Sunday, March 23, 2008

Sommerzeit... Winterzeit... pusyiiiiing deh..

Semenjak tinggal di Jerman, banyak hal-hal yang berkaitan dengan waktu yang bikin pussyiiing 14 keliling. Pertama, waktu sholat yang tidak konsisten.. :D Konsisten denk... dari posisi mataharinya. Tapi dari segi jam-jamannya... waduh... di puncak-puncaknya musim panas, kami yang baru bisa sholat maghrib kira-kira pukul 21.30, Isya menjelang tengah malam dan shubuh  jam 2 malam. Sebaliknya di puncak-puncaknya musim dingin, dhuhur, asyar, maghrib dan Isya jaraknya masing-masing paling hanya 1,5 jam-an. Saat ini harus benar-benar mengatur waktu keluar rumah (misal belanja), agar tidak ketinggalan waktu sholat. Tapi sebenarnya perubahannya juga gak drastis banget sih, kan bergesernya dikit-dikit.. KECUALI.. di akhir bulan Maret dan akhir bulan Oktober, waktu sholat ini akan bergeser sebanyak 1 jam, padahal posisi matahari tidak jauh berbeda. KOK BISA???

Ya bisa donk... Kan jamnya yang diputer satu jam lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya. Kalau di Jerman, hal ini disebutnya Zeitumstellung (perubahan waktu). Ada yang disebut Sommerzeit (Waktu musim panas) dan Winterzeit (Waktu musim dingin). Sommerzeit dimulai setiap hari Minggu terakhir di bulan Maret, pada pukul 2 malam jam akan diputar satu jam ke depan, sehingga malamnya lebih pendek. Sedangkan Winterzeit dimulai pada hari Minggu terakhir di bulan Oktober, pada pukul 3 malam jam akan diputar satu jam ke belakang, sehingga malamnya lebih panjang. Karena itulah, beda waktu Jerman-Indonesia jadi 5 jam ketika Sommerzeit, dan 6 jam ketika Winterzeit.

Sommerzeit baru diberlakukan pada tahun 1980. Alasan utamanya untuk menghemat energi sebagai akibat terjadinya krisis minyak di Jerman pada tahun 1973. Selain itu, juga untuk menyamakan dengan negara-negara tetangga yang sudah memberlakukan hal ini lebih dulu. Diantara tahun 1950 - 1980 tidak ada yang namanya Sommerzeit di Jerman. Tapiiiii.. sebelum-sebelumnya, ada lebih banyak Sommerzeit. Misalnya pada tahun 1947, selain terdapat Sommerzeit, juga ada Hochsommerzeit. Jadi, sebenarnya perubahan waktu di Jerman mulai ada sejak 1916, disusul 3 minggu kemudian oleh Britania Raya dan Irlandia.

Ternyata Zeitumstellung ini tidaklah sesederhana memutar satu jam maju/mundur saja. Biasanya hal ini mengakibatkan kekacauan bagi beberapa orang (Seperti yang dibilang Mbak Rustka salah satunya). Ketika pergantian ke Sommerzeit, malam menjadi lebih pendek. Karena itu, jam tidur juga menjadi berkurang... jangan heran kalau banyak orang yang terlambat datang di awal-awal perubahan waktu ini akibat telat bangun :D. Kalau pergantian ke Winterzeit malah jam tidurnya yang nambah, jadi tidak terlalu masalah lah yaa..

Masalah ini juga menimpa orang-orang yang kebagian kerja malam (misal: dokter jaga), jam kerja mereka jadi berkurang ketika masuk Sommerzeit, dan bertambah satu jam ketika masuk ke Winterzeit. Bahkan kereta malam (Nachtzug) juga ikut-ikutan pusing.. untuk mengejar waktu sampai di tempat tujuan, biasanya Nachtzug ini harus berangkat satu jam sebelumnya. Heran juga saya sebenarnya, kenapa sih DB (Deutsche Bahn) gak bikin jadwalnya disesuaikan dengan waktu setempat kereta berada.. seperti pesawat terbang gitu lho.. Tapi saya juga belum pernah sih naik Nachtzug pas pergantian waktu ini, jadi gak tau hal ini benar terjadi atau tidak. Beda lagi dengan Ebay... hehehe... Katanya nih ada komputer yang bisa set up sendiri waktu dari Winterzeit ke Sommerzeit, ada yang tidak. Pernah kejadian, di Ebay ada yang nge-bid sejam lebih awal... dan menang... Sejam kemudian, ada yang nge-bid lagi.. dan menang lagi... Nah lo.. yang mana yang menang sebenarnya??? Tentu saja yang harganya paling mahal kali kalau buat si penjual mah, hehehe....

Nah, jangan lupa ya, perubahan waktu berikutnya akan jatuh pada tanggal 30 Maret 2008, hari Minggu yang akan datang. Dan jangan lupa juga buat ibu-ibu Muenchen... di hari tersebut akan ada pengajian KIMM, jadwal dan lokasi sudah dikirim ke milis KIMM. Ditunggu ya kedatangannya.... ;)

-Selesai-

19 comments:

  1. oh belum selesai yah?
    kadang hari pertama pergantian jam, suka menipu banyak orang misalnya ada yg telat dtg...

    ReplyDelete
  2. hehehe.. iya nih dua krucil keburu pada bangun.. jd kurang konsentrasi ;)

    ReplyDelete
  3. sama Ina`sampe sekarang itu menjadi kendala,tp aku lebih suka waktu sholat di sommer waktunya panjang jd lebih leluasa!

    ReplyDelete
  4. Hi hi lucu jg kejadian di Ebay itu ya Ina...yg udah menang dah merasa tenang ongkang2 kaki..... eh taunya dia kalah sejam kedepannya...yg penjualnya mah senang nerima penawaran harga tertinggi atuh ya Na....thanks for sharingnya Na...

    ReplyDelete
  5. oh,... begitu toh,
    baru tahu nih...

    ReplyDelete
  6. hehehe... sama aku juga gitu, Mpok.. Tapi kita coba sholatnya tepat waktu yuk???! siapa tau meskipun Winter, jeda waktunya jadi kerasa panjang ;)

    ReplyDelete
  7. alhamdulillaah... berarti tujuanku menyampaikan sesuatu pd orang lain tercapai... minimal satu ada yg baru tau kan?! hehe.. moga bermanfaat ya, Teh...

    ReplyDelete
  8. ayo jangan lupa,tgl 30 maret udah mulei sommerzeit looooooo

    ReplyDelete
  9. heeh.. jangan lupa yaaaa.... (jangan-jangan malah aku yg kelupaan lagi nanti, he..)

    ReplyDelete
  10. lieur ya na.....
    8-} tuing..tuing...

    ReplyDelete
  11. lieur sebelah mananya , La? tulisannya kurang jelas ya? apa puter2an jamna nu bikin lieur??? Sok..sok.. tanyain dulu, mumpung belum ujian, hihi.. ;)

    ReplyDelete
  12. semuanyaaaaaaaaa..hiks...
    duh kumaha atuh na, bentar lagi ujian ya...apa SKS aja kaya jaman kuliah dulu...
    uhuy tambah lieur d!...

    *hehe..gak deng! lieur sama perubahan waktuna tea..kabayang pas musim panas nya?...ngantosan magrib mun nuju shaum...kedah enggal gugah jam 2 pami subuh....lieur..lieur....

    ReplyDelete
  13. oiya.. aku juga blom bisa bayangin ampe sekarang. Aku mah mikirnya teh gini, sesiangan tiduuuuuuur, begitu Maghrib sampe Shubuh, gak tidur-tidur, makaaaaaan teruuuuuus, hehehe...

    Tapiiiiii.... ini baru Jerman, bukan Swedia dkk. Katanya di Swedia, Norwegia dan negara2 di atas sana, lebih ekstrem lagi. Di puncak musim panas, malam hampir tidak ada, di puncak musim dingin, matahari hampir tidak ada. Bisa bayangin yg ini???

    Untungnya sampai sekarang belum ngalamin, La... meskipun diperkirakan 2 atau 3 tahun lagi, bulan Ramadhan bakalan jatuh di musim panas. Tapi kata Pak Klaus (tetangga muallaf), katanya ulama, puasa itu dibatasi maksimal 14 jam, rukhsakh buat orang2 di negri 4 musim. Mungkin ada yang tinggal di Swedia, bisa jelasin hal ini???

    ReplyDelete
  14. ooh iya ampir lupa, untuung diingetin ama tina, 30 maret ya, siip dicatet :-)

    ReplyDelete
  15. Bentar lagi dong sommerzeitumstellung....disini kayaknya gak ada..

    ReplyDelete
  16. iya, Mbak... Btw, kemana aja sih? dah lama gak keliatan. Sibuk latihan ngomong ma.. ma... ma... ya??? :p

    ReplyDelete