Tuesday, April 6, 2010

Horrreeee.. bebas popok!!!

Dulu, saya beranggapan bahwa akan ada saatnya anak bisa ke toilet sendiri. Makanya waktu anak pertama, saya malah terlalu anteng membiarkan si anak asyik dengan popoknya. Sampai ketika anak-anak seusianya sudah bebas diapers, saat itu barulah saya sadar bahwa anak saya sebenarnya sudah cukup umur (bahkan mungkin lebih :D) untuk lepas dari popoknya. Makanya waktu itu saya langsung lepas popoknya Nadin, dan dilatih ke toilet sendiri dengan cara barbar. Alhamdulillah, meski penuh perjuangan ekstra mencuci dan (terkadang) mengepel, dalam waktu 9 hari pelatihannya berhasil tuntas. Dari pengalaman pertama ini, saya simpulkan bahwa ada saatnya si anak SIAP (bukan bisa) pergi ke toilet sendiri dengan bantuan dan dukungan orang tuanya.

Untuk anak kedua, harusnya saya lebih berpengalaman, dan saya sudah bertekad untuk melepaskan popoknya dalam usia yang lebih muda dari Nadin. Setelah baca-baca, katanya mulai usia dua tahun anak mulai siap disapih dari popoknya, tapi setiap anak itu unik, jadi tiap anak bisa beda juga usia siapnya. Untuk pelatihan ini, saya butuh waktu, dimana saya tinggal di rumah secara terus menerus untuk beberapa hari secara berturutan. Dan itu SUSAH.. sekalipun liburan sekolah, selalu ada acara di luar rumah (doh, si ibu pengacara pisan). Alhasil, biasanya saya selalu ingat akan toilet training ini di hari-hari akhir liburan, yang mana, toilet training yang sudah diniatkan selalu batal dilaksanakan. Setelah hamil tua, saya pun menyerah, rasanya tak sanggup harus angkat junjung si kakak plus ekstra nyuci tentu saja, sambil ngegembol si dedek di perut. Akhirnya saya putuskan, toilet training diundur sampai si adik lahir nanti.

Setelah lahiran, apakah yang terjadi? kondisi malah lebih repot ternyata, agak-agak sedikit kurang stabil, karena semua anggota keluarga harus menyesuaikan diri lagi dengan kehadiran anggota baru. Dan akhirnya saya pun tersadar kalau usia Maryam sudah sama dengan usia Nadin ketika lepas dari popoknya. Akhirnya bulan Januari lalu, saya lepaslah itu popok. Dan seperti biasa, di hari pertama lepas popok, kantung kemih bak botol minum yang kehilangan tutupnya. Bocoooorrrrr melulu. Berbeda dengan anak lain, masalah yang dihadapi Maryam justru siang hari. Kalau malam, dia nggak ngompol lagi. Tapi kalau siang, cucian langsung menumpuk dengan cepat*. Di hari ke-2 atau ke-3, saya harus pergi ke dokter. Saya kenakan lagi pampersnya karena khawatir bocor di tempat dokter. Setelah kembali ke rumah, dia tidak mau melepas popoknya. Dia bilang dia lebih suka popok hijau (pampers) daripada popok putih (kain)**. Ya sudah, akhirnya waktu itu saya mengalah. Anggaplah dia memang belum siap. Lagipula, saatnya dia masuk Kindergarten masih lama, masih bulan September, jadi bisa pas liburan musim panas nanti saya coba lagi.

Namun pertengahan Maret yang lalu, saya tiba-tiba mendapat panggilan dari Kindergarten untuk Maryam. Dia sudah bisa masuk mulai 1 April katanya. Bahagia tentu saja, karena selama ini dia memang sudah sangat ingin ikut kakaknya main di sana. Saya pun sibuk dengan segala persiapan. Mulai dari urusan administrasi sampai belanja segala keperluannya. Dan teringatlah saya kalau ada satu masalah yang dia belum siap. Popoknya masih setia terpasang di badannya. *Wadduh* Dan Kindergarten ini termasuk Kindergarten yang tidak membolehkan anak-anaknya mengenakan popok. Gurunya bilang, kalau sampai hari-H Maryam masih belum bisa pipis, terpaksa dia harus melepaskan popoknya di sini, dengan resiko saya membawa banyak cucian setiap harinya. Tapi biasanya seminggu mereka sudah bisa ke toilet sendiri, katanya. Hm.. berarti caranya sama persis dengan metode yang saya terapkan ke Nadin dulu. Akhirnya saya tambah semangat untuk menerapkan metode yang sama.

Kebetulan dua minggu terakhir ini liburan sekolah, dan kebetulan lagi rencana liburan kami sedikit diundur karena si Akang sedang banyak kerjaan. Jadi bisa dipastikan kami akan banyak menghabiskan waktu di rumah selama liburan. Saya langsung terangkan pada Maryam, bahwa dia HARUS melepaskan popoknya, kalau dia MAU ke Kindergarten. Akhirnya diapun setuju. Hari pertama libur, langsung saya lepas popoknya. Dan seperti biasa, remnya blong lagi (kembali ke awal ternyata, tidak melanjutkan yang dulu, hehehe..).

Dalam 3 hari pertama cucian lumayan menumpuk. Ternyata anak ini rada cuek, meski celana basah.. dia masih tetep asyik main. Kalau saya ajak ke kamar mandi, dia selalu tidak mau, bilangnya tidak mau pipis.. eh, beberapa menit kemudian basah. Atau, ada saatnya dia bilang mau pipis.. setelah sampai di kamar mandi, lamaaaaa sekali gak keluar-keluar.. sampai terkantuk-kantuk saya dibuatnya.. :D Ternyata dia hanya mau main-main, dia senang memasang dudukan toiletnya sendiri, dia senang mencet2 pembersih toilet lengkap dengan suara "wuzz"nya :D. Ah ya, saya biarkan aja semaunya, asalkan dia tidak takut pergi ke kamar mandi.

Hari keempat, dia mulai luluh, mulai mau ikut ke kamar mandi saat saya ajak. Kemajuan besar.. :D Dan bersyukur di hari itu saya tidak mendapatkan cucian basah. Hari berikutnya pun demikian.. hampir setiap 2 jam saya ajak dia ke kamar mandi. Kadang pipis.. kadang tidak..

Akhirnya di hari ketujuh, kebetulan saya terlalu sibuk di pagi hari, sampai lupa pada toilet training yang jadi rutinitas seminggu terakhir itu. Maryam tiba-tiba teriak, "Mama.. Maryam teh mau pipis.. Mama kok gak bawa Maryam ke kamar mandi sih??! ntar keburu ngompol nih.. ". Heh??!! kaget campur bahagia.. akhirnya dia bisa merasakan juga. Dan berita gembiranya, seharian itu dia bisa bilang pipis setiap kali dia mau pipis (beneran). Besoknya juga.. dan besoknya juga... Dan alhamdulillah sampai hari ini dia bisa bilang terus. Dua hari kemarin kami jalan-jalan seharian keluar rumah. Alhamdulillah dua-duanya juga selamat, tanpa celana basah. Mudah-mudah ini pertanda dia memang sudah lulus. Ternyata, anaknya sendiri butuh motivasi untuk mau dan bisa melepas popoknya. Kini, dia siap menjadi anak Kindergarten.. ;)

__________________________________________________________________

*celana basah karena pipis menjadi bau pesing kalau dibiarkan terlalu lama. Bahkan kalau langsung dicuci pun, bau pesingnya susah hilang. Maka saya menggunakan teori ibu mertua, dengan menyediakan satu ember berisi air sabun untuk merendam cucian yang bau pesing. Setelah terkumpul, masukkan ke mesin cuci, giling. Selesai. :D

**Saat si anak tidak lagi mengenakan pampers, sebagai penggantinya saya menggunakan kain yang dapat menyerap air (saya menggunakan SpĆ¼cktuch/kain tetra kurleb sebesar sapu tangan, dilipat-lipat) untuk menyerap air ketika dia pipis, agar air kencingnya tidak berceceran kemana-mana. Alhamdulillah.. gk perlu ekstra ngepel.
__________________________________________________________________

gambar diambil dari sini.

17 comments:

  1. Na, Wafa sekarang baru 19 bulan .. rela udah toilet training. Soalnya kalo orang 'kampung' kan gak pake diapers, jadi katanya mereka lebih cepat pipis di WC-nya. Sekarang gak pake diapers-nya hanya setengah hari dulu. Tapiii ya itu, Wafa baru ngomong pipis/ee setelah keduanya keluar. Di ke WC-kan setiap intreval setengah jam juga jarang berhasil, kadang belum setengah jam udah pipis atau bahkan setelah dibaawa ke WC malah gak pipis...
    Mmh apa masih belum siap yaa untuk toilet training? Wafa belum bisa mengontrol rasa pingin pipisnya kali yaa?
    boleh di detailkan toilet training-nya seperti apa?

    ReplyDelete
  2. Persis pengalamanku nih. Dulu, Tyo waktu 1,5 tahun udah toilet training, tapi karena hamil makin gede jadinya capek banget n nyerah pake popok lagi. Celakanya, setelah adiknya lahir saya yg tadinya pake popolini yg bukan disposable itu jadi males, akhirnya dua2nya pake popok sekali pakai. Keterusan deh sampe pulang ke Indonesia.

    Parahnya lagi, biarpun saya sekarang udah nerapin untuk kakaknya ga pake pampers kalo tidur malam aja, tetep suka kecolongan kalo yg nyebokin pembantu. Pantes kok tenang2 aja...eh ternyata pake pampers. Males kali dia kalo banyak cucian. Salahnya saya, kalo udah gitu cuma bilangin (tepatnya ngomel) si ART tapi pake pampersnya diterusin karena sayang mubazir.....Sampe sekarang Tyo masih belum bisa ngerasain kalo mau pipis kayaknya. Kalo BAB udah, tandanya dia langsung ngumpet di balik pintu kamar tiap mau BAB, tapi dia takut nongkrong di kamar mandi, seleranya langsung ilang.....:) Gimana ya...saya sampe lagi nimbang2 mau beli toilet duduk kuda2an yang ada lagunya itu deh.....

    ReplyDelete
  3. lho.. aku malah ngerasa yg di atas terlalu detail, La.. ternyata nggak ya? hahaha.. Bisa jadi blm siap. Sempet baca2, katanya, kalau si anak blm siap, jadinya malah lama. Makanya aku gk buru2 sih.. Alhamdulillah, dua2nya bisa cepat. La, kayaknya jangan setengah2 deh, kalau mau, lepas aja terus seharian. Soalnya kalau setengah, si anak jg jd setengah2.. *kali*
    Jd kalau aku selalu begini, hari pertama lepas popoknya, biarkan dia pipis di celana, gak diajak ke kamar mandi. Biar dia tahu, kalau dia pipis di celana jadi basah dan gak enak. Kalau bisa di hari pertama ini sambil di catat jam berapa aja dia pipis. Nanti jd keliatan durasinya tiap sekian jam. (Klo Nadin dan Maryam kurleb tiap 1,5 jam). Jd di hari kedua, aku bawa si anak ke kamar mandi tiap 1,5 jam (makin lama, jarak pipis ke pipis berikutnya bakal makin panjang). Tp klo si anak gk mau, kayak Maryam, ya gk dipaksa.. dia pipis di celana, ya biarin aja..:D Lama2 dia bakal ngerasain klo pipis di WC ternyata lebih enak drpd di celana.

    ReplyDelete
  4. Waduh, susah emang kalau sama pembantu ya, mbak.. Tentunya mereka juga ingin pekerjaan jd seringan mungkin.. :D Hm.. kenapa ya Tyo jd takut ke kamar mandi? ada trauma kah? Atau coba bikin suasana kamar mandinya menyenangkan, mbak.. ditempeli Poster misalnya. Atau dipasang jam dinding lucu.. Hm.. kalau aku gak mau beli toilet duduk kayak gitu, mbak.. mahal pastinya, heheh.. Tdnya dulu mau pake toilet duduk, tapi dipikir2 saya males bersihinnya. Iya kalau pipis doang.. kalau BAB? duh, males bangettt.. hehehe.. Makanya saya belinya dudukan toilet yg langsung dipasang di toiletnya, yang ada tangganya itu lho, mbak.. Anak2 ternyata jadi senang.. berasa di Spielplatz kali, hehehe..

    ReplyDelete
  5. Aku juga udah beli dudukan toilet, cuma yg biasa aja. Di sini ga pernah liat yang ada tangganya.....

    ReplyDelete
  6. heuheu Wafa kalo pipis.. suka bilang"iii pipis.. ii.. " sambil menjauh gak mau kena pipis kakinya :P
    dan kalo eo, dia langsung narik-narik gak nyaman kayaknya ..
    Tapi teuteup belum bisa bilang sebelumnya...
    mungkin belum bisa ya Na, belum bisa merasakan kalo mo pipis / eo itu kayak gimana :D

    ReplyDelete
  7. emang maryam teh yuswa sabaraha sih bu? Layla tos 3 tahun, nembe bade toilet training oge.. sesahna... luar biasa.. :(
    Kadang siga nu teu ngarti budak teh yen eta teh pipis.. malah mun pas ngompol teh si ompolna di ulinan, jadi kamana2 eta si pipi na teh.. indungna pasti lieureun..

    ReplyDelete
  8. hehe pami rela mah ti ngawitan, pami wafa ngompol teh sok nyarios kiyeu Kang " iiii Wafa jiji..mindel nya mindel..", dengan xpresi muka jiji tea.. janten Wafa na pami aya pipis teh langsung menghindar lalu diam..
    *heuheu ternyata efektif oge eta kalimat jijik beserta xpresinya.. ^__^
    *mindel = cicing,bilih aya anu teu ngartos,kumargi aya rerencangan rela nu di bandung teu ngartos mindel ^__^

    ReplyDelete
  9. Enya, padahal tos diwartoskeun : "Layla, itu pipis, itu jorok". Tapi angger weh.. siga nu teu ngartoseun..

    sami, abdi ge nembe terang aya istilah "mindel".. :P.

    ReplyDelete
  10. haha berarti bahas wewengkon urang Talaga nya Kang mindel teh. Kumargi pami nyarios cicing mah asa kasar, pami mindel mah bahasa kanggo murangkalih..

    Oia mungkin keinginan xplorasi Layla jauuh lebih besar, mengalahkan petunjuk orang tua ^__^
    pantang menyerah untuk mengetahui sesuatu ^__^

    ReplyDelete
  11. hihi seru!
    dan memang seru ya perjuangan ini teh hehe..
    tapi rasanya mah di Indo bisa lebih cepet, soalnya ada yang bantu nyuci, dan pampers harganya kerasa mahhhaaaallllll ^o^
    disini ga ada yang bantu nyuci, mana lantainya tatami jepang (kaya semacam tiker) jd kl ngompol di mana2 susah bersihinnya. Untung kebantu toilet training di sekolahnya ^o^ jadi BABnya udah bisa bilang, cuman masih angin2an. nah kl mau pipis bilangnya sambil lagi "currrr" hehe.. btw disini mah ada celana dalem yang di tengah2nya dikasih semacam plastik atau gimana ya,, bahan celana dalemnya juga neyrap air, jadi pake celana dalem itu ga bocor kemana2, cuman yang jelas bikin anak ga nyaman kl ngompol ^o^
    moga akira juga bisa cepet lulus toilet training nih!
    MET sekolah ya Maryam!

    ReplyDelete
  12. iya, bisa jadi, La.. blm 2 tahun kan? Katanya sih sebelum 2 thn emang lammaa.. Jd mending antosan heula sampe 2 tahun meureun.. ;)

    ReplyDelete
  13. Maryam ping 1 Maret kamari pas 3 tahun. Hampir sayuswa srg Layla. Tp barudak teh emang sok benten2. Eta Layla sok ngacak2 ompol.. pipintereun panginten..

    ReplyDelete
  14. di Tasik oge teu aya mindel. Basa lemesna cicing teh calik. Kantos pas Nadin alit keneh, acan tiasa miceun di jamban. Janten pami diombehan teh dina Bathtub, Nadinna tatih, disemprot ku shower. Tah si budak teh teu daek cicing wae, matak hese indungna nu ngombehan. Saur abdi teh, "Nadin calik atuh calik.. mamah hese yeuh mun Nadin teu calik". Gek weh diuk si budak teh.. euleuh.. euleh.. eta geura.. hahaha... abdi nu asalna lieur janten seuseurian..

    Btw, ieu obrolan janten asa jorok kieu.. hahaha..

    ReplyDelete
  15. karena lingkungan juga nya.. pan di Indonesia mah gaul.. anak2 teh kalau sore2 gitu suka pd main di luar.. Jd meureun ngeliat yg lain gk pake pampers.. bisa berpengaruh jg ke si anak, jd pengen cepet buka pampers lagi. Trus ada neneknya juga yg biasanya lebih cerewet dan aneh liat anak udh lari2 masih pake pampers. :D
    Amiin.. moga Akira jg lekas2 lulus yah..
    Btw, di sini juga kalau di Playgroup anak2 teh dilatih ke toilet sama gurunya. Tp klo di Kindergarten nggak. jd si anak harus udh lepas pampers.. meski ada jg sih bbrp Kindergarten yg masih membolehkan pake pampers.

    ReplyDelete
  16. ikutan ahhh...sommer ini deh insyaAlloh nglatih Daffa...

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah... Layla akhirna bisa oge lepas diapers!! setelah perjuangan selama sebulan langkung sakedik lah.. Nuhun kangge Maryam nu tos janten conto kangge Layla.. :)

    ReplyDelete