Thursday, March 5, 2009

Halal-Haram: Die HARIBO Info-Seite

http://www.haribo.de/planet/de/info/frameset_verbraucherinfo.php
Lagi-lagi Haribo..
Selama ini saya memang tidak pernah memandang produk ini, meski dengan sebelah mata.. soalnya tau dari teman-teman kalau produk ini menggunakan Schweinegelatine alias gelatin babi. Ternyata.. beberapa waktu lalu, setelah saya ngubek-ngubek dengan asyiknya muslimmarkt.de, saya baru tahu kalau Haribo memiliki produk-produk untuk Vegetarian dan Muslim... tentu saja produk ini yang diproduksi di Jerman.

Mulai hari itu, setiap kali melewati rak haribo, saya mulai berhenti di situ, melihat-lihat produknya... dan ingin mencoba membeli.. hehehe.. (katanya gak tertarik?!). Sayangnya, saya selalu lupa membawa list yang sudah saya posting sendiri di MP saya ini, hahaha... Akhirnya gak pernah jadi membeli..

Dan pagi ini, dengan penuh penasaran saya mengunjungi website HARIBO langsung. Kenapa? Karena setelah saya mengunjungi toko halal, ternyata mereka menjual haribo halal yang tidak ada di list kemarin.. dan ini juga bukan produk dr Turki. Dan ternyata, di website mereka tertera lebih banyak produk dibandingkan list yang kemaren.. Sayangnya yang Goldbaeren tidak termasuk, hiks... yang di toko halal itu ternyata Goldbaeren yang dari Turki. Oya, di website itu juga dijelasin, bahwa produk-produk mereka untuk negara-negara muslim, bebas dari gelatin babi.. gelatin sapi???? gak tau... :D

Berikut daftar Haribo (terbaru) yang boleh dikonsumsi muslim dan Vegetarian:
Vegetarier Stueckartikel:
Bonner Gold
Crazy Schnuller
Happy-Cola-XXL
Extra-Saure-Saurier
Halbmonde
Kirsch Cola
Kiss Cola
Mundöffner
Pasta Frutta
Riesen Erdbeeren
Lakritz Schnecken
Salino
Salmiakstangen
Salz Gurken
Saure Gurken
Schlümpfe
Schwarzgeld
Seesterne
Super Schlumpf
Veilchen-Pastillen
Viola

Vegetarier Beutelartikel:
Bärenpranken
Crazy Schnuller
Goliath-Lakritzstangen
Jelly Beans
Katinchen
Kinder-Gaudi
Pasta Frutta
Lakritz Schnecken
Piratos
Salino
Sour Snup

5 comments:

  1. Na, sekalian fotonya di upload,...
    :D

    (dikasih hati minta jantung)

    ReplyDelete
  2. lagi lagi dari anakku...kata temen temen haribo lakritz boleh bunda bt muslim...
    kat si bunda: gak de...bunda belum yakin..
    eh ternyata aya info deui ti Ina..halal ya Na..?jd si ade bener atuh...
    nuhun...

    ReplyDelete
  3. asyik di Indonesia... di sini mah semua ada label halalnya, hihihi

    ReplyDelete