Thursday, March 26, 2009

Baby Utun: catatan 4 5

Kunjungan keempat, 2.2.2009, usia kandungan 16 minggu.
Kali ini kondisi makin membaik. Kista sudah tidak kelihatan lagi, pH kembali normal (4). Tes urin, tes darah (cuma dr jari doank) seperti biasa, berat badan nambah 1 kg. Baby Utun udh mulai bergerak-gerak, meski amat sangat jarang, tidak setiap hari.. dan kalaupun gerak, sehari hanya sekali saja. Anehnya, saya bisa ngerasain dia pertama kali bergerak di minggu ke-12. Tapi kata dokter, kalau sudah anak ketiga, memang ibu bisa lebih sensitif merasakan gerakan anaknya. Jadi tidak ada yg tidak mungkin. :D Dari pemeriksaan USG (kali ini mulai memakai USG biasa, yang di perut), kondisinya baik-baik saja.. anggota-anggota badan sudah lebih jelas kelihatan. Oya, hari ini juga dikasih surat rujukan buat periksa Praenatal Diagnostik.

Kondisi ibu sudah normal kembali. Ukuran perut semakin membesar, gatal-gatal mulai terasa. Makanya sudah mulai diminyakin deh perut. Dulu, pas hamil pertama, saya dikasih sampel minyak hamil sama dokter, belinya di apotek, harganya lumayan.. kalau gak salah 100 apa 200 mL gitu sekitar 12 Euro. Pas hamil Maryam, saya pake Oliven oil aja, alias minyak Zaitun, soalnya.. rasanya bau dan warna hampir sama. Dan ternyata.. dengan minyak zaitun.. gatal2 pun bisa teratasi. Lumayan menghemat, 6 Euro, bisa dapet 1/2 literan. Udah gitu, kalau masih sisa, bisa dipake masak pula.. :D Sekarang juga begitu, pake minyak zaitun aja..

Kunjungan kelima, 2.3.2009, usia kandungan 20 minggu.
Ada beberapa keluhan sebenarnya di pemeriksaan kali ini. Saya rasanya kurang merasakan gerakan bayi. Khawatir dia kenapa-napa. Soalnya udah memasuki minggu ke-20, seharusnya lebih terasa dibanding sebelumnya. Ini malah rasanya sama sekali nggak ada. Rada khawatir, soalnya rasa-rasanya beberapa hari terakhir sebelum saya ke dokter, saya selalu merasa kurang makan. Rasanya perut kok lapar terus. Tapi mata juga ngantuk terus. Nah. kalau lapar dan ngantuk ketemu, yang menang pastilah ngantuk.. :D

Kali ini di lab cuma diperiksa urin dan tekanan darah aja. Dan yang mengejutkan, ternyata berat badan saya malah nambah 2 kg, hahaha.. Padahal khawatir kurang makan gitu lho.. Aneh juga.. perasaan sering banget kelaparan, tapi berat badan malah naiknya dobel. Dokter puas juga sih liat kenaikan berat ini, dia bilang, Anda kan kurus.. jadi naik lebih dari ini juga gak apa-apa..:D

Kekhawatiran saya yang lain juga ditepis oleh dokter. Dengan USG, dia malah melihat Baby Utun gerakannya aktif sekali, sampai-sampai si dokter kewalahan mau ngukur2 dan sebagainya.. Alhamdulillah.. Dan yang paling mengejutkan, kali ini dokter melihat jenis kelamin si Baby.. ini sih laki-laki... Tapi Anda pastikan lagi nanti pada pemeriksaan di dr. Tschuerz yah.. Kali ini dikasih foto tampak depan.. mirip Power Ranger, hihihi..
 
Di akhir pemeriksaan, saya ke lab lagi, soalnya harus ambil darah lagi untuk pemeriksaan Toxoplasma. Sebenarnya sih harusnya ini dilakukan di awal, waktu saya diambil darah sebanyak-banyaknya itu. Tapi waktu itu saya memutuskan untuk tidak melakukan pemeriksaan ini. Soalnya udh pernah dan hasilnya negatif. Udah gitu, saya juga gak pernah makan daging mentah.. bahkan sayur mentah juga jarang.. Meski sebenarnya sih alasan utama, males bayarnya.. :D Tapi, ternyata si dokter benar-benar menyarankan untuk melakukan pemeriksaan ini. Yah.. akhirnya.. masuk lab lagi deeeh..


11 comments:

  1. sama Dong melakukan krn,dicerewetin hehehe,....

    ReplyDelete
  2. Ina selamat semoga bayi utun baik baik ya...

    ReplyDelete
  3. Waah.. pengalaman yang mengagumkan!! :D

    ReplyDelete
  4. haaaiii.. kita sama malesnya, Mpok.. males ngeluarin duit.. :D
    Dokternya juga sama kan yang ini?? hihihi..

    ReplyDelete
  5. Mudah-mudahan bentar lagi juga ngalamin ya.. ;)

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah na cowo ya....ntar ariq ada temennya....power ranger...hehehe

    ReplyDelete
  7. Lah.. sekarang juga udh ada atuh.. A Sani.. A Ipan.. A Devan.. A Dibaz.. ;)

    ReplyDelete
  8. iya.. kaget ya?! hehehe..
    Ini baru yang ketiga, Rin.. blum memenuhi target.. ;)

    ReplyDelete