Sunday, December 14, 2008

Ketika Nadin tiba...

Bayar utang dulu ke Sandra ah.. udah janjiin dari 2 apa 3 minggu yang lalu ya, San?? Maaf, baru sempet sekarang ceritanya. Sebenarnya sih Sandra cuma pengen tahu tanda-tanda kelahiran normal aja, cuma.. kayaknya gak mantep kalau gak sekalian sama pengalamannya.. :D Eh, buat Rela juga.. tampak beberapa bulan sudah berlalu, ya La?!

Saya benar-benar tidak menyadari kontraksi pertama saya. Ada beberapa orang bilang, mereka bisa merasakan kontraksi sedikit-sedikit sejak beberapa hari sebelum melahirkan. Tapi saya tidak pernah merasakan apapun.. selain tendangan-tendangan bayi.. yang lebih saya rasakan sebagai hiburan.. daripada sebuah kontraksi. Sampai di suatu tengah malam, saya terbangun.. biasa sih sebenarnya.. di penghujung kehamilan ini, saya selalu kebelet tengah malam. Maklum, kantong kemih yang semakin lama semakin terhimpit oleh sang bayi, mengharuskan saya lebih sering pergi ke kamar mandi.

Tapi.. ada yang beda dengan malam itu.. Saya terduduk lebih lama... rasa-rasanya perut sedikit mulas.. dan memang isi perut pun terkuras. Beberapa saat setelah kembali ke tempat tidur, mulas yang tadi datang kembali. Saya pun balik lagi ke WC... dan termenung lagi.. Tapi tampaknya tadi sudah keluar semua. Akhirnya kembali tidur.. Dan kembali lagi ke WC, karena mulasnya datang lagi. Saat itulah, saya melihat bercak darah.. Panik.. kaget.. takut atau gembira.. saya udah gak bisa bedain lagi.. Kayaknya ini sih salah satu tanda-tanda melahirkan. Langsung bangunin si Akang, yang sebenarnya dia baru saja memejamkan mata.. Pengen nanya sama seseorang.. tapi pasti teman-teman di Muenchen sedang asyik dengan mimpinya masing-masing. Akhirnya, meskipun sebenarnya kami tidak mau membuat khawatir orang tua, kami putuskan untuk bertanya pada mereka. Mulasnya periodik nggak?? katanya.. Mana saya tahu?? Ya sudah, akhirnya saya putuskan telepon untuk mengamati rasa mulasnya periodik atau nggak.

Ternyata kontraksi berikutnya datang 1/2 jam kemudian, berikutnya 25 menit.. makin lama makin berkurang jaraknya. Setelah dirasa-rasa.. ternyata kontraksi itu sakitnya berawal dari punggung. Terus merembet ke bawah.. sampai akhirnya ke perut. Lumayan tuh, bisa sampai beberapa menit sakitnya. Dan rasanya.. makin sering kontraksi... makin lama deh sakitnya.. Sampai akhirnya kontraksi datang setiap 15 menit. Saat itu, saya sudah kesakitan dan tidak tenang, minta diantar ke RS saat itu juga. Tapi si Akang, yang sangat mengantuk itu, memutuskan untuk nelepon dulu ke sana, daripada udah di sana diusir, katanya. Memang sering kami mendengar cerita teman-teman, yang disuruh pulang kembali setelah sampai di RS, karena diperkirakan masih lama ke saatnya melahirkan. Ternyata jawaban dari mereka, saya baru boleh ke sana kalau kontraksi sudah datang setiap 5 menit atau ketuban pecah duluan. Si Akang kembali ke tempat tidur, tapi saya yakin dia tidak bisa tidur mendengar erangan saya yang setiap 15 menit itu.. bahkan lama-lama makin berkurang. Sambil menunggu.. dan pengennya mengabaikan rasa sakit, saya mandi aja. Yang ternyata.. baiknya sih berendam.. bukan mandi pakai shower, hehehe... Dasar aja tulalit.

Ketika kontraksi makin lama makin sering, saya bangunin lagi si Akang, saya pengen ke rumah sakit sekarang juga. Udah 5 menit? katanya.. saya pun mengangguk. Dia pun coba menghitung.. ah.. baru 7 menit.. Dan saya pun langsung marah.. *bawaan orok* "Pokoknya kalau Akang gak nganter sekarang.. aku mau pergi sendiri aja..". Kayak yang berani aja.. padahal masih jam 3 malam gitu.. :D:D:D

Akhirnya, untuk menenangkan istrinya, diapun menelepon Taksi. Taksi pertama, tidak ada yang mengangkat. Taksi kedua, semua mobilnya sedang keluar. Taksi ketiga alhamdulillah dapat. Kami pun menunggu.. dan menunggu.. dan menunggu... Kok lama sekali?? Padahal itu Taksi, kandangnya deket banget dari rumah, hanya satu stasiun S-Bahn. Ternyata ada telepon masuk dari supir taksinya, katanya dia terhalang badai salju di jalan.. jadi butuh waktu agak lama untuk sampai di rumah kami. *gubraks*

Jam 4-an sang Taksi pun sampai. Kami pun berangkat dengan koper yang sudah dipersiapkan sejak kehamilan menginjak minggu ke-30-an. Koper ini berisi perlengkapan saya selama di RS nanti, plus satu set baju bayi untuk pulangnya dia nanti dan beberapa cemilan untuk ganjel perut :D

Sesampainya di RS, saya langsung di CTG, dari situ bisa kelihatan period kontraksi yang saya rasakan. Saya pun di beritahu Bidan cara mengambil.. eh.. membuang nafas yang benar saat kontraksi datang. Buang pendek-pendek tea... lumayan sedikit mengurangi sakitnya.. Bidan pun memeriksa saya. "Wah.. bagus.. sudah bukaan 4" katanya. Lalu kami di suruh istirahat dulu di sebuah kamar, plus ekstra tempat tidur buat si Akang. Ini bidannya kebetulan baik banget. Jam 6, dia bilang rekan kerjanya akan menggantikan dia, dan nanti saya akan dikasih sarapan.. yang ternyata.. TIDAK!!

Sepagian itu, saya di kontrol terus sama dokter dan bidannya. Untuk  melahirkan normal di sini, ditangani oleh seorang dokter dan seorang bidan. Saya tanya ke bidannya, apa saya akan melahirkan hari itu? Jawabnya iya, tapi kapannya dia juga nggak tau.. segera.. nanti siang.. atau nanti malam mungkin saja, katanya. Aduuuuuh.. mikir.. kalau sampai nanti malam.. saya kuat gak ya nahan rasa sakit ini?? Oya, saya sempat beberapa kali ngeden waktu kontraksi datang. Tapi ternyata bidan melarangnya.. belum waktunya.. katanya. Alasannya saya pun gak ngerti. Maklum gak bisa bahasa Jerman. Komunikasi pun selalu lewat si Akang dulu.. hahahah... repot amat sih..

Jam 8 pagi, akhirnya saya dipindahkan ke ruang melahirkan. Kontraksi datang semakin sering.. rasanya seperti penderitaan tiada akhir... Tampak ada sedikit masalah. Ternyata.. ketuban saya gak pecah-pecah.. Jadi bayinya masih juga belum bisa keluar. Akhirnya  dokter berinisiatif untuk memecahkan ketubannya. Dia sudah siap-siap dengan jarumnya. Tiba-tiba.. tepat si dokter mau mecahin ketuban.. DOR.. ketubannya pecah sendiri.. hahaha.. si dokter pun terkejut.. Ini yang jail.. ibunya apa anaknya ya?? :D

Setelah ketuban pecah, proses melahirkan pun lebih cepat. Saya sudah di suruh ngeden waktu itu.. dan tepat pukul 10 pagi, Nadin pun tiba.. Dia langsung dilap, dibungkus selimut.. dan diberikan pada saya untuk disusui. Setelah itu, baru dia dibersihkan lagi dan dipakaikan baju seragam. Meski seragam.. Nadin mah gak akan ketuker deh.. karena rambutnya yang hitam dan kulitnya yang gelap.

Kami tinggal di RS selama 4 hari. Di sini, sudah ada standar untuk pemeriksaan bayi. Pemeriksaan pertama ketika baru lahir. Pemeriksaan kedua pada hari ke-3 atau ke-4. Karena itulah, kami tinggal di sana sampai hari ke-4. Tidak hanya bayi, ibunya pun selalu dikontrol setiap hari. Enaknya lagi, di RS tempat saya melahirkan, sang bayi tidak perlu disimpan di kamar bayi. Tapi dia boleh tidur bersama-sama di kamar ibunya. Tidak terasa.. hampir 4 tahun berlalu.. Kini bayi yang lahir tadi sudah sebesar ini...

27 comments:

  1. 4 hari di RS??? lama buangeeet, bisa minta dipercepat ga ya???

    ReplyDelete
  2. ini klo normal, teh.. klo op bisa semingguan. Hm.. bisa aja kali pulang lbh cepet klo minta... selama ibu dan bayinya sehat, tapi kan nanti hari ke-4 tetep mesti keluar lagi untuk U2, blm bikin janjinya dulu ama dsa. Lebih repot kayaknya...

    ReplyDelete
  3. Wah... cerita tentang Ibu yang mo melahirkan... jadi terharu membacanya ... begitu besar jerih payah seorang Ibu yah... hiks... jadi merasa berdosa kalo kadang-kadang suka membantah hiks.. hiks...

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah, ina skrg udah punya 2 putri yg cantik2 :-)

    ReplyDelete
  5. RSnya sayang anak ya Na.... jadi gak rawat pisah...

    ReplyDelete
  6. Ina, hebat euy masih hapal banget ya detail2 melahirkannya, Maryam n bahkan Nadin yg udh bbrp thn yg lalu.. Tak akan terlupakan ya Na :)

    ReplyDelete
  7. di sini mah katanya Na, sehari aja langsung disuruh pulang..kadang gak pake nginep, mengerikan banget..masih tertatih-tatih disuruh pulang. Tapi dikasih suster sih selama seminggu yang bantuin ngurusin bayi di rumah..plus membersihkan rumah dan menyetrika baju.

    ReplyDelete
  8. Makanya.. harus nurut sama ibu!! dan sayang istri yah...
    Jadi kapan atuh, Fe??? :D:D:D

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, Hitri.. kapan menyusul atuh?? ;)

    ReplyDelete
  10. Iya, kabarnya sih di Munich satu2nya yg kayak gini. Eh, tapi kabar2nya sekarang yg lain juga udh mulai begini. Tapi gak tau juga ya.. habis selalu melahirkan di sana sih.. :D

    Btw, kalau di Indonesia gimana? dipisah juga?? pengen tau, sapa tau suatu saat melahirkan di sana.. ;)

    ReplyDelete
  11. Hehehe... Saya justru sadar, semakin lama otak semakin lemah.. makanya ada bagusnya juga Sandra meminta nih.. Jadi sekalian dokumentasi buat diri sendiri sih.. sebelum lupa...

    Eh, Puti nyadar gak ya kalau si aku teh dulu pelupa banget waktu masih kuliah.. Sering banget tuh ketinggalan ransel di mushola.. pulang teh lenggang kangkung we... hahaha... dasar...

    ReplyDelete
  12. Iya sih, denger juga kayak gitu. Eh, bahkan denger2 nih.. kalau gak bermasalah, disuruh ngelahirin di rumah aja.. Bener gak sih?? Coba.. Teh Iyun bisa cerita kali??

    Kalau di sini, sepulangnya ke rumah, dikasih bidan juga.. yang mana harus kita kontak sendiri, tapi total dibayarin asuransi. Bidan ini bakal datang ke rumah sampai 10 kali kalau gak salah. Diantaranya buat ngontrol kondisi ibu dan bayi.. ngasih resep obat/alat kalau memang diperlukan.. dan ngajarin segala macam tentang mengurus bayi.. Sayangnya si bidan ini tidak untuk membersihkan rumah dan nyetrika baju.. :D

    Tapi, saya sendiri belum pernah sih manggil bidan ke rumah... males ngontaknya.. :D

    ReplyDelete
  13. Amazing banget ya!! suka ngerasa gitu ngga sih? pastinya ya hehe,, palagi kl inget momen2 melahirkan dan ngeliat ini lohh bayi yang dulu di perutku! hehe,, TFS ya Teh,, ceritanya mengharukan,, plus diselap-selip bodor, jadi resep bacanya :D

    ReplyDelete
  14. Kalo melahirkan di Indo tergantung rumah sakitnya juga Na, ada yg harus pisah, ada yg engga. Kalo tempat Sandra waktu itu memang pisah, tapi setiap berapa jam si baby dibawa ke kamar buat disusuin, atau kapanpun kita mau nyusuin babynya, langsung dateng aja ke ruang bayi. Tapi kebayang dong abis caesar yg jalan aja masih harus pegangan, kaki diseret2, duh kalo inget mah rasanya kapok. Tapi gimana yah, punya anak teh anugerah yg tak ternilai, apalagi kalo ngeliat perkembangannya, rasanya pengen punya lagi dan lagi, hehehe...

    ReplyDelete
  15. Whuaaaa melahirkan adalah pengalaman yang tak terlupakan :D kadang masih kebayang juga mulesnya heuheuheuehueheuheueh apalagi c gw mah 29 jam bo! dari bukaan 1 sampe total jendral c "eneng" nya keluar :D bukaan 1-5 masih bisa meringis2 jalan2 di rumah, di RS, begitu bukaaan 5 dst mah boro2 jalan2 pindah posisi tiduran juga males hihihihihihihi btw saat dirikyuuhh melahirkan ruangannya sebelah2an ama Hayuni di Ruang melahirkan loh....lahirnya pun berbarengan cuma selang 5 menit :D jadi abis melahirkan bisa langsung reunian dengan teman SMA di RS hihihihihi

    ReplyDelete
  16. Pasti atuh, Ma... apalagi pas dipangku teh.. eta kakina meni rangkobang.. hehehe..
    Apalagi pas kita punya anak berikutnya.. kadang gak percaya kalau anak pertama kita dulu juga sebegitu kecilnya.. sebegitu ringkihnya.. Ah, waktu emang cepat berlalu yah..

    ReplyDelete
  17. Oo.. gitu ya, San.. Makasih infonya..

    Hayu atuh.. mau balapan, San?? hehehe...

    ReplyDelete
  18. Wuaaa... laama amir, Vie.. aku pasti udh gak tahan itu mah.. :(
    Serius kalian sebelahan?? saling teriak bareng donk.. :) Asyik bener bisa reunian.. ketemu si Momon donk... ups.. salah ya?!

    ReplyDelete
  19. Doain aja yah Na... biar cepet menyusul ke jenjang 'ituh' dan lancar urusan-urusan ku jadi deh insya Allah.... heheheheh....
    PS: tidak menerima tanya jawab di depan publik

    ReplyDelete
  20. bisa bisa.. silahkan dicatat sebagai hutang :)

    ReplyDelete
  21. gak bakal nanya lagi kok.. :p
    didoain aja dalam ati.. ;)

    ReplyDelete
  22. hahaha... as you wish.. catteetttt..
    To Puti, yg ini ni ceritanya bakal lebih nyambung sama dirimu, soalnya di negara yg sama. ;)

    ReplyDelete
  23. benerrrrrrr,, ternyata sama ya perasaannya??

    ReplyDelete
  24. Asyik, ntar tanya2 ke Teh Iyun yaa... Slm kenal Teh Iyun :)

    ReplyDelete
  25. wakakakakakakka kang Momon sudah menikah pertengahan februari kmrn tin, tuh lagi pada seneng reunian di kampung sebelah c FB tea :D banyak anak2 x2d kumpul disana. hayu atuh urang kaditu ;)

    ReplyDelete
  26. haiyah.. aku kok ketinggalan sih, Vie?! di FB blom nemu anak2 2D kecuali Teteh Bebek, hihihi.. ntar kucari kalian yah..

    ReplyDelete