Wednesday, December 26, 2007

Aman hidup di Jerman, masihkah??

Setelah baca postingan Mbak Echa yang ini, ada sedikit rasa senang.. karena arena jalan2 jadi semakin luas.. (meskipun sampai saat ini kami bisa dikatakan sangaaaat jarang jalan2 jauh...). Tapi di sisi lain ada rasa takut yang lebih besar akan kemungkinan semakin meningkatnya tindak kriminalitas. Meskipun tujuan kami hidup di Jerman bukan untuk cari aman, tapi rasa aman ini menjadi  salahsatu alasan untuk membetahkan diri hidup di sini.

Jadi teringat setahun yang lalu, ketika aku masih duduk di bangku kursus bahasa. Kebetulan saat itu sedang membahas tema kriminalitas di Jerman. Ternyata... sungguh sangat diluar dugaan, tindak kejahatan di Jerman cukup tinggi juga. Dalam statistik yang dibuat oleh Kepolisian Jerman, hampir semua tindak kejahatan (penipuan, perampokan, pencurian sepeda/mobil, pengrusakan, dll) terjadi setiap 30 menit, bahkan beberapa diantaranya hanya dalam hitungan detik saja. Padahal dalam kacamataku sebelumnya, kehidupan disini aman-aman saja. Terbukti dengan satu kejadian dimana aku pernah kehilangan dompet tanpa satu kartu identitas pun. Tapi ternyata dompet itu kembali, lengkap dengan uang di dalamnya, hanya karena ada kwitansi peminjaman buku dari perpustakaan..

Tapi.. memang dalam hal ini, Muenchen, atau dengan kata lain Bayern, merupakan propinsi dengan angka kejahatan kedua terendah, sebelum Baden-Wuerttemberg. Sedangkan propinsi dengan angka kejahatan tertinggi diduduki oleh Hamburg yang disusul oleh Berlin dan Bremen. Tapi itu dulu, sekarang? bagaimana dengan kejadian pemukulan di salah satu U-Bahnhof di Muenchen? kisah seorang Nenek yang dijambret di Marienplatz? atau sepasang manula yang dipalak di S-Bahnhof Unterhaching? Masihkah hidup di Jerman aman? Bukan menakut-nakuti, tapi tampaknya kita harus mulai waspada dan hati-hati... Apalagi.. (kembali ke postingannya Mbak Echa).. setelah perluasan area Schengen... kemungkinan keamanan akan semakin sulit dikontrol.

4 comments:

  1. Seorang wanita diperkosa dan dibunuh di garasa bawah tanah deket rumahnya mbak Farida sana,Na...trus dua bulan lalu ada pemecahan kaca mobil dan pencurian tapenya di garasi kami, paaas di sebelah mobil kami:((

    ReplyDelete
  2. wah, ina masih untung tuh dompet kembali beserta isinya,akumah amblas semuanya kejadiannya di esprit Marienplatz,padahal aku pake lapor polisi segala lagi,33th hidup di Jakarta ´turun naik biskota,metro mini,kopaja,mikrolet gak pernah tuh kecopetan.buatku hidup dibelahan bumi ini sama saja.

    ReplyDelete
  3. itu salah satu teka teki statistik juga kali ya, Na. Meski angka kejahatannya sangat rendah, tapi kemungkinan kita yang kena tetap ada. Dan sebaliknya, meski angka kejahatannya setinggi langit, ada juga kemungkinan kita tak tersentuh. Jadi selain berusaha tak ada lain yang bisa kita lakukan adalah minta pertolongan yang Maha Pelindung ya, Na?

    ReplyDelete