Friday, December 17, 2010

Apfel - Quark - Auflauf


Description:
Waktu beli Auflaufform, ternyata di dalam kemasannya ada beberapa resep Auflauf. Jadi tergiur untuk dicoba satu persatu. Yang ini rasanya enak juga, asem-asem Quarknya tidak begitu berasa seperti di Käsekuchen (cheesecake-nya Jerman). Jadi masih pas lah dengan lidah kampung saya.. Kue ini cukup mengenyangkan juga lho.. cocok juga buat sarapan dan selingan sebelum makan siang.. Kalau makan siang, harus tetep nasi doooonk...

Lho.. lho.. kok saya jadi ingat salahsatu menu makan siang di rumah sakit saat melahirkan, sepotong Apfelstrudel (Apel pie-nya Jerman). Ya ampuuun, ini makan siang apa cuci mulut siiiih? gumam saya waktu itu.. sungguh teganya... teganya.. teganya...

Ingredients:
1 kg Apel
340 g roti dari hari sebelumnya
1 sdt kayu manis bubuk
150 g gula pasir (karena gak terlalu suka manis, saya hanya memakai 130 g saja)
250 g Magerquark (Curd cheese)
200 g Sahne (double cream)
3 buah telur
3 buah putih telur
2 sdm mentega

Directions:
1. Ambil rumah biji Apel (ada alatnya, karena saya belum punya, maka saya pake cara manual. Bisa dibelah dulu, lalu ambil rumah bijinya, lalu iris melintang. Tapi yang ini jadi tidak membentuk cincin. Kalau mau membentuk cincin, potong apel, buang rumah biji dari kedua sisi. Baru diiris sesuai potongan tadi, dijamin membentuk cincin).

2. Kupas apel, sisakan dua biji jangan dulu dikupas. Iris membentuk cincin.

3. Roti dipotong kotak-kotak kecil

4. Kayu manis dicampurkan ke dalam 100 g gula (saya hanya memakai 70 g saja)

5. Simpan 1/3 bagian roti di dalam loyang, tutupi dengan 1/2 bagian apel yang sudah dikupas. Taburi kurang lebih 1/2 bagian dari campuran gula-kayu manis.

6. Tambahkan lagi 1/3 roti di atasnya, 1/2 apel yang tersisa dan campuran gula-kayu manis sampai tersisa kurang lebih 2 sdm. Tutupi dengan 1/3 bagian roti yang terakhir.

7. Panaskan oven 220 derajat.

8. Kocok putih telur sampai kaku, sisihkan.

9. Kocok Quark, Sahne, telur dan 50 g gula (saya hanya 30 g saja) sampai tercampur. Masukkan putih telur yang sudah kaku, aduk.

10. Masukkan campuran Quark ke dalam loyang merata ke seluruh bagian.

11. Kupas 2 apel yang tersisa, iris membentuk cincin, lalu tata di atas loyang.

12. Taburi mentega yang sudah dipotong2 kecil-kecil.

13. Masukkan oven, bakar selama kurang lebih 40 menit.

14. Sajikan hangat, lebih enak dihidangkan dengan saus vanila.

3 comments:

  1. janten emut porsi makan Ina yang membuat sirik diriku dot com....
    makan-nya lebih banyak tapi badannya lebih hampaaaaaang..
    siriik siriik...hehehe :p
    saha sih Na yang bilang kalo perut Ina perut karet teh?
    *yang jelas bukan saya da si sayah mah ngan seuseurian saja mendengarnya...:p

    masih punya selera makan yang sama?
    *__*

    ReplyDelete
  2. hahaha.. emang ada gitu yang bilang perut saya perut karet??? masa sih? gak inget ah.. hahaha... Selera makan masih sama kayaknya, La.. tapi waktu makannya jd berkurang, krn banyak ngurusin yg lain.. :D

    ReplyDelete
  3. aya Na.. saha nya? hilap ..:D
    iya ya Na, aya krucil mah janten seueur 'urusan', komo 3 tapi urusannya menyenangkan dan penuh gelak tawa hehe :D

    ReplyDelete