Thursday, March 26, 2009

Baby Utun: Praenatal Diagnostik

Praenatal Diagnostik merupakan pemeriksaan menyeluruh terhadap bayi sebelum lahir. Dalam pemeriksaan ini, kondisi bayi serta kelainan yang diidap oleh bayi bisa terdeteksi sejak dini. Alat yang digunakan Ultrasound 3D dan 4D. Nah, lo... dari dulu saya teh bingung, kok bisa sih 4 dimensi?? denger2 karena ada satu dimensi tambahan, dimensi suara, entah suara apa. Tapi di USG 2 dimensi juga, ada suara yang bisa kedengeran, suara detak jantung bayi. Setelah baca-baca.. ternyata, USG 4D itu dikenal juga sebagai USG 3D-Live. Dan memang selama kurang lebih setengah jam pemeriksaan.. saya seperti menonton film dari bayi di dalam perut saya. Tendangannya... isapan jempolnya... mulutnya yang komat-kamit.. gaya-gaya uletnya.. yang tanpa terasa, membuat air mata menetes perlahan-lahan.. terkesima dengan ciptaan-Nya di dalam perut ini.

Pemeriksaan ini dilakukan bukan di dokter kandungan saya yang biasa, tapi saya di rujuk ke dokter kandungan lain yang biasa melakukan pemeriksaan ini. Daaan.. ditanggung asuransi lho! Pernah ada teman yang ternyata asuransinya tidak mau membayarkan pemeriksaan ini, dan dia harus membayar sekitar 500 Euro. Makanya, ketika dokter saya bilang ditanggung asuransi, tanpa pikir panjang, saya langsung membuat janji dengan dokter yang satu ini.

Pemeriksaan ini dilakukan ketika kandungan berusia 20-22 minggu, berlangsung sekitar 1 sampai 2 jam. Karena itu, dianjurkan tidak membawa anak kecil. Dikhawatirkan mereka akan bosan dan rewel. Karena itulah, pas hamil Nadin, si Akang masih bisa ikutan nonton, tapi hamil Maryam dan yang ini, si Akang mesti jagain anak-anak di rumah.. :D Dan saya pun menikmati kebesaran Allah ini sendiri saja.. bertiga dink.. sama dokter dan asistennya.

Sebelum dilakukan pemeriksaan, saya harus membaca dulu surat yang berisi sekilas tentang pemeriksaan ini, meliputi apa saja. Dan di bagian paling bawah saya harus menandatangani pernyataan, bahwa secanggih-canggihnya alat yang digunakan untuk pemeriksaan tersebut, bukanlah jaminan bahwa si bayi akan lahir sama persis seperti hasil yang diperoleh hari itu. Kemudian saya diwawancara. Pertanyaannya banyaaaak banget. Semuanya seputar kelahiran bayi-bayi di keluarga kami, keluarga saya dan keluarga si Akang. Dimulai dari kelahiran kami sendiri, kelahiran anak-anak kami, kelahiran kakak dan adik kami, kelahiran anak-anaknya kakak dan adik kami, kelahiran orang tua kami, kelahiran adik dan kakak dari orang tua kami..halah.. lieur.. Mana saya dan si Akang termasuk keluarga besar.. kebayang donk kami mesti nyebutin satu demi satu.. capeee deh...

Kebetulan, dari kakak saya ada satu anak yang mengidap kelainan jantung. Ternyata hal ini juga dibawa-bawa ke kelahiran anak saya nanti. Dokternya bilang bahwa anak saya memiliki kemungkinan sebesar 4% mengidap kelainan jantung juga. Duh, ya Allah.. semoga saja tidak..

Pemeriksaan USGnya sendiri sangatlah mengasyikan buat saya.. ya itu..berasa nonton film anak sendiri. Baby Utun kerjaannya ngisep jempol terus, kalau nggak, tangannya disimpan di kening. Jadi menghalangi mukanya ketika akan difoto sama si dokter. Dokter berusaha merubah posisi tangan dengan mengetuk2 alat USGnya di perut saya. Duh.. perut rasanya seperti dikocok.. untung saya gak sampai kentut, Dok, hihihi..

Dari hasil hari ini, alhamdulillah kondisinya baik-baik saja. Jari tangan jari kaki semua lengkap. Anggota badan dari mulai kepala sampai ujung kaki juga lengkap. Organ dalam juga lengkap dan baik-baik saja. Ukuran pun normal. Berhubung ada kemungkinan kelainan jantung tadi, saya dianjurkan kembali lagi di usia kehamilan 28 - 30 minggu. Duh, yang ini dibayarin asuransi gak ya??

Oya, 3 kali saya periksa di sini, 3 dokter juga yang menangani saya. Yang pertama, suaminya. yang kedua istrinya. Berikutnya.. anaknya.. (kupikir..). Ternyata namanya beda, jadi kemungkinan besar bukan. Dokternya masih muda banget, mungkin seumuran saya atau si Akang. Jadi tampaknya masih baru. Mungkin dia belum tahu, atau memang baik.. karena kali ini saya diberinya foto yang 3 dimensi, meskipun hitam putih.. biasanya hanya dikasih gambar seperti di atas, kalau mau gambar yang ini (3D) harus bayar lagi.


Dilihat-lihat.. kayaknya Baby Utun 3 kali ini bakal mirip Mamiya nih.. hidungnya.. bibirnya.. dagunya.. mirip semua..  Tapi bapaknya masih gak mau mengakui.. gambarnya gak jelas, masih bisa berubah, katanya.. :D

40 comments:

  1. subhanalloh ya..... Allah benar2 Maha Besar

    ReplyDelete
  2. Ina`rujukannya masih di Dokter Sutz? (salah ngak ya nulisnya).
    aku sama Na` 2x usG 4d Alhamdulillah Asuransi bayar.
    kl ngeliat bibirnya sih kayak maryam hehehe,...

    ReplyDelete
  3. Inaaaa... bener kan nambah nihh? Waaa selamat yaa. Udh brp bulan? Cowok cewek nih? Hehehehe.. tampak berharap cowok :D

    ReplyDelete
  4. SubhanALLAH... uda mao yang k 3.. Hebat euy!!

    ReplyDelete
  5. investor saling rebutan pengaruh nih hueheheheheeh
    selamat buat Ina dan Dian..Semoga semuanya sehat selalu:-)

    ReplyDelete
  6. Ya Tina juga lagi hamil ya..wah selamat ya...
    Hari ini aku juga kontrol lagi, tp si baby msh malu tuh, muter2 trs jd dokternya susah dapat pose yg bagus:-)
    Tdnya jg dokternya bilang ' nanti kalau mau dia akan kirim untuk USg yg lebih jelas, kalau kandungannya dah 20 minggu. Dia blg EXTRA, artinya kali nggak ditanggung asuransi kali ya...Btw, Tina asuransinya apa? mana tau sama, jd biar ntar bs tanya ke asuransinya:-)

    ReplyDelete
  7. Betul sekali, Mbak.. Alhamdulillah dikasih kesempatan buat ngelihat kehidupan nyata di dalam sana..

    ReplyDelete
  8. Bener deh nama tuh dokter susah banget ditulis, hehehe..
    Iya, masih dirujuk ke sana. Cuma kemaren teh aku diperiksanya sama asistennya kali (dokter baru, disebutnya Herr Doktor sih, cakep, Mpok, hihihi..). Aku pikir anaknya, tapi ternyata nama keluarganya lain. Hm.. kayak Maryam ya?? rasanya itu bibir rada2 tebal kayak aku.. hehehe...

    ReplyDelete
  9. hihihi... iya, maaf nih, Put.. kemaren jawabnya ngasal.. abis seneng jailin Puti.. :D Sekarang udah hampir 6 bulan, Put. Ah.. sebenarnya laki perempuan sama aja.. saya seneng banget juga sih ngurusin anak pere.. kayak main boneka.. :D Tapi, kata dokternya sih, "Es ist doch ein kleiner Mann", alhamdulillah..

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah.. Sok atuh, Tyas mo nyusul?? ;)

    ReplyDelete
  11. Amiin.. makasih, Mbak..
    iyalah.. saling rebutan.. biar rumah tambah hidup.. :D

    ReplyDelete
  12. hehehe.. iya, nih, Mbak.. alhamdulillah..
    USG yang 20 minggu, kemungkinan besar memang sama, pemeriksaan yang ini tea. Asuransi saya mah DAK. Nah, sebenarnya saya juga rada nggak ngerti ini teh. Semenjak hamil Maryam, ada aturan baru, USG yang dibayarin asuransi hanya 3 kali aja selama hamil, satu kali di masing-masing trimester. Kalau lebih dari itu, harus bayar sendiri (pengalaman teman2 sih berkisar antara 20 - 30 Euro per USG). Kalau dokter saya mah bilangnya, dia gak bisa narik uang ekstra dari pasiennya, dan dia juga gak bisa meriksa tanpa USG. Makanya saya selalu di USG.. dan GRATIS. Nah, USG 4D ini bisa jadi trik dokter saya aja. Maksudnya, jadi dia minta ke asuransi untuk pembayaran USG hanya dua kali aja untuk dia, sekali untuk dokter yang 4D ini. Soalnya kalau denger pengalaman teman yang lain dokter, ternyata tidak semuanya dirujuk untuk periksa yang satu ini.

    ReplyDelete
  13. aku kasih lihat apih dan ambu ahhh....:p

    ReplyDelete
  14. dokter kandungan kita sama gak? kalo iya, hmmm... kemungkinan skarang banyak yg gak dibayarin sama asuransi soalnya kemaren aku ke dokter dan kaget baca daftar hal2 yg tidak ditanggung asuransi lagi. Cek ultraschall (bener gak sih nulisnya?!?!) bayar 30 Euro.

    ReplyDelete
  15. dr. Felken kan?? Masa sih, Mbak? Sampai saat ini sih aku masih belum bayar apa2 tuh, kecuali Toxoplasma... dan belum ada pemberitahuan apa2, selain USG yang memang sejak 2 tahun lalu hanya 3 kali yang dibayarin asuransi. Trotzdem, si dokter tetep meriksa USG tanpa narik bayaran lg dr pasiennya. Btw, pengumumannya di seblah mana? Senin besok jadwal ke dokter, pengen baca juga.. mudah-mudahan mulai berlakunya setelah aku melahirkan.. :D

    ReplyDelete
  16. tresna dulu aku juga dapat daftar harga yg kamu dapat,sampe aku akhirnya takut ultraschal,eh dokternya bilang ngak usah mikirin biaya,so wieso mereka butuh tahu perkembangan bayi kita di perut,jd digratisin,inilah yg gue salut sama dr Gaetner/Falken,tau ngak dia tuh nyempet2in nelpon ke RS wsetiap aku melahirkan utk mengucapkan selamat,pokoknya hidup falken hidup gaetner,...

    ReplyDelete
  17. mungkin kalo buat pemeriksaan ibu hamil, masih banyak yg ditanggung asuransi. kalo pemeriksaan setelah kehamilan, mungkin ada hal2 yg harus dibayar. aku gak bisa mastiin soalnya gak bisa baca lagi daftarnya berhubung daftarnya itu udah dibalikin ke suster. dan yg kemaren itu, aku dateng utk hal kontrasepsi dan sebelum ketemu dokternya, aku disuruh baca informasi ttg hal2 yg musti bayar sendiri, dicetak di selebaran warna kuning. abis dibaca, dikasih pilihan hal yg mau diperiksa sama dokter, trus tanda tangan dan langsung bayar. untung kemaren itu aku lagi bawa uang cukup. kalo engga, melongo aja dah. so... mulai sekarang, pemeriksaan ke dokter gak senikmat dulu yg cuma bermodal kartu asuransi dan uang 10 euro. pait! :(

    ReplyDelete
  18. beruntunglah elo dan aku dan ina yg jadi pasiennya. :)
    dokternya emang baik, perhatian dan tegas. dulu aja, waktu aku gak dapet pembantu, dia sendiri yg berinisiatif utk ngeluarin surat pernyataan utk tempat kerja mas ridwan supaya dia bisa diberi cuti sekian minggu tanpa potong gaji. tapi akhirnya gak terlaksana karena mas ridwannya ogah, mendingan diabisin aja cutinya sekaligus.:)

    ReplyDelete
  19. kl yg ini emang bayar sendiri Tres,kl pemeriksaan setelah kehamilan ada dua pilihan,waktu itu gue ditawarin ultraschal pake alat yg dimasukin apa yg cuma lewat perut,nah salah satu dr ini dibayar asuransi.

    ReplyDelete
  20. HIDUUUPPP!!! *jadi kayak kampanye :D*

    ReplyDelete
  21. Untuk Kontrasepsi memang harus bayar sendiri.. dan saya belum pernah ke dokter untuk melakukan ini.. Jadinya gak tau seberapa gede mesti ngeluarin duit.. :D Tapi memang sih, makin lama makin banyak kebijaksanaan yang berubah, terutama yang tidak berhubungan dengan sakit. Hm.. Papsmear sama tes kanker PD masih gratis gak ya?!

    ReplyDelete
  22. beruntung juga Elyta, Mbak Niken, Mbak Ningsih, Teh Ratna, dll.. dll.. AKu pernah ketemu Mbak Nina juga lho di dr. Gaertner.. hihi.. orang Indonesia banyak amat yang periksa di sini. Tapi emang deh, dokter ini memang TOP BGT, makanya aku bela2in jauh juga periksa ke sini.. :D

    ReplyDelete
  23. Ini yang Nachgeburt Untersuchung itu ya, Mpok?? Wah.. aku mah gak pake ditawar2in apa-apa dulu.. langsung periksa aja.. Mungkin udh muka kere.. jadinya langsung dikasih yang ditanggung asuransi.. hihihi..

    ReplyDelete
  24. ieu diskusi ibu hamil...uih deui ah...,cik bade ningali nu belah ditu "bari ngaleos..."

    ReplyDelete
  25. ada peristiwa yg bikin aku terharu banget,pertama kl aku di periksa dr gaertner,krn falken ngak ada,pertama dek2an krn dia laki2,tp ya mo apa lagi terpaksa deh.
    eh ternyata begitu ditangani,dia bikin kita nyantai dan ramah banget,serasa seperti ngobrol ama temen,watu itu mo libur panjang natalan terus kita berjabat tangan eh dr meluk aku dgn akrab,ya serasa banget seperti pelukan seorang ayah thp anaknya.

    ReplyDelete
  26. dr, gaetner n dr. faelken itu prakteknya dimana na? itu dr kandungannya ina ya? atau khusus itk USG 4 D? cuman sekadar nanya untuk masa depan yang blom tau kapan:-)

    btw, baby utun itu nama atau istilah bhs sunda utk baby yang akan lahir? hihihi, maap banyak nanya

    ReplyDelete
  27. wah, baby nya ina cakep, selamat ya Ina:-)

    ReplyDelete
  28. Iya, Hitri, itu dokter kandungan rutin. Prakteknya di Giselastrasse, tepat di belakang Hypovereinsbank. Si dokter2 ini tampaknya udh partneran sama dr. Tschuerz (dokter yg biasa meriksa 4 dimensi). Jadi kalau periksa kehamilan di sini, pasti dirujuk ke sana pas menginjak kehamilan 20 mingguan. Kalau nelepon bikin janji suka ditanya, mo sama Frau Doktor atau Herr Doktor?? Kalau saya lebih nyaman sama si Frau doonk, hehehe... Tapi biasanya, kalau dr. Felken lagi gak bisa, suka digantiin sama dr. Gaertner, dan itu juga biasanya ditelepon dulu ke rumah, bersedia atau nggaknya. Kecuali yang mendadak banget kali ya?! Sok atuh, moga2 aja secepatnya... sebelum Ali meneror ibu bapaknya :D

    Baby Utun mah istilah saya aja.. jijay ya?! Sebenarnya asal katanya memang dr bahasa Sunda. Kalau orang tua jaman dulu, suka nyebut bayi dalam perut (janin) dengan sebutan utun inji.. "gimana kabar si utun inji??" misalnya... Sebenernya khawatir juga nih, takut anak2 keterusan.. setelah lahir nanti masih dipanggil Baby Utun, hehehe... Susah bener ya nyari nama cowok.. duh....

    ReplyDelete
  29. Makasih.. doain aja bener.. Soalnya kemaren di Munich ada kejadian langka nih.. awal2 dikira cowok sama dokternya.. Disaat kandungan semakin tua, ternyata jadi cewek.. dan memang lahirnya beneran cewek.. hehehhe..

    ReplyDelete
  30. Eh, ari si teteh bade kamana??? sok atuh mangga.. cai.. cai heula.. Sugan we sasih payun nyusul.. hihihi...

    ReplyDelete
  31. Bener, Mpok.. aku jg ngalamin.. tapi gak sampe dipeluk sih, hehehe... tambahan Mpok... Ini bukan cuma dr. Gaertner sih.. tapi dokter kandungan laki-laki yang aku temui di sini.. sopan-sopan ya?! Mereka pasti bilang dulu kalau mau meriksa kita. Misalnya waktu habis ngelahirin di RS, kan sebelum pulang, mesti periksa dulu segala macem.. termasuk jahitan.. Kebetulan pas aku pulang, hari Minggu, dan dokter yang bertugas saat itu laki-laki, dia nanya dulu, "Saya harus memeriksa jahitan Anda, apakah Anda tidak keberatan kalau saya yang memeriksa, atau perlu saya panggilkan kolega saya yang perempuan??" duh.. baek banget sih..

    ReplyDelete
  32. barakallah udah 20 minggu, kok ya saya baru tau...
    La kamana wae La...

    *heheh nyindir diri sendiri

    ReplyDelete
  33. waaaa tetehhhhh selamat yaaaa!!! uah 5 bulan atuh ya!! sampe baca ulang 4 judul berturut2 gini! hehe,, skali lagi selamat yaa!! Barakallah :)
    Tetehnya sehat2? anak2 gimana mau punya adek lg?
    keren 4D nya, bayinya terlihat jelas ya, subhanallah.. mirip semua deh hehe :D
    moga sehat2 dan lancar kehanilan ke-3 nya ini, aminnn

    ReplyDelete
  34. InsyaAllah 22 Juli. Makanya kami tidak bisa menghadiri 'acara besar' itu *selalu*
    Punten yah..

    ReplyDelete
  35. Emang baru diumumin kok, La.. Bukan salah dirimu yang menghilang.. :D
    Oya, dan sekarang udh bukan 20 minggu lagi, tapi dah memasuki minggu ke-24.. ;)

    ReplyDelete
  36. Makasih ya, Rahma.. Alhamdulillah semua sehat..
    Sok atuh kapan menyusul?? :D

    ReplyDelete
  37. iyah.. mohon doanya ajah :)
    semoga kelahirannya juga lancar, amiiiin...

    ReplyDelete