Thursday, December 9, 2010

Breze HALAL

Breze merupakan salah satu roti khas dari daerah Jerman Selatan, roti ini mulai dibuat sejak abad ke-14. Di Munich, tempat tinggal saya biasa disebut Breze (tunggal)/Brezen (jamak). Di beberapa daerah lain, namanya bisa sedikit berbeda. Dalam Althochdeutsch disebut Brezitella, di daerah Bavaria dan Austria biasa juga disebut Bretzel, Brezl, dan juga Breze. Di daerah Wina biasa disebut Brezerl, di daerah Schwaben biasa disebut Brezet atau Bretzg/Bretzga (jamak) dan di daerah berdialek Badisch-Alemannischen lebih dikenal dengan nama Bretschl.* Atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Pretzel.

Karena kami tinggal di sarangnya, maka roti ini bisa ditemukan dimana saja, di toko roti besar ataupun kecil, sudah seperti menu wajib tukang roti lah. Bahkan di pedagang makanan di atas kereta api pun, satu-satunya roti yang dijual adalah roti ini. Awalnya saya tidak suka dengan Breze, karena penampakannya yang cukup keras dan garam segede-gede gaban yang menghiasi permukaannya ditambah lagi dengan provokasi seorang ibu yang menyebut "saking kerasnya itu Breze, bisa dipakai untuk melempar anjing", cukup membuat selera untuk memakannya hilang. Tapi setelah di coba, tekstur dalamnya yang lembut-lembut kenyal, ditambah wangi dan rasanya yang cocok di lidah saya, cukup membuat saya ketagihan. Jika tidak merasa cocok dengan Breze normal (hanya dipakaikan garam), kita bisa memilih Breze lain yang sesuai selera, dari mulai yang dipakaikan butter, keju, bahkan berbagai macam kacang-kacangan. Oya, Breze juga bisa bikin perut kenyang tahan lama. Percaya atau tidak, si emang-emang kuli bangunan yang badannya segede-gede kingkong itu, makan siangnya cuma Breze lho.. (tapi gak tau ya habis berapa biji?) :D

Kalau ingat Breze, saya jadi ingat teman saya, Megumi namanya, dari Jepang tentu saja. Daripada membeli Butterbreze yang harganya dua kali Breze normal, dia lebih suka membeli Breze normal dan bawa butter sendiri, lalu dicolek-coleknya butter dengan potongan-potongan Breze dari tangannya. Ide bagus juga untuk menghemat.

Breze juga banyak disuka anak-anak, bahkan bayi yang belum genap satu tahun umurnya. Selain bentuknya yang mudah dipegang oleh tangan-tangan mungil, juga kenyal-kenyalnya yang enak dipakai mengasah giginya yang baru tumbuh. Anak-anak saya pun begitu, kecuali Ligar yang mengalami bibir jontor ketika pertama kali menjilatnya. Tapi alhamdulillah sekarang dia sudah bisa ikut makan juga.

Tiba-tiba, seorang teman mengingatkan saya bahwa Breze sebenarnya menggunakan Schweineschmalz (lemak babi) dalam pembuatannya. Setelah saya mencari-cari info (selain dari link yang dikirim teman saya), ternyata berita itu memang benar adanya. Kenapa baru tahu sekarang? kenapa tidak bertanya-tanya sejak dulu? bahkan kata salah satu teman saya, sebenarnya ini isu sejak dulu. Memang, sejak saya pertama kali datang ke Jerman, saya mendengar bahwa roti pun bisa jadi ada kemungkinan tidak halalnya. Tapi berdasarkan informasi dari seorang teman, toko roti M katanya aman, makanya saya selalu membeli roti di sana tanpa tanya-tanya lagi, ditambah lagi kondisi saya waktu itu yang gaptek dan gabah (gagap bahasa!)

Sekarang lain ceritanya ya, karena dulu cuma "katanya-katanya", tanpa tahu siapa yang menanyakan langsung, sekarang saya harus menanyakan sendiri sebelum membeli. Tapi berdasarkan pengalaman dengan kasus Ligar alergi, biasanya pelayan di toko roti tidak tahu apa-apa, bahkan roti A mengandung telur atau tidak pun, mereka tidak tahu, apalagi jika kita menanyakan lemak yang dipakai lemak babi atau tumbuhan? Makanya saya inisiatif untuk menanyakan langsung ke perusahaannya, kebetulan toko-toko roti yang biasa saya beli memang cabang-cabang dari toko roti besar, yang pasti rotinya sudah dibuat di pabriknya.

Bagaimana caranya? cukup mengandalkan google dengan bahasa Jerman pas-pasan saya. Perusahaan-perusahaan di Jerman hampir bisa dipastikan memiliki website. Makanya kita cukup mencari website perusahaan yang bersangkutan di google. Kalau sudah masuk, tinggal cari kontaknya, dan langsung kirim email pada pihak yang bersangkutan. Biasanya paling lambat keesokan harinya mereka sudah menjawab email kita. 

Berikut ini adalah hasilnya yang alhamdulillah mayoritas aman, untuk yang tertarik membaca suratnya, saya copy-paste di bagian paling bawah ;)

  1. Mueller --> Aman!
  2. Rischart --> Aman!
  3. Zöttl --> Aman!
  4. Muenchner Backstube --> Aman!
  5. Ditsch --> Aman!
  6. Muenchen-Baeckerei Günthner & Schmidt --> Aman!
  7. Brezelina --> belum jelas!
***********************************
Sehr geehrte Frau Martiana,

vielen Dank für Ihre E-Mail.

Mit Freude darf ich Ihnen mitteilen, dass bei der Müller- Brezenherstellung ausschließlich rein pflanzliche Rohstoffe eingesetzt werden.

Ich hoffe Ihnen mit dieser E-Mail weitergeholfen zu haben und wünsche Ihnen noch einen schönen Tag.

Mit freundlichen Grüßen
Ihr Kundenservice von MÜLLER-BROT
Harald D

***********************************

Sehr geehrte Frau Martiana,

vielen Dank für Ihre Anfrage und dass Sie sich damit an

Rischart`s Backhaus gewendet haben.

Ich kann Ihnen mitteilen, dass unsere Brezen und auch die

Brote, sowie alle anderen Backwaren kein Schweineschmalz enthalten.

Wir verarbeiten ausschließlich Butter und pflanzliche Fette.

Mit freundlichen Grüßen

Ihr Team von Rischart`s Backhaus“

Ursula Sch

Max Rischart's Backhaus KG

80469 München

***********************************

Sehr geehrte Frau Martiana,

 Ihr Frage klingt für unsere Bäcker sehr ungewöhnlich.
 Nein, weder in den Semmeln noch beim Brot wird (Schweine-)Schmalz verwendet.

 Mit besten Grüßen
Richard O
Bäckerei Zöttl 

***********************************

Sehr geehrte Frau Martiana,

unsere Produkte sowohl Brezen, Brotprodukte als auch Gebäck enthalten kein Schweineschmalz. Es werden nur Pflanzliche Fette verwendet.
Mit freundlichen Grüßen
i.A. Hiller 
Muenchner-Backstube

***********************************

Sehr geehrte Frau Martiana,

unsere Laugenprodukte sind frei von Schweineschmalz.

Mit freundlichen Grüßen
i.A. Nina E
Sachbearbeiterin Handel - Innendienst 
Brezelbäckerei Ditsch GmbH 

***********************************

Sehr geehrte Frau Martiana,

in unseren gesamten Produkten verarbeiten wir nur pflanzliche Fette.

Mit freundlichen Grüßen
Andreas G 
Muenchen-Baeckerei Günthner & Schmidt

***********************************

Sehr geehrte Frau Martiana,

wir werden gerne Ihre Anfrage prüfen und geben Ihnen dann umgehend Bescheid.
Mit freundlichen Grüßen
i. V. H Peters
Bavaria Food GmbH (Brezelina) 
***********************************

*diambil dari Wikipedia

2 comments: