op,begitu seterusnya rutinitas termin anak 1,2,3,tetapi prosesnya beda,Farah on time,jam 10.05 pagi lahir,azziza jam 2.54 siang,stefan 10.50 pagi.

    ReplyDelete
  8. hahaha.. si Mpok ini curigation aja.. Suer deh.. 100%, nulis ini bukan karena aku hamil.. tapi ada request dr temen kuliah yg bentar lg melahirkan anak kedua, dia pengennya normal. Sedang anak pertamanya dulu harus Cesar karena terhalang plasenta (klo gak salah..)

    ReplyDelete
  9. jadi inget dongeng kaka saya....waktu anaknya mau lahir, dibilang masih lama sama bidannya...jadi dia teh keluar cari pulsa...balik2 ke klinik seperempat jam kemudian, anaknya dah lahir... nyaris aja dikasih nama "siti pulsawati" sama kakeknya, sebagai ledekan buat bapaknya :-p

    ReplyDelete
  10. Uwoww.. Inaa.. Subhanallah ya, proses melahirkan itu.. Menarik banget baca postingannya, sangat berguna sharingnya :) Sepertinya Ina pas kelahiran Maryam bener2 udah lebih siap ya. Btw, sama nih penasaran kyk Fean, memang klo kyk Nana, terjadi apa Na? (di-PM jg boleh, biar Fean ga baca, hehehe)..

    ReplyDelete
  11. emang ada apa ... boleh sharing gak? siapa tau jadi nambah pengetahuan juga, thanks yaa ;-)

    ReplyDelete
  12. ina, melahirkan pake bahasa jerman ya? wah hebat ya....hihihi....aku cuman baru mampu bermodalkan bhs inggris, alhamdulillah dokter n hebamenya pada fluently bahasa inggrisnya.....ina , jangan2 yg pusing2 kmaren pertanda ina sedang mo dpt adeknya maryam ya? hehehe, becanda na........ :-).........semoga ina sekeluarga sehat selalu ya:-)

    ReplyDelete
  13. hahaha.. jangan2 ini taktik bidannya biar bapaknya gak liat.. :D Masih gitu gak sih? Soalnya jaman saya masih SMP, kakak saya ngelahirin di rumah sama bidan, suaminya gak boleh masuk kamar lho.. jadi sama2 was2 di luar.. :D

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah kalau gitu, Put.. moga2 mangpaat..
    Waktu lahiran Maryam memang lebih siap sih, tapi sebenarnya mah sama aja was2nya kayak yang pertama..
    Eh, penjelasannya japri aja yah.. dan jangan bilang2 sama Fean lho! :D
    hihihi.. kesiaaaan deh...

    ReplyDelete
  15. japri ya, Mbak Nuke... ini mah girl's talk...

    ReplyDelete
  16. Kalau di Harlaching, dokter dan perawatnya tergantung yg lagi jaga kan.. kebetulan mereka gak bisa bahasa inggris, atau lebih tepatnya males berbahasa inggris. Lagian sekalian praktek hasil kursus atuh. Dan juga, bahasa Jerman untuk melahirkan tidak sama dengan bahasa Jerman untuk study, Hitri (yg harus sampai Oberstufe/dapet ijasah DSH tea). Asal kita menguasai percakapan2 dasar di Grundstufe dan hapal beberapa kosakata yg berkaitan dgn melahirkan kayak: wehen, drucken, tut weh, etc.. pasti bisa atuh. Dan, fyi, bahasa Inggris saya tidak lebih baik dibanding bahasa Jerman saya.. Jadi terus terang saya lebih suka ngobrol dlm bahasa Jerman.. :D Inggris kayaknya udh mulai menguap sedikit demi sedikit. Bahkan sering ngomong bahasa Inggris dengan grammar Jerman.. hahaha... dasar kacrut..

    ReplyDelete
  17. Eh, ada yang kelupaan.. sudah ditambahkan di atas... SiIahkan baca lagi bagian akhirnya...

    ReplyDelete
  18. Tetehh thanx for sharing! Subhanallah ya!
    dan alhamdulillah sigana lancarrrrr pisan ya kelahiran kedua anak Teteh??
    Setujuu! 2 anak itu bisa semua beda, dari proses kelahiran, kehamilan, pertumbuhan, perilaku, dll ^_^
    plus komentar bagian `tambahan`nya,, Iya, itu kontraksi-nya di sini juga dibilang proses pengerutan rahim ke ukuran semula, dan aku juga lebih sakit yang kedua,, Mana itu teh kirain udah dikasih obat anti sakit `halah,, udah pake obat aja masih sakit gini` Waktu hari ke-2 ga tahan banget sakitnya, bener2 deh, tapi sm suster disuruh tahan aja, baru hari-3 masih sakit banget juga, tp udah berkurang, dokter baru nanya `mau pake obat penahan sakit??` `gubragggg.. ternyataaaa,, aku tidak dikasih penahan sakit!!
    ya sudahlah, kl sudah tahan sakit2nya, berikutnya pasti tahan :D *ini faktor kendala bahasa* hehe,, Hebat Teteh mah udah OK ya Jermannnya!!

    ReplyDelete
  19. Hihihi..makasih Na udah diposting tentang melahirkannya, wuihh...kalo baca perjuangan ibu2 yg melahirkan normal seruuuu, mudah2an niy kalo ga ada masalah bisa merasakan melahirkan normal yg 'katanya' memang lebih sebentar sakitnya. Soalnya jahitan bekas caesar masih sering sakit pas hamil sekarang, trus dulu jg yg namanya kontraksi setelah melahirkan udah ga kerasa, kalah ama rasa sakitnya caesar. Tapi semua melahirkan kan ga ada yg ga sakit ya Na, hehehe... Btw, iya sama kayak Fean n Puti, emang kenapa sih ga boleh ngeden...?

    ReplyDelete
  20. emang cuma setelah melahirkan kedua ya Na?
    aku ngelahirin pertama juga mules da malem setelahnya sampe pengen nangis rasanya hiks2 minta obat penghilang rasa sakit susternya ga berani ngasih katanya harus nunggu dsog nya dulu padahal visitee dsog baru keesokan paginya huwaaaa akhirnya mah menyeruput teh manis panas tiga gelas besar sajah lumayan ngurangin rasa sakit besoknya diperiksa dsog ternyata rahim sudah kembali ke bentuk awal ceunah jadi ga dikasih obat penghilang rasa sakit juga da memang habis itu ga sakit2 lagi :D kenapa bisa begitu yah????? kok beda2 yah? hehehehehehehehe

    ReplyDelete
  21. Iya, Alhamdulillah, Ma... bisa dibilang lancar banget ya segitu mah.. dibandingin orang lain yang saya tau ceritanya.. mesti banyak2 bersyukur nih..

    Kalau anak2 saya mah wajahnya aja yang serupa, tapi rambutnya beda.. :D Apalagi sifatnya.. :D:D:D

    Bahasa Jerman saya masih acak adut aja tuh, Ma.. ampe sekarang.. dan bahkan sampai kami akan pulang nanti pun, bisa jadi tidak akan ada perbaikan, heheh.. Tapi.. belajar bahasa buat saya lebih mudah daripada Rahma. Soalnya di Jepang kan mesti 2 kali belajarnya.. belajar huruf.. dan belajar bahasanya juga. Udah gitu.. aktivitas Rahma yang utama di sana kan sebenarnya bukan belajar bahasa, tapi riset (disamping ngurus anak, suami dan rumah.. tentu saja). Nah, kalau saya mah, memang hanya belajar bahasa doank.. Jadi, wajar kan?? *wink*

    ReplyDelete
  22. Iya, sama-sama, San... Ah, kayaknya melahirkan mah mau gimana pun caramua seru2 aja, San.. dan sakiiit.. :D
    Aku juga sering denger kalau abis cesar sakitnya minta ampun berkepanjangan yah.. Moga2 aku mah gak ngalamin ah.. Alhamdulillah selama ini dikasih kesempatan buat lahiran normal. Allah pasti tahu, kalau diriku tak kuat dengan lahiran cesar.. :)

    ReplyDelete
  23. Kata bidannya sih begitu.. untuk melahirkan yang kedua dan seterusnya.. wajar kalau ada kontraksi lanjutan setelah melahirkan, karena alasan tadi. Aku sendiri untuk lahiran pertama gak ngerasain kontraksi apa2 setelah Nadin lahir.. KECUALI.. pas menyusui aja. Kenapa ya Roffie bisa sakit setelahnya?? oo.. mungkin rahimnya mengembang banget, Vie.. hamilnya gede gak? Kalau aku waktu itu, hamilnya keciiiil.. gak kelihatan.. padahal berat badan naik 16 kg.. hahaha...

    Kenapa bisa beda?? wajar lah, Vie.. masing2 orang kan punya karakter masing-masing.. Jangankan kita yang beda ortu.. Anak2 kita aja, yg berasal dr darah yang sama.. proses lahiran dan sifat2.. bahkan fisiknya pun bisa beda.. ;)

    ReplyDelete
  24. iya kenapa ya ga boleh ngeden? dulu jg sempet baca tapi lupa.. kenapa sih na?

    ReplyDelete
  25. jadi inget sewaktu melahirkan dulu.....tapi kenapa ya rasa mulesnya aku lupa sekarang. Yang aku inget waktu melahirkan sempet minum teh manis biar nambah kekuatan ceunah. yang inget waktu disuruh nahan jangan dulu ngeden sebelum ada bukaan sepuluh katanya takut terjadi perobekan yang besar. Perasaan dulu yang inget paling beratnya waktu nahan ngeden itu tuh ...pengennya cepet keluar aja...adenya ga sabaran...inget cerita ina...jadi kepikiran kalo melahirkan kedua gimana ya...pengennya lebih dimudahkan....amiin:)

    ReplyDelete
  26. Amiin.. mudah2an dilancarkeun nya.. iraha atuh? jangan2 kesusul lagi ame kite-kite.. :D

    ReplyDelete