Thursday, January 3, 2008

"Mami... lihak, cingan Nadin basah.."

Dulu aku selalu menganggap bahwa setiap anak suatu saat akan bisa dengan sendirinya pergi ke toilet. Jadinya aku cuma memfasilitasi saja, membelikan dia dudukan toilet, memberi contoh... dan menunggu... dan menungguuu... dan menungguuuuuu... sampai dia bisa. Tapi kok gak bisa-bisa ya??? Sampai ketika aku melihat anak2 seumuran Nadin, bahkan lebih muda dari Nadin udah bisa ke toilet sendiri, barulah aku tersadar, bagaimana anak bisa ke toilet sendiri kalo tidak pernah dilatih? Dan waktu itu, dimulailah toilet training Nadin menggunakan metoda ini. Ah.. ternyata toilet training itu tidaklah sesusah yang kubayangkan. Hanya 9 hari aku harus membawa dia ke toilet secara teratur. Hari ke sepuluhnya, dia udh bisa bilang sendiri. Dan alhamdulillah.. malam pun dia gak ngompol.

Dua minggu sudah Nadin bisa ke toilet sendiri, yang berarti lebih dari 3 minggu dia hidup tanpa mengenakan popok. Alhamdulillah... Berita baik ini sudah sampailah ke neneknya di Indo.

Sayangnya... sejak kemarin dia kok jadi ngompol lagi di celana ya? Tiap kali ngompol, dia pasti bilang, "Mami, lihak, cingan* Nadin basah.." sambil cungar-cengir tak berdosa... :D Duuuh.. keseeeelll banget hati ini.. (tapi liat dia nyengir sih.. yang tadinya mau ngomel, jadi senyum deh..) kenapa ya?? padahal kan sebenarnya di udah bisa. Kayaknya dia pengen tau reaksi ibunya kali kalo dia pipis di celana gimana?  atau mungkin.. 'mantera ajaib' itu kini telah hilang.. Memang.. ketika dia masih belajar, setiap kali dia pipis di toilet selalu kuberi dia pujian.. Tapi setelah dia bisa.. berangsur2.. pujian itu hilang.. tanpa kusadari... Satu kata sederhana yang ternyata memiliki arti sangat besar untuknya...Ah, Nadin sayang... ternyata semua ini salah Mami.. Maafkan Mamiya yah, Cinta... 

*cingan asal katanya adalah lancingan yang berarti celana.

8 comments:

  1. congratz yah buat Nadin yg udah sukses toilet trainingnya

    ReplyDelete
  2. makasih, tante... doain aja kebiasaan buruknya dua hari ini cepet hilang :D

    ReplyDelete
  3. ngompolnya lagi tidur atau dlm keadaan sadar ina?

    ReplyDelete
  4. sadar lah, mbak... :D jd inget Azziza yg harus dipuji dulu baru nurut. Tadi aku bilang, "Nadin pinter banget kalo pipis di jamban", akhirnya td sore dia pipis di toilet lagi :D, alhamdulillaah.. moga2 nerus..

    ReplyDelete
  5. ampun deh, mbak... susah ya di tes anak kecil... :D

    ReplyDelete
  6. Ina, masya Allaah, Nadin dah berapa taun, ini adri juga kalau pipis bilang: Bunaaa... adi pipis....ya walau masih pipis di pampers,cuma kepikiran tuk udah memulai toiletentraining, .... zu früh ga ya, adri umurnya 28 bulan

    ReplyDelete
  7. aduh, Nadin mah udh ampir 3 taun.. heuheu... jd malu.. mungkin gara2 ibunya males ngajarin. InsyaAllah Adri udh bisa dilatih, Mbak. Apalagi kalo dah bisa bilang, insyaAllah bakal lebih mudah. :)

    ReplyDelete