Wednesday, July 2, 2008

Kontrol Tiket

Di hari pertama kenaikan harga tiket... si kontroler-kontroler itu mulai beraksi... Jam 8 pagi di dalam bus... Untungnya semalam sebelumnya saya tidak lupa menyelipkan tiket yang baru di dompet. Selama 4 tahun tinggal di Muenchen, baru sekali saya pernah kena pemeriksaan tiket di dalam bus.. Kalau di S-Bahn dan U-Bahn lumayan sering.

Para Kontroller di S-Bahn bisa kelihatan dengan jelas, karena mereka memakai seragam. Dulu seragamnya persis seragam hansip lengkap dengan pentungannya, cuma warnanya biru tua dan memakai baret merah. Selain itu mukanya yang sangar-sangar dan badannya yang gempal-gempal udah bikin keder penumpang yang tidak punya tiket. Tapi kalau sekarang, mereka memakai rompi dan jas.. kadang berdasi. Kayaknya pasukan sangar tadi sekarang hanya jadi pengawas keamanan saja.. itupun kok saya jarang lihat ya sekarang?!

Lain S-Bahn.. lain juga dengan U-Bahn, bus dan tram. Ketiga kendaraan terakhir dipegang oleh perusahaan yang berbeda dengan S-Bahn, yaitu MVG. Di kendaraan-kendaraan ini, para kontrollernya memakai baju preman (bukan preman Tanah Abang tentu saja.. :D). Jadi mereka tidak kelihatan seperti Kontroller. Dan biasanya mereka berpura-pura dulu menjadi penumpang. Begitu kendaraan mulai melaju, mereka mulai mengeluarkan tanda pengenal dan membabat habis tanpa kenal ampun para penumpang gelap.

Kenapa ada Kontroller??? karena di Munich.. mungkin pada umumnya di kota-kota di Jerman... penggunaan tiket untuk transport angkutan umum dalam kota memang tidak seketat di kota-kota negara lain, misal di London (kalau tidak salah, soalnya sudah 2 tahun yang lalu), ketika memasuki stasiun kereta bawah tanah, ada portal yang baru akan terbuka saat kita menggesek tiket. Begitu pun saat keluar stasiun. Jadinya kita memang harus punya tiket, meskipun hal ini tidak menutup kemungkinan adanya penumpang gelap.

Kalau di Munich, sebenarnya tanpa tiket pun bisa bebas keluar masuk kendaraan umum. (Kecuali untuk bus di atas jam 9 malam, harus memperlihatkan tiket ke sopirnya). Pemeriksaan tiket dilakukan secara acak oleh petugasnya. Kalau tertangkap dendanya 40 Euro, harga ini hampir sama dengan harga tiket bulanan, Isarcard 9 Uhr innenraum, yang harganya 45 Euro. Kalau 3 kali tertangkap dalam tahun yang sama, orang ini akan masuk dalam jajaran daftar hitam.

Seperti saya tulis di atas, saya pernah tertangkap. Bukan gara-gara tidak punya tiket, tapi.. (katakanlah singkatnya) saya salah membawa tiket. Jadi saya membawa tiket-tiket bekas bulan lalu. Udah ketar-ketir karena tidak punya uang 40 Euro di dompet. Yang sebenarnya sih gak usah khawatir, karena uangnya tidak boleh dibayarkan ke si Emang, tapi harus di transfer langsung ke rekeningnya. Untungnya, meskipun bermuka sangar, si petugas itu hatinya baik. Dia bilang, kalau saya memang punya tiket yang berlaku saat itu, bawa saja tiket dan surat tertangkapnya saya itu ke Kundenzentrum DB di Hauptbahnhof. Kalau kenanya di U-Bahn, datangnya harus ke Kundenzentrum MVG di Pocistrasse atau Marienplatz. Maka saya tidak harus membayar 40 Euro katanya. Dan ternyata benar... meskipun tiket saya yang Übertragbar (tanpa identitas diri, bisa dipakai siapa saja), dendanya berkurang setengahnya, jadi cuma 20 Euro saja. Katanya sih kalau tiketnya yang Persönlich (ada identitasnya), dendanya jadi cuma 10 Euro. Jadi, seandainya kita kena kontrol dan punya tiket, jangan kecil hati dulu... ;)

22 comments:

  1. Biar sangar tapi hatinya baik, muka rambo, hati rinto tuuh... heheheee

    ReplyDelete
  2. tampangnya Ina nah innocen meureun...jadi teh si hansipna kasianen..

    ReplyDelete
  3. Bener Na, pernah saya melihat mereka memperlakukan orang Prancis yang tidak bawa tiket & tidak bawa Paspor, tapi santun banget. Ternyata selain petugas pemeriksa tiket diantara mereka ada polisi juga. Aku pikir polisinya bakal memperlakukan si tersangka dengan kasar kayak di Indonesia, tapi ngga tuh, mereka ngobrol biasa aja kayak teman, ngga kayak polisi & penjahat.

    ReplyDelete
  4. Ok. kalo ntar maen ke München nggak bakalan 'lupa' beli tiket deh. Yg udah udah 'lupa' melulu. hahahahaha.... lupa sekalian ngehemat ;-)

    ReplyDelete
  5. jadi inget.. pernah lihat petugas2 s-bahn kontrolle itu iseng.. karena mereka gampang banget dikenali dg seragamnya (beda sama di bus yg ga pake seragam), mereka udah nongkrong di satu gerbong, giliran pintunya udah mau nutup dan alarmnya bunyi "tiiuuuiiiuuuiii" baru deh mereka lari pindah gerbong.. hihihi.. biar orang yg sengaja pindah gerbong tetep kena :P

    ReplyDelete
  6. Ina, aku pernah kena...aku lupa menstempel saat naik bus dari OEZ, mana repot bawa anak2 dan si petugas nya nyegah aku stop2 ga blh stempel krn dia udah mau memeriksa...alhasil aku kena 40 Euro ngga lagi2 deh beli streifen karte beli yg Monatskarte aja aman...

    ReplyDelete
  7. oooooooooo kitu nya ..
    harus hati-hati & teliti kalo nanti ke jerman (aamiin)

    ReplyDelete
  8. aku dulu pernah kena di Braunsweigh, gara-gara kartu bulanannya gak dikasih identitas...tapi kali itu aku dibebaskan:D, baik bapak-bapak kontrolernya:P

    ReplyDelete
  9. dulu Na`sebelum kena tangkap aku suka nyolong2, aku punya tiket tahunan 2 ring,itu aku pake sampe kemana aja kecuali kl außenraum aku nambahin tiket außennya tapikan tetap aja aku ngak punya tiket untuk ring ke-3 dan 4,eh akhirnya naas juga,waktu itu ada pemeriksaan pas diring ke-4 kena deh,cuma bayar 10€ sih tp setelah itu kappooookkk!!! gak lagi2:)

    ReplyDelete
  10. hehehe.. si Mbak ada2 aja... muka Rambo hati Rinto.. catetttt...

    ReplyDelete
  11. qiqiqiqi... kalau muka saya innocent, saya gak bakalan dituduh maling di toko atuh, Teh... Bener, saya pernah ngalamin ini 4 taun yg lalu... menyebalkan!!!

    ReplyDelete
  12. da memang bukan penjahat atuh, Teh.. kan bisa saja orang gak punya tiket teh kayak saya.. ketinggalan... atau lupa jeklek kayak Mbak Monik... Tapi mereka memang tetep santun, tidak kasar.. dan tidak minta nego.. hihihi...

    ReplyDelete
  13. Mbak, kalau dari Schwandorf kan pakai Bayern Tiket ya?? itu berlaku di semua kendaran umum di Muenchen.. (S-Bahn, U-Bahn, Tram, Bus). Kalau WET memang tidak berlaku, jadi harus beli tiket lagi untuk dalam Muenchen.

    ReplyDelete
  14. kalau si Akang dulu lupa ga jeklek gara2 buru2. Tapi di S-Bahn sih.. sialnya pas ada kontrol. Terus dia ngomong aja terus terang, akhirnya sama si Bapaknya ditulis tangan di Streifenkartenya. Tapi mungkin ini mah kebetulan si Bapaknya baik, dan di S-Bahn kan jeklekkannya di stasiun.. bukan di dalam S-Bahn.. :D

    ReplyDelete
  15. Oo.. kalau di Braunschweig kartu bulanan 'harus' ada identitasnya ya??? Kalau di Muenchen sih nggak ada... Kecuali buat yang langganan beli tahunan. Itupun masih ada dua pilihan: mau yg pribadi (plus identitas) atau yg bisa dipake gantian sama orang lain (tanpa identitas).

    ReplyDelete
  16. hahaha.. kalau udh kena getahnya baru kapok, ya Mpok?!
    Tapi aku juga, sejak ketangkep waktu itu, tiap ada kontrol, jantung pasti langsung berdetak lebih cepat...

    ReplyDelete
  17. di mana lagi??? hehehe...
    Sampe bule aja diajakin Nego... aya2 wae...

    ReplyDelete
  18. ina kemarin kita ketemu,ternyata pas pulang lagi naik bus menuju rumah,aku buka dompet eh ternyata aku ngak bawa tiket,aku inget tiketku dipake suami kemarin dan belon dibalikin ke dompetku,kontan deh hati dak dik-duk,mo beli tiket gak ada uang receh,mo turun Farah tertidur,akhirnya pasrah sambil komat kamit baca ayat kursi,tiap halte aku waspada kl2 ada pemeriksa tiket yg pura2 jd penumpang (aduh dasarya beginilah kl penumpang gelap),alhamdullilah selamat.

    ReplyDelete
  19. alhamdulillaahhh.... aku juga pernah jadi penumpang gelap tanpa sadar.. hati tenang aja... begitu dua halte sebelum turun, baru nyadar kalau tiket gak ada di dompet... Itu dua halte berasa 10 halte, Mpok... :D

    ReplyDelete