Thursday, March 26, 2009

Baby Utun: catatan 1 2 3

Kunjungan pertama, 21.11.2008, usia kandungan 5 minggu + 2 hari.
Kali ini saya menyadari lebih awal dari sebelum-sebelumnya (usia 12 minggu dan 10 minggu). Setelah memeriksa sendiri di rumah, saya langsung membuat janji dengan dokter, masih dokter yang lama. Soalnya saya sudah cocok dengan beliau, lagipula pemeriksaan Ultraschall (Ultrasound) tidak dikenai biaya tambahan. Pada pemeriksaan pertama ini, tidak ada tes urin/tes darah. Saya langsung berbincang dengan sang Dokter, dan beliau langsung memastikan kehamilan dengan Ultraschall. Hasilnya?? Kondisi rahim memperlihatkan tanda-tanda kehamilan, namun embrio tidak terlihat. Hal ini bisa jadi karena usia kandungan yang terlalu muda. Makanya saya harus balik lagi 2 minggu kemudian. Katanya memang, embrio mulai terlihat ketika kandungan berusia 8 minggu.

Di minggu-minggu ini, saya belum mengalami gejala apapun (mual, muntah, dsb), nafsu makan pun tidak berubah.

Kunjungan kedua, 5.12.2008, usia kandungan 6 minggu + 6 hari.
Kunjungan kali ini mulai seperti kunjungan biasanya. Timbang berat badan, tes urin, tekanan darah, tes darah (darah yang diambil buanyak banget, 2 botol!, kira2 per botolnya 10 mL), terakhir.. tentu saja berbincang-bincang dengan dokter. pH 5,3, lumayan tinggi (normalnya 4), makanya dikasih obat (Gynoflor). Pemeriksaan Ultraschall menunjukkan embrio sudah terlihat, Alhamdulillah, masih seperti bola, bagian2 tubuhnya belum terbentuk. Tapi, ternyata dokter menemukan adanya Kista di bagian kiri. Karena pada pemeriksaan sebelumnya dokter tidak melihat keberadaan Kista ini, maka dipastikan bahwa ini merupakan kista yang timbul karena kehamilan. Nanti juga hilang sendiri, katanya. Karena ukurannya kecil dan saya juga tidak mengeluh sakit karena Kista ini, maka dokter pun tidak terlalu mengkhawatirkan kondisi ini.

Di minggu-minggu ini mulai terasa gejala-gejala aneh dan tidak enak. Satu hal yang patut saya syukuri, dalam ketiga kehamilan saya, saya tidak separah kondisi orang lain. Mual hanya sedikit. Muntah tidak pernah. Pusing dan males sih iya... pengennya tiduraaaan aja... sayangnya gak bisa.. digangguin terus... Mulai susah masak.. ternyata setelah dipikir-pikir hanya beberapa jenis masakan aja yang saya tidak bisa memakannya, seperti bawang bombay, bawang putih, daun bawang, buncis, indomie, sosis. Yang lain2nya, meski masak sendiri masih bisa makan, asal jangan ada unsur tumis2an.. Jadinya masak pake metide cemplang-cemplung. :D Mulai ketagihan sama makanan2 yang biasanya jarang2 saya makan, seperti pete, ikan asin, cabe rawit (jadi hobi makanan serba pedas), tempe.. haduh.. Indonesia sekali sih ini.. lumayan menguras isi dompet.. :D

Kunjungan ketiga, 2.1.2009, usia kandungan 11 minggu + 1 hari.
Kali ini cuma pemeriksaan urin dan tekanan darah aja. Berat badan naik 1 kg dari bulan sebelumnya. Berikutnya pemeriksaan dengan dokter. pH 5,0, masih tergolong tinggi, dokternya heran karena di kehamilan sebelumnya saya tidak mengalami hal ini di awal2 kehamilan. "Anda sakit? stress?" tanyanya.. rasanya sih nggak, Dok.. hanya.. saya lupa melulu pake obatnya, hehehe.. Dari 6 biji yang dokter kasih, saya cuma makan 3. Yah, akhirnya dikasih obat yang sama.. Mudah2an bulan depan kondisinya membaik, katanya.. kalau kondisi masih sama, dikhawatirkan terjadi infeksi. Saat ini sih masih baik-baik saja. Kista masih ada, ukurannya sedikit membesar dari bulan sebelumnya. Tapi karena saya tidak ada keluhan sakit, maka dokter pun tidak khawatir. Gimana kabar Baby Utun?? Ternyata kali ini dia sudah mulai membentuk.. kepalanya sudah kelihatan, begitupun tangan dan kaki. Cepat juga.. :D Dan kali ini saya tidak lupa minta fotonya :D

Gejala2 aneh di awal kehamilan mulai membaik.. mulai kembali normal. Masalah makanan juga mulai bisa ditanggulangi, karena saya sudah tau triknya.. ;)

14 comments:

  1. Gynarflor dimakan Na?
    aku juga dulu dpt tp ngak dimakan dimasukan di bawah hehehe,...
    sapa yg salah ngerti nih,...

    ReplyDelete
  2. hahaha...iya, dimakan sama si ntuh... mestinya nulisnya dipake ya?! :D

    ReplyDelete
  3. Uuh, baby nya uda keliatan.. Selamat y teh.. :)

    ReplyDelete
  4. Inaaa barokallah, alhamdulillah atuh klo aktiftitas sehari-hari seperti biasa. sami atuh Na, saya ge jadi bebal kana lada, hoyongna neda nasi khas Indonesia NasiBungkus Padang, Tempe goreng ( untungna aya tatanggi nu sok ngadamel tempe didieu). Mun caket mah di kintun ka Ina.

    ReplyDelete
  5. hihihihi aku juga PHnya kelebihan tuh 4.7. Dikasih obat juga, tp namanya Vergiflor...mahal bgt...6 buah 13E lebih:-( Dokternya suka ngasih obat mahal nih..dulu Vitamin juga dikasih contohnyanya yg mahal. tp org apotiknya blh Folio aja juga cukup, akhirnya minum Folio aja deh:-)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah.. sami-sami, Teteh.. wilujeng oge. Mun caket mah, urang tiasa berbagi suka duka nya?! :D Iya, aneh pisan ini teh... saya jadi suka banget pedezzzz... Cengek nu biasana dipiceun kusabab buruk.. ayeuna mah saacan layu ge tos ledis.. :D

    ReplyDelete
  7. Ooo.. Kalau folio, magnesium, zat besi.. itu memang biasanya bayar sendiri. Tapi kalau si Gynoflor tadi, mungkin karena sakit, jadinya dibayarin asuransi. Saya cuma bayar 5 Euro doank..

    ReplyDelete
  8. oya na..selamat ya..asik mau pnya keponakan lagi nih...sing sehat ya...:)

    ReplyDelete
  9. nah benerkan....saya juga dah bilang sama suami, hrnnya sidokter ngasih resep, bukan hanya nulis nama obatnya aja diselembar kertas. Kan kalau nggak ada resep dari dokter gitu, kita jd bayar penuh deh:-(
    Tks ya sharingnya Na, jd tau. Besok2 kalau si dokter kasih obat (yg bukan vitamin) minta pakai resep ah! nggakmaurugi.com:-)

    ReplyDelete
  10. Kalau pake resep juga harus hati-hati, Mbak, karena tidak semua resep dibayar asuransi. Kalau resepnya berwarna merah, itu di bayarin asuransi (resep anak mah total gratis, resep dewasa bayar 5 Euro aja). Kalau resepnya berwarna hijau/biru gitu lah.. Itu resep privat, jadi harus bayar sendiri.

    ReplyDelete
  11. ina....aduh, mani tereh pisan...selamat nya na...mudah2an enis tiasa nyusul kanggo rai na luna..tapi da enis mah mani asa sieun keneh..:D...selamat ya na, mudah2an sing lancar pisan dina sagalana...sok reuwas enis mah ari denger anu hamil teh..pokokna mah sing lungsur langsar nya na....sun teubih kanggo nadin + maryam

    ReplyDelete
  12. hehehe... sengaja, Nies.. biar bisa ABG bareng sama anak2 ntar. Nuhun.. moga2 kahoyong Enis sing enggal kacumponan. Tong sieun2 lah... pasti tiasa! ;)

    ReplyDelete