Sunday, April 25, 2010

Kisah Kisruh Si Paket Itu

Sebagai salah satu pembelanja online, tentunya saya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya paket. Kalau belanja online, biasanya si penjual akan memberi tahu kita saat mereka sudah mengirimkan paketnya. Jadi kita bisa mengira-ngira kapan paket itu sampai, supaya bisa diusahakan ada orang di rumah. Jika saat paket tiba, sang penerima tidak di rumah, maka paket akan dititipkan ke tetangga (kalau ada yang mau). Dalam kasus ini si penerima diberi kartu berwarna biru yang memberitahukan di tetangga mana paket itu dititipkan dan berapa jumlah paketnya. Kalau tidak ada yang mau, berarti paket akan ditinggalkan di kantor pos, dan baru hari berikutnya kita bisa mengambilnya di sana. Untuk jasa pengiriman non DHL, akan meninggalkan pesan saat kita tidak di rumah, dia memberi tahu bahwa dia akan datang lagi keesokan harinya pukul sekian, kalau tidak bisa, si penerima harus memberi jadwal kapan dia bisa di rumah untuk menerima paket itu. Atau bisa juga harus diambil ke filial (cabang) terdekat dr rumah kita. Dan berdasarkan pengalaman selama ini, rasanya saya tidak pernah menemukan masalah dengan paket-perpaketan ini. Sampai...

suatu hari saya mengirimkan sebuah paket untuk Teteh A di kota sebelah. Biasanya kalau saya mengirimkan paket, saya suka memberitahu si penerima (belajar dr toko online ;)) kapan dan lewat jasa pengiriman mana saya mengirimkannya. Buat saya, jasa pengiriman termasuk info yang penting, karena jam-jam mereka datang ke rumah biasanya sudah terpola. Jadi si penerima bisa mengatur agendanya sedemikian rupa supaya si paket bisa selamat sampai di rumah, tanpa tatap-titip atau diambil ke kantor pos. Nah, saat itu saya benar-benar lupa memberitahu karena hari itu saya kebanyakan acara (SokSibukModeOn). Sempat terpikir beberapa hari setelahnya untuk menanyakan kabar si paket, namun saya pikir saya bisa cek sendiri di internet lah, yang mana hal ini TIDAK dilakukan juga (TeuteupSibukCeritanya). Kalau gak ada complain dari yang menerima, berarti semua baik-baik saja kan?!

Dua minggu setelahnya, tiba-tiba saya menerima kartu biru, kartu yang memberitahukan kalau saya menerima sebuah paket yang dititipkan di tetangga saya, Frau B. Paket apakah itu?? rasanya akhir-akhir ini saya tidak pesan barang apapun.. Ah.. mungkin ini lagi-lagi surprise dari si Akang nih.. pikir saya sambil senyam-senyum sendiri. Sudah dua kali saya coba ambil, namun tampaknya Frau B sedang sibuk di luar rumah.

Pas ngecek email, ternyata saya mendapat pesan untuk menitipkan paket punya si Teteh A tadi pada Neneng C yang akan main ke rumah saya pada akhir pekan kemarin. Kebetulan rumah Teteh A deketan sama Neneng C. Kaget saya dibuatnya bukan main, bukannya paket itu sudah saya kirimkan dua minggu lalu???? dua minggu lho.. bukan waktu yang sebentar. Kalau pun alamatnya salah, harusnya dia kembali lagi ke rumah kami. Namun, paket itupun tak jua kembali. Untuk meyakinkan, saya telepon Teteh A, apakah benar paketnya belum sampai?. Dan memang pasti benar lah.. wong itu pesan juga dari Teteh A kan?!

Akhirnya saya pun mencari-cari email konfirmasi dari DHL (kebetulan saya membuat perangko online waktu itu) untuk mengecek keberadaan si paket. Namun tampaknya si email sudah terhapus.. Saya pun mencari-cari selembar kertas kecil, kwitansi dari kantor pos waktu itu. Alhamdulillah ketemu.. Setelah memasukkan nomer pengiriman.. tadaaaa... terkuaklah perjalanan panjang si paket selama dua minggu ini.

Ternyata paket itu telah sampai di penerima pada hari kerja berikutnya setelah saya kirim. Namun tidak ada siapa-siapa di rumah, jadinya paket di simpan di Packstation (mesin automat paket), penerima sudah diberi tahu, katanya. Karena dalam waktu 9 hari paket tak kunjung diambil, maka si paket dikembalikan kepada saya, dan hari itu tertulis bahwa paket telah sampai kembali di penerima. Ooo.. berarti paket di Frau B itu paket yang saya kirimkan dua minggu lalu.. hihihi.. lega deh.. alhamdulillah.

Keesokan harinya saya kirim lagi deh itu paket, dan keesokan harinya lagi alhamdulillah sudah sampai. Pelajaran kalau mengirim paket: jangan lupa memberitahu penerima kalau paket sudah dikirim, dan pantau terus status si paket sudah sampai dimana!! 

7 comments:

  1. betul mba... harus ada info yang jelas dan konfirmasi juga...

    ReplyDelete
  2. jangan lupa bilang bilang kalo ngirim paket kerumahku ya Na..hihihihi

    ReplyDelete
  3. tp kan ngga bisa bilang ke penerima, kalau kita mau ngasih hadiah kejutan buat si penerima.

    ReplyDelete
  4. tp kadang suka diletakin di atas mailbox aja ya atau di depan pintu. Paket dr Ina wkt itu kan diletakin diatas mailbox, makanya si kaleng susunya ampe dingin bgt!!! Alhamdulillah Ina wkt itu ngasih tau, jd kita dah jaga..krn ampe siang g ada yg ngebel, jd kita cek ke bawah, ternyata dah nangring di mailbox:-)

    ReplyDelete
  5. Duh...itu paket mondar-mandir kesana kemari...untung isinya ga ada yang bisa kadaluwarsa kan....
    Masih mending bisa di-track....aku pernah kirim paket pake DHL dr Berlin ke Jakarta, baru nyampe 3 bulan. Itu juga harus ditelusuri jejaknya dari Jakarta, gak bisa nanya di Jerman (dibilangnya udah nyampe ke negaranya), ternyata nyangkut di Singapura! Setelah aku perhatiin emang kalo DHL kayaknya harus lewat Singapura dulu deh. Pernah terima paket dokumen dari Jakarta, di alamat pengirimnya bukan Jakarta (Indonesia) tapi Singapore.

    ReplyDelete
  6. mang hrs dipantau terus tuh paketnya ya mba

    ReplyDelete