Tuesday, March 11, 2008

Gummibäbchen...

Gummibäbchen??
Salah ketik ya?? Jawabnya NGGAK! tapi bahasana meni amburadul... campuran Indo-Jerman, hihihi... *tong diturutan Nadin nya..*

Jadi begini ceritanya... Saat pulang dari Kindergarten hari ini, di dalam Bus, Nadin duduk di sebelah bapak-bapak yang baik dan ramah. Beberapa kali dia ngeliat ke Nadin sambil senyum-senyum. Sampai akhirnya dia mengeluarkan bungkusan kecil dari sakunya, kemudian dikasih ke Nadin. Setelah turun baru ada kesempatan melihat bungkusan itu, ternyata isinya Gummibärchen   (Gummi = karet, Bärchen = beruang kecil, Gummibärchen = permen kenyal; konon dinamakan Gummibärchen karena produk pertama permen kenyal ini bentuknya beruang). Aduuuh.. pusing deh kalau dikasih permen yang satu ini, soalnya 99,99% pasti tidak halal karena mengandung gelatin babi.. Makanya aku menyebutnya Gummibäbchen (bäbchen = babi + chen) . Ada juga sih Gummibärchen yang halal, infonya bisa dilihat di blognya Mbak Dwi.

Nah, ketika Nadin minta dibukakan, aku bilang kalau Nadin gak bisa makan Gummibärchen yang ini, soalnya ada babinya, nanti makan punya Mami aja di rumah. Begitu aku selesai ngomong, dia langsung menatap lekat-lekat si bungkusan itu, dan diperhatikannya satu persatu si beruang-beruang kecil itu. Aku pikir mungkin dia lagi merenungkan apa yang aku bilang barusan.

Kemudian dia nanya, "Mami, babi mana??". Oalaaah... ternyata dari tadi terdiam tuh nyari si babi toh?? kiraiiiin.. hihihi... pantesan mukanya bingung.. kali yang dia liat beruang semua kok, gak ada babinya?!

27 comments:

  1. Abis Nadin cantik dan gemesin siiih,... jadi oarang-orang pada sayang,...
    (emang ngomong ke Nadinnya pake bahasa Jerman ya?, atau bapak-bapaknya ngerti bahasa Indonesia?)

    ReplyDelete
  2. pake bahasa Jerman... tapi kan anak2 mah lebih liat ke bahasa tubuhnya drpd bahasa verbal. :D:D:D

    ReplyDelete
  3. Yang pertama versi Sunni, yang kedua versi Syi'ah:-)

    ReplyDelete
  4. aduuuuuh, kenapa sih gak dipasang di blog aja? Untuk sebuah komen kepanjangan kayaknya nih :'(( tambah complicated ini mah.. :D Eniwey, makasih artikelnya, blom sempet baca sekarang, ntar kalo dah ada waktu ya??!

    ReplyDelete
  5. hihihihi, lucu Nadin. Mamiya sih bilang ada babinya:-)

    ReplyDelete
  6. belum dibaca sih yang ini, tapi udah sering dikasih bacaan kayak gini:-D. Tapi semua kesimpulan itu mengarah pada: gelatine itu syubhat. Jadi practically, cari aja yang udah jelas halalnya. Ngapain susah2 kudu meriksa ini dari tulang atau dari kulit, dst. Cape deh:-D. Kalau keadaan darurat kan jatuhnya boleh. Udah dua itu aja hehehehehe

    ReplyDelete
  7. yang aku tau: kalau sesuatu dibuat dr bahan yang haram, atau terjadi pencampuran antara barang yang halal dan haram, maka hukumnya jadi haram. Seperti juga bir ohne Alkohol. Karena dia dibuat dengan pengenceran bir, maka hukumnya tetap haram. Jadi gelatin halal/haram?? saya tetap pegang pendapat yg lama aja.. seperti kata Mbak Echa..

    ReplyDelete
  8. hmm...gelatin selalu jadi topik utama ya..apalagi dimana mana orang orang sini ngasihnya Gummibäbschen..diapotik,di dokter pokokna mah überall aja jadi lieur...Nadin udah jelas masih kecil lom ngerti, fachri yang dah gede aja kadang masih kabitaan..kudu diterangkeun ber ulang ulang....

    ReplyDelete
  9. punten Ina, bisa dihapus aja? Ini nggak bisa diedit dari sini...

    ReplyDelete
  10. Bukan syubhat (ini mah pendapat MUI), tapi dua fatwa di atas menyatakan gelatine yang kita kenal adalah halal. Demikian juga yang dianut pengasuh website Eramuslim waktu ditanya hukumnya Marshmallow bergelatin.
    Yang mana yang bener? MUI atau Albaani-Khu'i-Eramuslim? Dua2nya! Kok bisa begitu, ya begitulah dunia fiqh. Kami sendiri memang memilih menghindarkan sedapat mungkin Adna dari Gummibärchen (Ina, jarang lo orang di Jerman yang langsung ngasih sesuatu tanpa nanya dulu: "darf ich?"), tapi kalau lagi iseng saya memang cuma mau menyodorkan pendapat lain. Hal ini biasa saja.

    ReplyDelete
  11. aku tambah bingung je, Mas:-D. Definisi gelatine yang kita kenal itu yang mana lagi? Aku taunya cuma gelatine itu colagen dari kulit atau tulang binatang, dan binatangnya bisa juga babi. Kalau babi ya aku balik lagi itu nggak halal.

    Aku nggak tau pendapat MUI (pusing ngapalin pendapat sana sini, nggak inget mana yang punya si A atau punya si B:-(). Yang aku tau kalau suatu ketika aku disodori gelatine, aku nggak bisa menyimpulkan apakah itu halal atau nggak. Karena aku kudu tau paling nggak itu dari colagen babi atau bukan? Itu yang aku maksud syubhat dalam artian nggak jelas atau meragukan. Daripada ragu, aku mending nggak aja. Biasa kan?:-)

    ReplyDelete
  12. menurut artikel yang paling atas... kalo sesuatu di buat dari bahan haram.. karena telah mengalami proses, jadi halal. Nah.. aku sendiri tidak setuju ini, aku lebih suka menghindari aja deh. Toh, tanpa itupun aku masih bisa hidup, masih banyak alternativ lain. Tapi seperti kata Mas Nano/Mbak Nuri, namanya juga Fiqih... tiap ulama beda2 ngambil keputusannya. Kita ambil yang kita yakini saja, yang membuat hati tenang. ;)

    ReplyDelete
  13. udh nyobain yg Trolly tea, Teh?? enak.. dan lumayan lah.. ada 4 macam yang halalnya kalo gak salah.

    ReplyDelete
  14. udah..Na bahkan diborong tuh..supaya ulah bulak balik...lah bocah tea tetep we ngotot..kenapa si anu orang turki muslim lagi bunda...koq boleh makan haribo..?
    tah pertanyaan eta terus aja..tapi keukeuh juga dia gak makan karena babi tea,ngan nanya teruss....

    ReplyDelete
  15. nggak ah, kebanyakan apus aja...

    ReplyDelete
  16. ya gelatine yang biasa itu. Albaani itu ulama rujukan di Saudi dan Al-Khu'i itu ulama rujukan di Iran. Tapi balik lagi, semuanya bisa benar. MUI ternyata bukan bilang gelatine itu syubhat tapi haram kalau dari babi. Nah, Albaani dan Al-Khu'i malah menyoroti prosesnya. Tapi berhati-hati memang lebih baik, cuma biar tenang saja.

    ReplyDelete
  17. babi..babi...dimana2 bikin heboh..biasanya kalo saya pergi selalu bawa gummie tanpa gelatin di tas lumayan juga menghindari dari orang2 baik yang suka ngasih di jalanan, kalo makannya jadi gummie yg kita bawa gitu..dan biasanya gumi pemberian orang itu juga suka ikut lenyap ..alias kadang dimakan juga akhirnya.......susah emang...

    ReplyDelete
  18. Eh, si Teteh kemana aja?? baru keliatan lagi. Lagi sibuk mo pindahan juga ya??

    Saya juga biasanya gitu, Teh, udah siap2 di kantong, apalagi kalau ke dokter anak, yang pastiiiii aja si anak di kasih itu. Nah, kalo nyiasatin Nadin, pas dia meleng, langsung aku buang aja ke tempat sampah.

    ReplyDelete
  19. pindahan udah, tinggal ngahordengan na..

    ReplyDelete
  20. ku samping heula we....."kabuurrr......"

    ReplyDelete
  21. e..e..e..saha eta...haaaaa...terus sampingna teh anu sararobek sareng beulel...tea geuning nya teh...

    ReplyDelete
  22. gak usah pake hordeng,biar malam kaya aquarium gitu, orang dr luar bisa liat!

    ReplyDelete
  23. oo.. udah?? alhamdulillah atuh.. pengalaman tahun kemaren waktu pindahan, kami juga gak punya hordeng, jadinya untuk sementara pake Umzugkarton yg dilipet dulu... daripada gak ada penghalang sama sekali.

    ReplyDelete