Friday, December 14, 2007

Toilet Training....

Kalau diceritakan dari awal... kisah ini bakalan panjaaaaang bangetttt.... Sebenarnya... pengennya... Nadin bisa ke toilet sendiri sedini mungkin, target maksimal umur 2 tahun lah... Makanya sejak Nadin umur 1 tahun 8 bulan, aku sudah membelikan dudukan buat di toilet. Pertamanya dia nggak suka, tapi lama-lama mau juga. Setiap mau bab, aku dudukkan di situ.

Nah, karena waktu itu aku masih ikutan kursus bahasa, dan Nadin dengan sangat terpaksa harus dititipkan di Krippe, maka proses toilet training ini jadi tertunda.. (abis nyampe rumah udh kecapekan, blom nyiapin makan keluarga dan tugas-tugas buat besoknya... -alesan bangeth-). Tapi waktu itu Nadin udh bisa bilang kalo mau bab. Dan sebenarnya ada satu kesalahn besar waktu itu. Aku pikir tiap anak ada masanya untuk bisa ke toilet sendiri. Padahal kalo gak dilatih, gimana bisa ya??

Nah, sewaktu pulang ke Indo kemaren, baru nyadar kalo ternyata Nadin itu udah gede, hehehe.... dan udh gak pantes lagi pake popok. Tapi mau dilepas... gimana ya??? rumah mertua euy! kasian kalo rumahnya jadi bau.. hehe... So, aku tekadkan begitu datang ke Munich lagi, Nadin popoknya HARUS dilepas!

Sampailah kami kembali di Munich. Tekad itu kini harus dijalankan! Pertama kali lepas popok, Nadin jadi ngompol terus. Tiap 15 menit dia ngompol. Setelah 3 kali pipis, dan basah terus, dia merengek untuk kembali mengenakan popok. Duh... akhirnya aku pakein lagi popok.. ***SALAH BESAR*** seharusnya aku konsisten.. cuman waktu itu emang niatnya masih krang bulet kali ya....

Beberapa minggu sudah berlalu... dan akhirnya pada satu pagi aku bilangin ke Nadin, kalo popoknya habis. Jadi mulai sekarang Nadin gak usah pake popok lagi. Alhamdulillah dia ngerti dan mau tanpa popok. Jadi hari itu (tepatnya hari minggu pekan lalu), Nadin tidak mengenakan popok.. (pampers maksudnya.. ). Tapi di celana dalamnya aku selipin popok kain, biar pas dia ngompol, air kencingnya gak kabur kemana-mana. ;)

Hari pertama:
Hari ini bener-bener aku biarkan dia pipis di celana, biar dia tau, kalo dia pipis di celana, celananya bakalan basah. Seperti pengalaman yang lalu, pertama kali buka popok, dia jadi sering pipis. Mungkin biasa dumpelnya gede.. pas ga didumpel, remnya jadi blong, hehe... Tapi maju ke siang.. lumayan jadi agak jarang. Nah, hari itu.. cucian baju.. numpuuuuuukkkkk!!!! yang sabar yaaa... menghibur diri tea. Jadi kebayang ibuku, waktu kami kecil tentunya lebih repot dari ini.. :'((

Hari kedua:
Di hari ini mulai kucatat, jam berapa Nadin pipis? apakah di celana atau di kamar mandi? Alhamdulillah ada kemajuan, hari ini 3 kali dia bisa pipis di kamar mandi.

Hari ketiga:
Hari ini dicoba untuk mengikuti pola hari kemaren. Rata-rata Nadin pipis setiap 1,5 jam, maka setiap 1,5 jam aku bawa dia ke kamar mandi. Dan membawa Nadin ke kamar mandi juga bukan hal yang mudah, dia tidak selalu mau, mungkin dingin ya... jadi males.... Jadinya mesti diberi pengertian sambil dibujuk-bujuk dulu... Menurutku ini hal penting, soalnya kalo sampai dia dipaksa ke kamar mandi, takut jadi trauma nantinya. Hasil hari ketiga ini lumayan... jauuuh lebih baik dari sebelumnya (dari segi cucian maksudnya, hehe..). Dia cuman pipis sekali di celana. Itupun pipis pertama pagi-pagi... mungkin masih sisa yang tadi malam...

Hari keempat:
Hm.. semalam Nadin nggak ngompol di kasur, alhamdulillah... Pokoknya dia bangun, langsung diajak ke kamar mandi. Tapi seperti hari kemaren, setengah jam setelah pipis, dia udh pipis lagi di celana. Mungkin masih sisa semalam, hehe... Tapi berikutnya.. siiiip....

Hari kelima:
Sama persis seperti hari keempat. Eh, tapi ada dua kali dia bilang denk. Pertama waktu bangun tidur siang, tiba2 dia manggil, trus bilang kalo mau pipis. Yang kedua, waktu mau bab, dia bilang juga... alhamdulillah... ada kemajuan.

Hari keenam:
Masih sama. Masih harus aku yang ngajak ke kamar mandi.

Kalau dianalisis dari pengalaman sendiri nih, sebenarnya toilet training ini tergantung ortunya ya. Pertama, tekad ortunya harus bulat, jangan takut nanti kalo anak ngompol gimana.. rumah jadi bau, dsb. Kedua, ortunya harus rajin-rajin ngajakin anaknya ke kamar mandi. Ketiga, ortunya harus konsisten, biar anaknya jadi gak bingung. Keempat, ortunya harus sabar...

Ya.. mohon doanya aja.. moga-moga Nadin dimudahkan untuk bisa ke toilet sendiri, amiin...

6 comments:

  1. sabar ya ina,anak pertama butuh waktu,paling lama 1 bulan dia baru benar2 mandiri.

    ReplyDelete
  2. untuk anak ke-2 coba aja tuh metodenya dwi!

    ReplyDelete
  3. gitu ya na? mmh ya ya ya..Hatur Nuhun >:D<

    ReplyDelete
  4. iya bener tekat kita harus kuat, dan jgn menyerah,jgn sampe balik lagi ke diaper. Awal2nya memang rada berat, tapi namanya juga berproses. Smoga nadin cepat berespon dgn toilet trainngnya :)

    ReplyDelete
  5. ada pengalaman yang mirip koq, Na. Meskipun aku ngajakin karena belom terbiasa duduk di toilet Abdullah ge sok war-wer-wor di hari 1. Tapi aku bener-bener kejam gak pernah ngasih lagi dia popok bahkan untuk malem. biar dianya gak bingung.

    Hasilnya cucian di hari 1 latihan numpuk dan celana dalamnya sempet abis qeqeqeq.

    ReplyDelete