Sunday, January 6, 2008

missing London soooo badly...

Jadi, ceritanya kemaren kami pergi memenuhi undangan seorang teman. Karena perjalanan jauh (hampir sejam gitu loh.. padahal masih dalam kota), aku udah terkantuk-kantuk gitu di dalam kereta. Pas orang-orang pada turun, aku masih duduk dengan tenangnya di kursi sambil gendong Maryam. Tiba-tiba satu suara (logat Betawi) mengagetkanku, "Ina!!! mo turun gak?!!!". Dan saat itulah aku baru sadar kalo kami udah sampai. Untuuuung aja masih sempet turun...

Kejadian ini mengingatkan aku kembali ke kejadian yang sama kira2 1,5 taun yang lalu. Waktu itu, si Akang dan teman-temannya (Prio, Yuki dan Maul) yang tergabung di Sabilulungan mendapatkan undangan dari KBRI London. So, sebagai istri yang baik, aku dan Ninoek harus menemani suami donk... :D:D:D:D Jadilah kami ketemuan di sana, berhubung kami berasal dari 4 kota yang berbeda, jadi berangkatnya gak bisa bareng-bareng.

Ketika itu kami naik Tube (kereta bawah tanah), dan kebetulan Tube-nya penuh, jadinya kami duduk agak berpencaran. Karena kecapean... mata ini tak bisa ditahan lagi untuk terpejam. Dan dalam sekejap, aku sudah berada di negri lain ;) Tiba-tiba ada satu tangan dengan kuatnya menarikku keluar dari negri yang indah itu. Membawaku terbang secepat angin.. entah kemana.. Ketika kuinjakkan kakiku, terdengar suara pintu ditutup.. *brug* disusul suara orang-orang ketawa disekitarku. Meskipun masih setengah sadar, tapi aku bersyukur kalo si Akang masih sempet menyelamatkanku di detik2 terakhir Tube akan berangkat lagi. Kalo nggak....

Waktu itu, meskipun hanya sedikit waktu yang kami punya, tapi alhamdulillah kami masih sempat jalan-jalan ke beberapa tempat terkenal di London. Kayak ke Buckingham Palace (cuman nongkrong di luar sih..), ke London Bridge, Tower of London, London Eye, Big Ben, kemana lagi ya?? (kemana lagi, Noek??)

Oya, karena aku dan kang dian datang sehari lebih awal dibanding yang lain, kami sempet jalan2 seharian berdua aja.. salah denk... bertiga aja ama Nadin. :D Lumayanlah bisa keliling-keliling di kotanya, di pasar.. sambil nongkrongin yang ngamen (yang ngamen di sini kan unik-unik ya?). Sayangnya waktu itu kami gak nuker uang Poundsterling dari Jerman, gak bawa uang cash Euro, karena keblaguan si Akang yang punya kartu Visa. Karena jarang dipake, alhasil dia lupa tuh PIN-nya. Akhirnya sampai di blok deh tuh kartu. Kebayang gak di negri orang gak punya uang?? Untungnya Jeng Ninoek yang pernah sekolah di New Castle (bener kan, Noek?) tau di bank mana kita bisa ngambil uang pake kartu Deutsche Bank. Jadi besoknya kami bisa makan dan jajan-jajan lagi :D

Nah, ternyata meskipun sama-sama Eropa, tapi kalau dibandingkan London dan Munich banyak bedanya.

1. Dalam masalah harga. Sebenarnya dua-duanya sama mahalnya sih, tapi London jelas lebih mahal dibanding Munich, karena mata uangnya lebih tinggi harganya. Misal harga Doener sama-sama 3, di sini 3 Euro, di sana 3 Pound. Uang transport yang kerasa mahal banget sih. Kami beli yang mingguan terhitung 26 Pound waktu itu, sedangkan di Munich hanya 15 Eur.

2. Transport umum. Jelas lebih enak di Munich. Kereta2 baik U-Bahn atau S-Bahn, bis dan tram relatif nyaman, dan yang terpenting bagi seorang ibu seperti diriku, selalu tersedia tempat untuk menyimpan kinderwagen (stroller). Begitupun hampir di setiap stasiun selalu ada lift atau tangga jalan (meskipun sekali-kali rusak sih..). Kalo di London, Tube tuh kesannya tua banget ya? apa tua beneran :D jadi yaa.. agak2 kuno gitu (baca: grasak-grusuk). Konon katanya Tube memang Subway tertua sedunia ya? Dan tampaknya London memang melestarikan kendaraan-kendaraan kuno. Seperti bis yang merah tingkat itu, serta taksinya juga. Tapi meskipun model antik, mungkin mesinnya mah dah diupgrade ya?! Hanya kekurangannya... Bis hanya bisa mengangkut satu stroller saja, kalo lebih harus dilipat, atau menunggu bis berikutnya. Anehnya Taksi... yang di sini gak mungkin bawa stroller, di sana bisa masuk begitu saja, tanpa dilipat.. (hebat!!). Kekurangan yang lain, hampir di setiap stasiun, selalu terdapat tangga. Jadi kami harus selalu angkat junjung stroller. Lumayan berat juga.

3. London itu kotanya terkesan sibuk sekali, banyak orang lalu-lalang (la wong aku jalan2nya di kota, pasti banyak orang lah...). Di Munich juga sih, tapi itu cuman di Marienplatz, itupun kalo weekend, ato pas piala dunia yang lalu, ato pas Oktoberfest.

4. Orang-orangnya di London cenderung kurang disiplin. Terlihat ketika menyebrang jalan. Kalo di sini, ketika lampu lalu lintas untuk mobil udh merah, dan lampu untuk pejalan kaki belum hijau, orang-orang masih belum menyebrang. Kalau kita nyebrang pas lampu masih merah, maka kita akan menyebrang sendirian aja. Sedangkan waktu di London... kita akan menyebrang sendirian kalau kita menunggu lampu hijau nyala, yang lain udah pada nyebrang dari tadi :p Selain itu, misalnya di stasiun terdapat dua jalur tangga. Aku pikir tangga itu satu jalur untuk naik, satu jalur untuk turun. Ternyata.. mereka pake seenaknya aja. Ketika kami mau turun tangga menuju Tube, kami berbarengan dengan turunnya orang-orang dari Tube, dan mereka semua naik dengan kedua jalur tadi, alhasil kami gak bisa turun... dan kamipun ketinggalan Tube :((

5. Di London hampir di setiap pojok jalan kita bisa menemukan makanan halal. Dari mulai makanan timur tengah sampai ayam goreng. Pokoknya asyiiik deh... Jadi kalo males masak, kayaknya tinggal beli aja. Gampang kan? Kalo di Munich, agak susah nih, kalopun ada hanya masakan Turki atau Timur Tengah saja, itupun mahal. Jadinya kami makan diluar kalo lagi kepepet aja deh.

6. Di London banyak Museum yang tiket masuknya gratis. Sayang kami tidak punya banyak waktu... jadinya gak bisa keluar masuk Museum. Kalo di sini, rata-rata Museum itu harus selalu bayar.

Meskipun waktu itu banyak nemu negatifnya London.. (ya.. cuman dikit sih jalan2nya, gak sempet liat semuanya), tapi pengen banget satu saat kami dikasih kesempatan lagi buat jalan-jalan di London.

12 comments:

  1. tak seindah negeri sendiri ya...........

    ReplyDelete
  2. nah..makanannya tuh, sama buku-buku, yang bikin kami pengen ke sana juga...btw Na, itu sejam dari rumah Nuri tho? bukannya deket buk?

    ReplyDelete
  3. Buat saya negri sendiri mah gak bisa dibandingin sama negri manapun. Adalah cita2 terbesar kami untuk kembali ke tanah air, berkumpul lagi dg keluarga. Doakan aja dalam 2 3 tahun ini akan tercapai ;)

    ReplyDelete
  4. Iya Na.... pengen banget ih kesana lagi... Kok kita sama yah pikirannya, kmrn tuh aku lg mikir ih enak kali yah klo ke Lon(g)don(g) lagi.. kapan2 yuuukkk... :)
    Atau mamang Maul diminta cari obyek-an lagi dong di Lon(g)don(g) .. kekekekkekek

    ReplyDelete
  5. Di Munich juga sih, tapi itu cuman di Marienplatz, itupun kalo weekend, ato pas piala dunia yang lalu, ato pas Oktoberfest,satu lagi Na´seminggu menjelang natal!

    ReplyDelete
  6. ya na, setuju, klo soal transportasi, munich emang paling top......Paris juga transportasinya jelek bgt, gak ada apa apanya dibanding Munich :-) . Ina mo pulang ke Indo 2-3 thn lagi? ini beneran kah , Na?

    ReplyDelete
  7. kita sekeluarga pingin bgt kesana.tp pas liat harga visanya..., batal deh.:-(.Mba ina pk bikin visa g kesana?
    btw, kl kesana lg ajak2 ya..kl aja pas ada waktu dan rejeki luang.:-D

    ReplyDelete
  8. Ceu Fenti-nya udh pindah ya skrg, Noek... ato kita napak tilas aja yuk ke sana??? jalan2 bareng, cuman biaya visanya euy... musti bikin 4 lagi sekarang mah :((

    ReplyDelete
  9. aduuuh... iya, mbak.. itu saat2 males buat keluar rumah deh, apalagi pas okt fest, udh mah banyak yg mabok, muntahan org dimana2 lg.. :( klo pas pildun, banyak bonek :D mengerikan...

    ReplyDelete
  10. iya, Mir, kalo gak salah dulu tuh visanya 70 Eur per orang. Tapi dulu karena diundang, kangDian dibayarin ma KBRI, cuman aku dan Nadin yg bayar sendiri.. :D Kapan atuh yuk jalan2 bareng??

    ReplyDelete