Thursday, February 14, 2008

Peristiwa mengerikan di Hauptbahnhof

Kemarin, selepas mengantar Nadin ke Kiga, saya dan Maryam pergi ke Hauptbahnhof. Ketika turun dari U-Bahn (Subway), entah kenapa orang-orang berebutan naik lift. Harusnya kan itu jatah saya yang membawa stroller.. Ternyata memang tangga berjalan yang terdekat ditutup, bukannya tidak jalan, tapi ditutup!!! udah gitu ada beberapa orang berseragam polisi di situ. Daripada menunggu lama, saya lebih suka memakai tangga jalan yang satunya lagi meskipun harus jalan agak jauh. Ketika kami sampai di lantai berikutnya (belum sampai diluar, karena masih harus naik satu lantai lagi untuk sampai si Sperrengeschoß), saya melihat ada banyak darah menggenang di lantai, dan berceceran di sekitar tangga yang ditutup tadi. Darah-darah itu sedang dibersihkan. Walah.... liat darah segitu banyak... kaki langsung lemas... saya memang agak tidak tahan melihat darah.. dan kejahatan tentunya... Karena itu pastilah akibat dari satu tindak kejahatan.

Ternyata beritanya baru keluar pagi ini, karena kejadiannya memang baru kemarin pagi hari sekitar pukul 7.45. Penyebabnya ternyata sepele aja, masalah tempat duduk di U-Bahn. Jadi si pelakunya adalah seorang kakek tunawisma berumur 64 tahun. Ketika itu U-Bahn sangat penuh, dan si kakek duduk dengan tas ransel diletakkan di kursi sebelahnya. Di Sendlinger Tor, naiklah si pelajar berumur 26 tahun, dia hanya melihat tempat duduk yang kosong di sebelah si kakek itu. Tanpa permisi, dia langsung duduk aja, mendorong tas si kakek yang diletakkan di situ. Si kakek ga terima, merasa tidak dihargai, dan dia bilang kalau dia punya pistol yang bisa dia tembakkan kapan saja. Di Hauptbahnhof, diapun turun, sambil meludahi si pelajar tadi. Tentu saja dia juga tidak terima diperlakukan seperti itu. Dia kejar si Kakek, akhirnya pertengkaran terjadi di atas tangga berjalan. Tiba-tiba si Kakek mengeluarkan pisau lipat dan melukai muka si pelajar. Untunglah ada orang yang memegangi si kakek, sehingga gerakannya dia menjadi berkurang. Diapun kabur dan masuk ke dalam S-Bahn. Saksi lain mengikuti si kakek sambil nelepon polisi, akhirnya si kakek tertangkap di Isartor. (Hebat ya polisi sini... cepet banget kerjanya, itu kan hanya 3 halte saja).

Hm.. dari situ kelihatan sekali, kalo menjaga kesopanan itu penting. Yang muda menghormati yang tua.. yang tua mengayomi yang muda. Saling menghormati... saling memberi.. Mudah-mudahan kita semua selalu dijauhkan dari masalah-masalah semacam ini. Amiin...



27 comments:

  1. yaaaa susaaaah.
    saya perhatikan masa kini ini gini:

    kalao saya bawa sepedah seriiiiing saya jenkel ama orang2 yang pertama: bawa mobil, motor, yach kendaraan bermotor lach
    kedua yang jalan kaki pulaaaa.
    mereka itu tak seronoh gitu! tak enak di pandang dan merusak jalan orang lhoh!

    nach kalo saya jalan..... eeeeh sering say jenkel ama orang2 yang ya jelas.... bawa motor, juga yang bawa sepedah.

    tapi meskipun jarang kalao saya bawa mobil, wuaduuuuh sering jenkel juga sama mereka2 yang bawa sepedah dan jalan kaki.

    kenapa yach?

    saya kira bener juga ayah pernah bilan dulu waktu belajar menyetir:
    jangan lupa di jalan itu hanya kamu yang waras, orang lain itu ganas, gila semua, jadi hati2!

    dengan semboyan ini saya enak2 azza jadinya.
    walaupn harus sering mengalah! tapi kita selamat!
    tak perlu khan di kuburan kita tertulis er hatte vorfahrt!"

    ReplyDelete
  2. hm... what you give to the world, that's what you'll get in return. betul ya?

    ReplyDelete
  3. ih serem banget ceritanya, tapi skr emang yang muda2 suka males ngasi tempat duduke orang2 tua, kasian deh...

    ReplyDelete
  4. yah begitu deh Ina,setelah tinggal disini aku makin bangga dgn kultur bangsa kita,saling menghormati dan saling mehargai,tetapi setelah 7th tinggal disini kulturku hampir terkikis,karena orang tua disini sama aja sama yg mudanya gak punya saling menghormati dan menghargai,kl kita diem aja makin kurang ajar mereka,pokoknya musuh utama ku tuh disini nenek2 jutek,kl aku ketemu aku sama sekali ngak mau menghormati dan menghargai mereka,begitu jg kl ketemu junge leutenya,gak semuanya sih orang disini eror,tapi kebanyakan,maklum turunan hitler.

    ReplyDelete
  5. Na, pelajarnya nggak tertembak kan? Darah menggenangnya dari luka di wajah itu?

    ReplyDelete
  6. untung ga liat kejadiannya yah...ngeri..
    sama...pasti leuleus liat darah...

    ReplyDelete
  7. hitler kan aslinya dari Austria, bukannya dari Jerman.

    ReplyDelete
  8. kenapa coba? karena orang lain memakai jalan yang seharusnya kita pakai.. atau mungkin kita yang memakai jalan yang seharusnya dipakai orang lain? :p Coba kalau masing-masing menempatkan dirinya di jalur yang seharusnya... tak usah jengkel lagi kan? dengan kata lain kalau masing-masing menaati aturan, tentu semuanya akan terasa nyaman.. gitu, Mang??

    ReplyDelete
  9. betul, tapi gak bisa selalu nyalahin anak muda juga sih... kadang ada juga orang tua yang marah kalau ditawari tempat duduk, dia jadi merasa dilecehkan.. :D yah.. yang penting mah kita selalu mencoba untuk berbuat baik aja deh.. ;)

    ReplyDelete
  10. ayo atuh, Mbak... jangan sampai terkikis, sayang... kasihan anak-anak kita. Kalau mereka jahat sama kita, memang tidak bisa didiamkan, tapi bukan berarti harus menjadi musuh kan??. Yang jutek banyak... tapi yang baik juga gak kalah banyaknya?? Btw, kayaknya Hittler gak punya turunan, keburu bunuh diri kan? :D

    ReplyDelete
  11. nggak sih, Mbak.. mungkin cuman ngancam aja. Tapi kalo liat darahnya, dan baca ceritanya, tampaknya lukanya memang cukup parah. Gak bisa menjelaskan lebih detil lagi, soalnya aku punya teman2 cilik euy...

    ReplyDelete
  12. benar,tapi ngendonya di German,ninggalin penyakit rassisnya ya disini pula terutama di bayern

    ReplyDelete
  13. Lah itu neo nazi,partai npd yg terlarang itu,ina belon pernah sih ya ketemu kejadian ama orang2 ini,yg liat itu mah gak seberapa Na.

    ReplyDelete
  14. berita disini sama aje sama pos kota na digede2in,logikanya kalo wajah yg kena terserang gak segitu berlimpah darah sih,kecuali perutnya yg ditusuk sama pisau.apalagi ina baru ngeliat darah sudah gemeter,kayaknya sih gak seheboh itu deh.

    ReplyDelete
  15. dulu teh hani pernah luka di keiningnya dikit, tapi daranya banyak,... katanya sih karena di muka itu banyak pembuluh darah ya.... tapi saya sendiri emang langsung gemeter deh kalo lihat darah.
    Trus disini korannya kayak pos kota??? tapi masih mending ya, ga ada infotaiment yang khusus membahas kriminalitas, di Indonesia tuh setiap stasiun berlomba bikin infotainment kriminal, dan banyak kriminalis-kriminalis yang diwawancara mengaku bahwa ia belajar berbuat jahat lewat berita-berita kriminal itu... duh ngeri deh.

    ReplyDelete
  16. oo.. di Bayern ya, Mbak.. kirain aku banyakan di Jerman timur sana. Soalnya waktu ke Magdeburg, Dresden, dsk, aku sampe dipelototin sama orang2 gara2 pake jilbab kali, soalnya di situ waktu itu cuma aku doank yg berjilbab :( syereeeeem deh...

    ReplyDelete
  17. hihihi.. ok deeeh... karena aku jg gak liat korbannya dgn mata sendiri, jadi gak bisa keukeuh kalo lukanya emang parah banget. Ntar aye jd kayak wartawan Poskota lagi :D

    ReplyDelete
  18. ooo.. itu.. yg dandanannya nge-punk itu? yang sok-sok ikutan "H" itu? di sini sih jarang ketemu, dulu banyak ngeliat di JerTim.

    ReplyDelete
  19. nah, kalo di pipi gmn? coba ibu dokter bisa jelasin?? pengen tau aja.. :D Nah, kalo acara khusus kriminalitas saya jg gak tau... lebih suka nonton masak2 sih.. Iya nih, acara2 kayak gini di Indo makin menjamur aja, bisa gak ya ditutup aja gitu?!

    ReplyDelete
  20. se7, bener!
    itulaaach orang suka ambil "hak" orang!
    kalau kita di zhalimi lebih baik ber-shabar!
    iyyya tokh?

    ReplyDelete
  21. ampun deh,itu sih ga seberapa mbak,tau gak kejadian minggu lalu di schwanthalerstr?seorang lelaki-turki-menembak mati mantan pacarnya plus anak perempuan sang mantan yg baru berumur 5thn-trus nembak kepalanya sendiri-dan semua itu terjadi di tepi jalan raya!!!jam 7.30 pagi...

    ReplyDelete
  22. wah serem bgt yaa.. gak di indo, di jerman benernya sama' aja :( bedanya kerja polizeinya aja ...

    ReplyDelete
  23. wah, ini sih bisa bikin aku pingsan.. seumur2 liat pistol cuman di film doank, kalo liat aslinya, hiii. Mbak tau dr mana sih? koran ya? gak liat sendiri kan??

    ReplyDelete
  24. denger radio,trus penasaran beli koran,eh ga taunya bisa liat diinternet juga,waktu itu sampe 2 hari ko beritanya...

    ReplyDelete