Friday, December 19, 2008

Kejepit Pintu

Kemarin Maryam kejepit pintu, sebenarnya cuma tangannya yang kejepit.. lebih tepatnya lagi jari-jemari kanannya. Pintunya gak tanggung-tanggung.. bukan pintu lemari.. atau pintu rumah yang dari kayu itu.. Tapi pintu ruangan tempat buang sampah yang beratnya setengah matee itu. Untuk membukanya pun, kita sebagai orang dewasa, butuh bantuan seluruh anggota tubuh untuk mendorongnya *hiperbol banget gak sih :D*, apalagi anak-anak imut segede Nadin dan Maryam.

Sebenarnya saya selalu malas kalau harus pergi ke ruangan ini. Bahkan, semenjak pulang dari Indonesia kemaren, buang sampah ini jadi ritualnya si Akang sambil pergi ngantor. Entah kenapa, kemaren tiba-tiba aja pengen buang sampah, sambil bawa dua anak, gerimis pula. Rencananya kami memang mau jalan-jalan cari udara segar, sekalian belanja dan buang sampah. Waktu keluar dari ruangan, Nadin udah keluar duluan, saya nungguin Maryam di pintu sambil menahan pintu pakai kaki dan punggung, dan sesekali memperhatikan Nadin yang saya khawatirkan lari ke jalan. Setelah Maryam tiba di pintu keluar, saya pun melepaskan pintu, otomatis pintu pun menutup perlahan-lahan. Beberapa detik sebelum kejadian, sempet terdengar bisikan hati 'Awas Maryam kejepit', dan rasanya ingin menahan pintu dengan tangan. Tapi entah kenapa, saya kok tiba-tiba membatu. Akhirnya.. blup.. pintu pun tertutup.

Suasana hening..
Tiba-tiba jantung serasa berhenti berdetak ketika saya lihat tangan Maryam masih memegang pinggiran pintu. Saya coba tarik tangannya.. ternyata tidak bisa.. tangannya dia memang kejepit. Jantung saya mulai berdetak lagi, rasanya 5 kali lebih cepat dari biasanya. Panik mulai menyerang. Maryam pun mulai menangis menjerit-jerit. Saya coba buka pintu, tapi susaaah sekali... apa karena keganjel jarinya Maryam ya? Saya pun teriak-teriak minta tolong. Sayangnya suasana sepi.. iyalah.. lagi hujan gerimis gitu.. siapa yang mau jalan-jalan, kecuali kami.. Dengan mengucap bismillah.. dan berurai mata.. saya coba lagi membuka pintu.. Alhamdulillah kali ini berhasil.

Saya lihat jari2nya Maryam tidak luka, tapi merah dan sedikit pipih, saya benar-benar dilanda ketakutan.. khawatir tulang jarinya retak/patah.. cacat seumur hidup. Dengan mengerahkan sekuat tenaga, saya pun berlari sekencang-kencangnya.. dengan membawa dua anak.. di tengah hujan gerimis.. menuju Rumah Sakit. Dokter anak saya soalnya lebih jauh dibandingkan Rumah sakit (di saat seperti ini, saya suka menyalahkan diri sendiri, kenapa sih dokter anaknya gak pindah dari dulu?? sebelll...).

Sesampainya di sana, saya langsung menghampiri suster yang lewat. Saya ceritakan begini-begitu.. Duh.. gara-gara gak tau bahasa Jermannya 'kejepit'.. Saya sampai harus muter-muter ke Singapur dulu buat nerangin kata 'kejepit' ini. Untungnya si suster mengerti dengan cepat. Dia pun mencoba melihat jarinya Maryam yang masih kaku.. Dia bilang, kalau jarinya masih bisa digerakkan, berarti tidak ada patah tulang. Ketika di suruh gerak-gerak, dia tidak bisa. Tapi ketika di kasih beberapa barang untuk dipegang.. Maryam bisa mengambil.. dan kelihatan jari-jarinya masih bisa menekuk. Alhamdulillah.. Menurut dia kondisinya Maryam ok, ditambah dia sudah tidak menangis lagi... Kami pun disuruh pulang.. dan kembali ke sana jika ada keluhan bengkak, anak rewel, dan sebagainya. Akhirnya, hati ini kembali tenang. Dan alhamdulillah.. sampai pagi ini.. gak ada keluhan apapun dari Maryam.

41 comments:

  1. duh teh, serem amat. moga jarinya maryam ga kenapa-napa ya....

    ReplyDelete
  2. Na aku bacanya jadi sedih, mau nangis juga nih..karena inget Sheila waktu umur 2 tahun kejepit pintu Toko deket rumah kita, Pintu yg otomatis kebuka dan ketutup sediri,yang pintunya bisa dibuka dari arah depan dan arah dalam.waktu itu kita lagi belanja cari2 kaos dalam,krn waktu itu udah musim dingin juga, waktu aku n Jens liat2 biasa Sheila enggak bisa diam, jalan sana sini, dan dia rupanya ke Pintu, dan ada nenek2 masuk, ternyata Sheila udah kejepit, nangis teriak2, wah aku langsung marah2 sama Jens, tanganya tdk bisa dilepas,dan aku coba juga lepas, buka dari dalam tdk bs, akhir kebuka dari luar, semua orang panik dan cm ngeliatin, Tangan Sheila ampe Biru dan berdarah Ina, aku langsung ke rumah sakit, dan Sheila di rongent untung tdk patah, cuma Jarinya Bengkak, dan Biru aja, Lumayan na Lama, sampai 1 bulana, baru sembuh itupun jadinya jadi Aneh, tapi sekarang udah keliatan bagus lagi sih.Semoga cepat sembuh ya, Maryam.

    ReplyDelete
  3. Seperti kiamat rasanya ya Na, tapi untung tidak apa-apa...

    ReplyDelete
  4. ya allah inaaa meni nyur-nyuran bujur bacana oge, ngabayangkeun na oge teu tega..mudah2an teu nanaon nya...saya kacepet saencret oge meni linuna berhari2..

    ReplyDelete
  5. Duh ada² adja yaa ... Insya ALLAH gak pa² yaa jari² tangannya maryam, cepet sembuh juga yaa sayang ... ;-)

    ReplyDelete
  6. mudah2an teu nanaon...
    cep cep cep...

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah.. Mudah2an seterusnya ga apa2 ya Ina.. *sambil nangis juga*

    ReplyDelete
  8. aduh Na`kebayang dah tuh sakitnya mariam...!
    kemarin juga Stefan jatuh terjerembab dr kursi makan,
    dr hidung mengeluarkan banyak darah mudah2an sih ngak apa apa.
    sekarang hidung dan bibirnya jeding

    ReplyDelete
  9. teh,jadi terbayang pengalaman pribadi.. gina pernah juga waktu kecil lagi iseng maen buka tutup tempat sampah besi yang beratnya minta ampun,dan karena masi kecil trus gak kuat ngangkat lama2 sementara adik malah jadi ikut2an pengen megang,jadinya gina malah bikin jari adik kejepit sampe luka parah(robek dan gepeng :'( ).serem deh.. ngerasa dosa sama adik sampe sekarang.. tapi alhamdulillah jarinya sekarang normal dan gak ada bekasnya.. padahal dulu takut gmn2..

    jadi insyaAllah tangannya maryam gak apa2 ya.. :)

    ReplyDelete
  10. Ya Allah..kasihan banget Maryam, smg cepat sembuh ya nak, aduhh ngebayanginnya aja udah ngeri yaa.. :((

    ReplyDelete
  11. aduh Ina, bacanya meni deg2an jantung, gmn kalau liat langsung :((

    ReplyDelete
  12. Kebayang gimana tangisannya... apalagi di sini ada dua anak.. si Nadia dan Azka yang udah beberapa kali kejepit pintu gara-gara maenan pintu... alhamdulillah sih ampe sekarang ga papa... semoga aja seterusnya heheheheh...

    ReplyDelete
  13. Doh serem .. kemaren di chat elo cerita ngga sedetil ini.

    ReplyDelete
  14. Inaa...kade atuh,kabayang panto zaman bagedud segede gaban...

    ReplyDelete
  15. Aduuuh kesian amat Maryam , kebayang bingungnya ya Na.
    Insyaallah engga apa-apa yaaah.

    ReplyDelete
  16. InsyaAllah....gak apa2 ya Maryam,...semoga cepat sembuh ya.

    ReplyDelete
  17. euleuuuh...
    karunya teuing....
    ayeuna taya keluhan kan?! mudah2an sae saterasna nya!

    ReplyDelete
  18. Ya ampuun.. baru sadar kalau pintu otomatis bisa ngejepit anak juga ya, Mbak? Hm.. kayaknya tinggi badannya belum kedeteksi sama sensornya kali ya? Jadi pintunya gak mau ngebuka kalau dia lewat. Wah, mesti ati2 juga nih.. Makasih sharingnya dan doanya.. :)

    ReplyDelete
  19. yah begitulah, Teh.. Alhamdulillah..

    ReplyDelete
  20. Amiin.. amiin.. Teteh..
    Btw, kamana wae? sibuk mesbuk yah?! Katanya mo aplot pidio??

    ReplyDelete
  21. Iya, kecelakaan gak bisa diduga datangnya.. Makasih ya, Mbak Nuke..

    ReplyDelete
  22. Ya ampuun.. ternyata ada yang lebih parah lagi.. Aduh, Mpok, kalau aye jadi Mpok.. pastinya udh pingsan dah.. Mudah2an Stefan gak apa2 ya.. Gpp lah sedikit jeding mah, tambah kasep geura..

    ReplyDelete
  23. Amiin.. mudah2an nya, Gin... da kalau secara fisik mah kelihatannya baik2 aja.. gak ada luka luar.. yg saya takutkan teh luka dalam.. tapi da cenah kamari kata suster teu nanaon.

    Gara2 Gina ngadongeng masa kecil, saya jadi inget masa kecil juga. Karena gemes sama puteran mesin neci (sama kaya puteran mesin jahit, bedanya ini mah pake dinamo gede, jadi puterannya lebih kenceng), saya pegang tuh pas lagi muter. Otomatis jari manis saya ampe sekarang bopeng. Tapi da gak inget sakitnya kayak apa.. Cuman kata orang2 mah saya nangisnya edun, cenah..

    ReplyDelete
  24. Kalau pintu di rumah, dulu aku suka pake ganjel pintu yang kayak ladam kuda itu, Fe.. Jadi si pintu gak bakalan bisa nutup 100%. Kalaupun si anak nutupin pintu, space yang tersisa masih lebih besar dibandingkan jari2 anak. Tapi sekarang ganjel pintunya entah pada kemana.. :D Dan mereka juga kalau di rumah sih jarang mainin pintu. Dan kemaren juga kejepit bukan karena mainin pintu... Gimana maininnya.. pintunya dr Besi, Fe.. gillaa bener..

    Eh, coba aja ke Guntur dan Bu intan, kalau perlu, bisa cari di toko2 Drogerie, di bagian baby biasanya ada. Kalau anak2 suka mainin pintu sih, baiknya pake yg kayak ginian.

    ReplyDelete
  25. Iya, Mbak, habis kemaren baruuuu aja pulang dr RS. Masih cape.. tapi pengen curhat.. Sorry ya, Mbak, sering banget aku jadiin tempat curhat jadinya.. :D

    ReplyDelete
  26. Iya, Teteh.. kapok saya ge ayeuna mah.. pasti bakal lebih ati2 deui ayeuna mah.. Pintu tempat buang sampah.. pintu ruang nyuci.. sama pintu masuk utama.. setipe tah pantona.. Panto zaman bagedud sagede gaban.. hahaha.. lucu istilahna..

    ReplyDelete
  27. Amiin.. Uwa.. amiin..
    Tadi malemnya akhirnya aku makan juga, Teh..
    Tapi pas bangun tidur tetep lapar lagii.. apalagi kalau gak makan, kali gak bisa tidur :D

    ReplyDelete
  28. Saleresna sih tadi wengi rada hareeng. Tapi duka tina panangan.. duka emang teu damang deui. DUh.. mudah2an mah henteu duanana lah... Saya hoream ka dokter deui.. karunya budak.. :((

    ReplyDelete
  29. Semoga gak ada kejadian yang mencemaskan lagi ya...

    ReplyDelete
  30. aduuh...ngeri bangeeet!!
    moga2 jari2nya Maryam memang tidak kenapa-napa...
    ntar kalo ke Indo coba tolong diurut ya...bisi syaraf atau "urat"nya ada yang salah..yang biasanya baru ngefek pas nanti dah gede

    ReplyDelete
  31. duuhhhh Inaa....
    kebiasaan deh suka jepit menjepit, jepit rambutnya anak2 aja atuh..

    ReplyDelete
  32. smoga jari maryam baik2 aja ya na, tp klo kata susternya ok, insyaallah ok. Ina, maapin tadi kami gak jadi dateng ke mesjid ruperrtstrasse. No hp ina masih yg lama atau udah ganti, na? Dicoba telp td gak bisa......sun sayang buat nadin maryam

    ReplyDelete
  33. Aduh..maryam...jangan kejepit kejepit lagi ya...sekarang dah ga apa apa kan na?

    ReplyDelete
  34. aduuh.. linu ngabayangkeunna oge.. ati2 atuh maryam...

    ReplyDelete
  35. Aduh..kebayang Ina, waktu kejadian Nadin jatuh dari tangga...semua panik..dan ini juga pasti gak kalah paniknya ya. Alhamdulillah teh tangan Maryam gak apa-apa.

    ReplyDelete